Menilik Perjalanan Pengembangan Film Sonic the Hedgehog

Berita Kawasan

Menilik Perjalanan Pengembangan Film Sonic the Hedgehog

Setelah penantian panjang, film Sonic the Hedgehog akhirnya dirilis di bioskop Amerika Serikat dan secara internasional. Film yang digarap atas kerjasama antara Sega Sammy dengan Paramount ini pun sukses menghibur para penonton.

Berdasarkan laporan, penayangan perdana film ini berhasil meraih $70 juta secara domestik di Amerika Serikat dan $43 juta di 40 pasar Internasional. Sehingga bila ditotal maka Sonic the Hedgehog sudah berhasil meraup box office sekitar $113 juta secara internasional. Namun kesuksesan dari film ini sebenarnya tidak terlepas dari pengembangan yang dibayangi kontroversi panjang.

Menilik Perjalanan Pengembangan Film Sonic the Hedgehog

Jumlah box office dari Sonic the Hedgehog sendiri bisa dikatakan dipicu oleh kepuasan gamer serta para penonton yang merasa ekspektasi mereka disanggupi oleh sutradara Jeff Fowler serta studio yang menggarap film si landak biru ini. Mengingat suara negatif sempat banyak diutarakan kepada Fowler usai trailer dari Sonic the Hedgehog pertama kali muncul.

[Baca Juga: Ulasan Sonic The Hedgehog, Film Nostalgia Gamer dan Hiburan Keluarga]

Pada awalnya film adaptasi dari si landak biru yang menjadi ikon dari Sega ini rencananya akan ditayangkan pada November 2019 ketika trailer-nya pertama keluar. Namun kritikan pedas pun langsung disampaikan dengan banyak pihak yang tidak menyukai pilihan desain dari karakter Sonic dalam film ini yang diarahkan memiliki wajah realistis dibandingkan karakter aslinya yang bersifat kartunis. Dengan banjirnya kritikan ini, Paramount Picture dan Fowler pun memutuskan untuk mendesain ulang karakternya sehingga penayangan Sonic the Hedgehog pun diundur.

Menilik Perjalanan Pengembangan Film Sonic the Hedgehog

“Ini cukup jelas pada hari trailer dirilis, hanya melihat dan mendengar responsnya bahwa penggemar tidak puas dengan apa yang kami lakukan,” ujar Fowler terkait keputusan mendesain ulang karakter Sonic di Sonic the Hedgehog, sebagaimana dikutip dari gamesradar.com (12/2/2020).

Namun jika ditarik benang merahnya, tantangan penggarapan film Sonic the Hedgehog sebenarnya bisa dilihat jauh sebelum proses syutingnya. Di mana rencana adaptasi film Sonic dimulai pada tahun 1990-an tapi CEO Sega kala itu sempat ragu, karena kekhawatiran arahan film live-action dapat merusak citra dari karakter ikonik Sega itu. Tapi kesepakatan pun sempat dibuat antara Sega, MGM, dan Trilogy Entertainment Group pada tahun 1994 untuk mengadaptasi Sonic dari video game ke layar lebar.

[Baca Juga: Ulasan Film Birds of Prey: Aksi Menghibur Para Perempuan Jagoan DC]

Sayangnya walau kesepakatan sudah terbentuk, film adaptasi Sonic masih tersangkut di “limbo” tanpa kepastian apakah si landak biru akan benar-benar diangkat menjadi film. Dari MGM, hak pengembangannya pun sempat berpindah ke DreamWorks hingga ke Sony Picture Entertainment pada tahun 2013. Sony Picture pun sempat secara serius menggandeng Marza Animation Planet untuk memulai proses pembuatan film Sonic the Hedgehog.

Namun akibat berbagai hal yang terjadi, barulah pada tahun 2016 Sony dan Sega secara serius merencanakan untuk merilis film Sonic pada tahun 2018 dengan penunjukkan Tim Miller serta Jeff Fowler. Dengan Fowler sebaga sutradara dan Miller sebagai produser eksekutif. Kemudian pada tahun 2017, Paramout Picture mendapatkan hak untuk film tersebut dari Sonic dengan Paramount yang mengumumkan Sonic the Hedgehog akan rilis pada November 2019.

Read More

Artikel Lainnya

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

Berita Kawasan

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

07 April 2020, 11:00

Menurut data Disdukcapil Kota Tangerang, per 2 April, sejumlah 103.667 keluarga Kota Tangerang telah berpartisipasi sensus penduduk online 2020.

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

Pendidikan

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

07 April 2020, 10:00

Relawan mahasiswa kesehatan yang membantu menangani COVID-19 ini akan diberikan sertifikat yang dapat dikonversikan menajdi SKS.

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

Berita Kawasan

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

07 April 2020, 09:00

Film-film romantis berikut bisa temani Anda isolasi diri di rumah. Ada empat film pilihan kami yang bisa ditonton dari beberapa aplikasi streaming film.

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi Covid-19

Berita Kawasan

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi COVID-19

07 April 2020, 08:00

Sebagai salah satu upaya untuk mencegah menyebarnya Virus Corona, Terminal Giwangan rajin didisinfeksi per tiga hari.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 1 month, 2 weeks lalu
    suki

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>