Menilik Pertanian Terpadu di Pulau Payung.jpg

Berita Kawasan

Menilik Pertanian Terpadu di Pulau Payung

Kelurahan Pulau Tidung melakukan pengembangan pertanian di atas lahan pertanian terpadu seluas satu hektare di Pulau Payung, Kepulauan Seribu Selatan. Lurah Pulau Tidung, Cecep Suryadi mengatakan, pertanian Pulau Payung oleh Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan disiapkan sebagai salah satu ketahanan pangan dan penghijauan bagi Kepulauan Seribu.

Pengembangan pertanian tersebut dilakukan oleh pihaknya bekerjasama dengan kelompok tani (Poktan) yang ada di Pulau Payung. "Jenis sayuran yang dikembangkan seperti kangkung, pakcoy, timun, terong, cabai, dan sayur bayam," tuturnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (24/2/2019).

[Baca Juga: Gang Hijau, Komunitas Pionir Urban Farming di Jakarta]

Sedangkan jenis buah-buhannya meliputi melon, semangka serta tanaman produktif seperti sukun, tanaman indigofera (tarum). Selain itu, pihaknya juga melakukan pengembangan terhadap pakan ternak kambing.

Menurutnya, hasil pertanian selain untuk dikonsumsi sendiri oleh warga setempat, sayuran kangkung hasil lahan pertanian kini sudah mulai dijual keluar Pulau Payung seperti Pulau Tidung dan Pulau Pramuka dengan harga Rp2.000 per ikat.

Panen 38 Kg Kangkung

Kelompok pertanian warga Pulau Payung, Kelurahan Pulau Tidung Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan hari ini melakukan panen kangkung. Kangkung tersebut dipanen dari lahan seluas kurang lebih tiga hektar yang dibagi menjadi 25 bedeng atau blok.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu, Sutrisno mengatakan, kangkung-kangkung itu merupakan hasil pemanfaatan lahan pertanian binaan Sudin KPKP bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta. "Hasil panen 38 Kg kangkung tersebut dipetik dari dua bedeng, hasil tanam tiga minggu lalu," ujarnya dalam kesempatan berbeda.

Dijelaskan Sutrisno, selain kangkung pihaknya juga menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, seperti bayam, sawi, pokcoi, bayem merah, buah melon dan semangka. "Semua tanaman ini untuk memenuhi kebutuhan sayuran warga setempat secara mandiri," jelasnya.

[Baca Juga: Poktan Kebayoran Lama Selatan Panen Sayur Sebanyak 149 kg]

Ia menambahkan, untuk tanaman keras, kabupaten juga mengembangkan pohon sukun melalui gerakan seribu sukun yang nantinya dapat dipetik hasilnya oleh warga.

Pertanian di Pulau Payung ini merupakan kegiatan sampingan yang dilakukan setelah pulang dari melaut atau pada saat sedang tidak melaut, namun saat para nelayan sedang melaut, kegiatan bertani dilakukan oleh para isteri nelayan. "Selain bertani, kaum ibu juga mengolah sukun menjadi keripik, sehingga dapat menambah penghasilan rumah tangga," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.