Menilik Program Hospital Tourism di RSUI Depok

Kesehatan

Menilik Program Hospital Tourism di RSUI Depok

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) merupakan Rumah Sakit Pendidikan Tinggi Negeri (RS-PTN) pertama di Indonesia yang berada di Kota Depok. Sejak mulai beroperasi, berbagai inovasi pelayanan ditawarkan rumah sakit ini.

Salah satunya yaitu konsep dan rancang bangun fisik dengan Konsep Hijau (Green Hospital Concept) yang ramah lingkungan dan berorientasi sepenuhnya pada keselamatan pasien. Bangunan seluas 82.074 meter persegi ini berdiri di atas lahan seluas 106.100 meter persegi dalam kompleks area Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK), Kampus UI Depok. Kompleks tersebut dihubungkan dengan yang sky bridge yang menjadi akses langsung antara RSUI dengan gedung RIK.

[Baca Juga: Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Siap Beroperasi]

Seperti dikutip dari laman rs.ui.ac.id (2/4/2019), gedung karya sivitas akademik Universitas Indonesia ini merupakan perpaduan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dalam bidang teknik arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal, material, interior, elektro, komputer dan lingkungan untuk merealisasikan konsep hijau yang efisien pada bangunan rumah sakit modern berkapasitas 300 tempat tidur tersebut.

Berbeda dengan rumah sakit lain, fitur keselamatan pasien dan kenyamanan bagi semua orang yang beraktivitas di dalam bangunan RSUI sudah lebih terencana. RSUI berada di kawasan hijau yang sangat indah dan sejuk, berlokasi di dekat danau yang dikelilingi berbagai bangunan Kampus UI yang memiliki nilai arsitektur tinggi dan memukau. Desain eksterior dan interior RSUI dirancang penuh makna berbasis tematik kesehatan yang membantu percepatan proses penyembuhan penyakit.

Menilik Program Hospital Tourism di RSUI Depok

Kerjasama dengan Pemkot Depok

Dengan berbagai keunggulan tersebut, RSUI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok dan Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta akan menjadi RS-PTN pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai paket wisata untuk pasien agar dapat menikmati keindahan Kota Depok dan Jakarta sebagai bagian dari Program Hospital Tourism.

Bila Anda memasuki area parkir, gerbang gedung oval hingga area pelayanan, keramahan dan kenyamanan akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan dan akan menimbulkan kerinduan menikmati pelayanan kesehatan yang sangat memuaskan. Ruang tunggu pelayanan yang sejuk dan elok serta alunan musik yang menyenangkan membuat anda betah berada di lingkungan RSUI.

[Baca Juga: RSUD Depok Kini Punya Bank Darah Rumah Sakit]

Setiap lantai memilki satu ruang keluarga yang dapat dipakai secara bergantian dan memudahkan berinteraksi pada saat yang sangat dibutuhkan. RSUI merupakan Rumah Sakit pertama di Indonesia yang peka terhadap kelanjutan proses pendidikan sekolah melalu Program Sekolah Rumah Sakit, terutama diperuntukan bagi pasien usia anak dan remaja yang memerlukan perawatan jangka panjang.

Fasilitas lain yang disediakan adalah Pojok Musik di dalam dan di luar gedung yang akan mengalunkan berbagai irama musik indah yang dipersembahkan oleh putra-putri mahasiswa Universitas Indonesia untuk memberikan terapi musik yang dapat mempercepat proses perawatan di RSUI Depok.

Siap Bersaing

Selain itu, keamanan juga menjadi prioritas. Ruang rawat inap yang rentan pertumbuhan kuman dirancang ditata agar dapat memperoleh sinar ultra violet matahari sebanyak-banyaknya sebagai salah satu program pengendalian infeksi di rumah sakit.

Sistem kelistrikan di seluruh kompleks bangunan bersifat variabel yang bertujuan untuk menjamin penyelenggaraan pelayanan kesehatan tidak terputus (uninterruptible medical services) serta menekan biaya operasional.

[Baca Juga: Universitas Indonesia Bantu Pemerintah Depok Atasi Masalah Sanitasi]

Sistem tata alir dan penyejuk udara di seluruh kompleks bangunan ber-sifat variabel yang bertujuan untuk meminimalkan risiko penularan penyakit di rumah sakit melalui udara serta menekan biaya operasional. Sistem tata air bersih di seluruh kompleks bangunan menggu-nakan pipa anti bakteri yang bertujuan untuk meminimalkan risiko penularan penyakit di rumah sakit melalui air serta menekan biaya operasional.

Dan keunggulan yang paling mendapatkan perhatian dari banyak pihak adalah keamanan dari gempa. Bangunan utama RSUI berdiri di atas bantalan anti gempa yang berada di dasar konstruksi yang bertujuan untuk menahan guncangan dengan aman hingga 9.0 Skala Richter. Setiap lantai memiliki kompartemen tahan api dan bebas asap sebagai area aman tempat berkumpul yang bertujuan untuk memudahkan evakuasi pada musibah kebakaran.

Dengan keuanggulan-keunggulan tersebut, RSUI siap berkompetisi dengan rumah sakit di negara-negara tetangga yang kerap menjadi tujuan pasien-pasien dengan penyakit terminal atau mematikan seperti kanker.


Read More

Artikel Lainnya

UM UndipOK3.jpg

Pendidikan

Tak Lolos SBMPTN 2021? UNDIP Buka Jalur Mandiri Hingga 17 Juni 2021

16 June 2021, 18:06

Ujian Mandiri (UM) UNDIP akan dilaksanakan dengan menggunakan dua macam tes sekaligus, yaitu ujian online dan unggahan portofolio.

pengaruh-media-untuk-anak.jpg

Pendidikan

Perkembangan Anak Akan Terhambat Karena Informasi Tak Seusai Usia

16 June 2021, 16:04

Hal itu mengemuka dalam webinar Eksploitasi Anak Di Media yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Medan Area (Fisipol UMA).

jalur-mandiri-unimed.jpg

Pendidikan

Unimed Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

16 June 2021, 15:35

Seleksi Jalur Mandiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara mandiri berdasarkan hasil ujian tertulis berbasis komputer (CBT) dan penilaian portofolio.

3 Pilar Datangi Kantor di Glodok yang T etap Beroperasi Setelah Pegawainya Positif COVID-19.jpg

Berita Kawasan

3 Pilar Datangi Kantor di Glodok yang Tetap Beroperasi Setelah Pegawainya Positif COVID-19

16 June 2021, 15:03

Unsur tiga pilar di Kelurahan Glodok mendatangi kantor di wilayahnya yang nekat beroperasi setelah empat pegawainya positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.