Menilik Sekolah Aman Bencana di Pulau Tidung

Pendidikan

Menilik Sekolah Aman Bencana di Pulau Tidung

Bencana alam bisa terjadi di mana saja. Namun, beberapa lokasi di Kepulauan Nusantara ini memang lebih rentan terkena bencana. Salah satunya wilayah Kepulauan Seribu yang merupakan kumpulan pulau terkecil di utara Ibu Kota Jakarta. Di wilayah ini, potensi gempa, tsunami, hingga laut pasang perlu diketahui warga, bahkan dikenalkan sejak dini di bangku sekolah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melakukan kegiatan sosialisasi Sekolah Aman Bencana Gempa di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan. Seperti dilansir dari Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu (4/10/2019), Kegiatan yang dihadiri Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DKI Jakarta, Joko Indro Martono dan Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad tersebut dilakukan di dua sekolah, yaitu MTSn 26 Pulau Tidung dan SMPN 241 Pulau Tidung.

[Baca Juga: Seribu Island Indie Festival Akan Digelar di Pulau Tidung]

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DKI Jakarta, Joko Indro Martono menjelaskan, puluhan peserta sosialisasi mendapatkan materi tentang manajemen bencana, penanganan dini saat menghadapi bencana dan penanganan atau evakuasi korban. "Kita jelaskan cara mengevakuasi dini atau teknik berlindung saat terjadi gempa bumi dan tanda-tanda terjadinya tsunami," ujar Joko Indro pada 4 November 2019.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada BPBD DKI Jakarta yang telah memberikan sosialisasi sekolah aman bencana gempa. "Terima kasih kepada BPBD DKI yang telah menyiapkan kegiatan sosialisasi di Kepulauan Seribu, sehingga para pelajar dan warga lebih sigap dan tanggap bencana," katanya.

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

Tercatat dalam kegiatan tersebut, BPBD DKI Jakarta juga memberikan bantuan kepada masing-masing sekolah berupa satu tas berisi paket kesehatan dan obat-obatan untuk pertolongan pertama pada korban saat terjadi bencana gempa. Bantuan tersebut di antaranya berupa seperangkat alat life jacket, tambang dan alat pelantang atau Toa untuk evakuasi warga.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.