Menilik Sekolah Aman Bencana di Pulau Tidung

Pendidikan

Menilik Sekolah Aman Bencana di Pulau Tidung

Bencana alam bisa terjadi di mana saja. Namun, beberapa lokasi di Kepulauan Nusantara ini memang lebih rentan terkena bencana. Salah satunya wilayah Kepulauan Seribu yang merupakan kumpulan pulau terkecil di utara Ibu Kota Jakarta. Di wilayah ini, potensi gempa, tsunami, hingga laut pasang perlu diketahui warga, bahkan dikenalkan sejak dini di bangku sekolah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melakukan kegiatan sosialisasi Sekolah Aman Bencana Gempa di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan. Seperti dilansir dari Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu (4/10/2019), Kegiatan yang dihadiri Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DKI Jakarta, Joko Indro Martono dan Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad tersebut dilakukan di dua sekolah, yaitu MTSn 26 Pulau Tidung dan SMPN 241 Pulau Tidung.

[Baca Juga: Seribu Island Indie Festival Akan Digelar di Pulau Tidung]

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DKI Jakarta, Joko Indro Martono menjelaskan, puluhan peserta sosialisasi mendapatkan materi tentang manajemen bencana, penanganan dini saat menghadapi bencana dan penanganan atau evakuasi korban. "Kita jelaskan cara mengevakuasi dini atau teknik berlindung saat terjadi gempa bumi dan tanda-tanda terjadinya tsunami," ujar Joko Indro pada 4 November 2019.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada BPBD DKI Jakarta yang telah memberikan sosialisasi sekolah aman bencana gempa. "Terima kasih kepada BPBD DKI yang telah menyiapkan kegiatan sosialisasi di Kepulauan Seribu, sehingga para pelajar dan warga lebih sigap dan tanggap bencana," katanya.

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

Tercatat dalam kegiatan tersebut, BPBD DKI Jakarta juga memberikan bantuan kepada masing-masing sekolah berupa satu tas berisi paket kesehatan dan obat-obatan untuk pertolongan pertama pada korban saat terjadi bencana gempa. Bantuan tersebut di antaranya berupa seperangkat alat life jacket, tambang dan alat pelantang atau Toa untuk evakuasi warga.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.