DLH 1.jpeg

Hobi dan Hiburan

Menilik Taman Wisata Edukasi DLH Tangerang, Lebih dari Oase Lingkungan

Sudah menjadi citra Kota Tangerang di mata masyarakat luas, bahwa Kota Tangerang adalah salah satu dari pusat pengembangan industri besar penyangga pembangunan Ibu Kota. Sebagai kota industri, Kota Tangerang lekat dengan citra tempatnya pabrik-pabrik berdiri berjejelan memenuhi sudut perkotaan.

Namun, ada yang luput dari masyarakat. Perlahan Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Tangerang bergerak mengubah wajah kota menuju tatanan kota yang ramah lingkungan. Sebagai bentuk penyeimbangan pembangunan, Pemkot Tangerang mulai intensif mengerahkan fokus orientasi yang berpihak ke titik keselarasan dan kelestarian lingkungan.

Belum lama ini, di tengah peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional, Pemkot Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) meresmikan pembukaan Taman Wisata Edukasi. Membawa gagasan yang sangat progresif, Taman Wisata Edukasi yang dikelola DLH Kota Tangerang menawarkan sebuah konsep wisata yang tidak hanya memberikan ruang hiburan bagi masyarakat melainkan ruang pembelajaran sekaligus penyadaran lingkungan.

DLH 3.jpeg

“Dengan adanya taman ini, kita bisa belajar memanfaatkan sumber daya yang ada untuk dapat menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Salah satunya dari bercocok tanam tanaman yang menjadi konsumsi pribadi,” ujar Sjachrudin, Wakil Wali Kota Tangerang saat hadir di acara peresmian.

Taman Wisata Edukasi berlokasi di area Kantor Dinas Lingkungan Hidup, di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Sesuai rencana yang akan dikembangkan Pemkot Tangerang melalui DLH Kota Tangerang, Taman Wisata Edukasi tersebut dirancang dan dikembangkan untuk memberikan program wisata yang berbeda dari kebiasaan.

[Baca Juga: Kang Nong Tangerang Kenalkan Budaya dan Pariwisata Tangerang]

Sesuai tagline yang diusung, Taman Wisata Edukasi bertujuan sebagai sarana penyadaran masyarakat sekaligus pengembangan kampung iklim yang selama ini sudah berjalan di banyak tempat di Kota Tangerang.

Masyarakat nantinya mampu merasakan kegiatan-kegiatan positif dari pengembangan wisata tersebut. Seperti, sensasi menanam, rutinitas membudidaya peternakan, mengolah sampah organik, sampai konservasi air.

“Di sini kita bercocok tanam bersama, dimulai dari pembibitan menggunakan media pipa bekas saluran air. Selain itu ada juga pembibitan lele,” ujar Tihar Sophian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

DLH 2.jpeg

Ruang wisata baru yang sudah diresmikan sejak tanggal 4 Juni 2021 kemarin ini, belum bisa dinikmati secara umum masyarakat untuk sementara ini. Ancaman pandemi COVID-19 yang masih menyelimuti Kota Tangerang menjadi alasan untuk penundaan akses umum bagi Taman Wisata Edukasi.

Meski begitu, keberadaan Taman Wisata Edukasi tersebut dinantikan oleh masyarakat luas di Kota Tangerang. Selain sebagai tawaran baru dalam berwisata, keberadaannya selayak oase lingkungan di tengah Kota Tangerang yang sarat akan kepadatan indutrialisasi pembangunan.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.