Meninggal Mendadak dan Gejala Happy Hypoxia pada Pasien COVID-19

Kesehatan

Meninggal Mendadak dan Gejala Happy Hypoxia pada Pasien COVID-19

Kematian mendadak pada penderita COVID-19 kerap dikaitan dengan silent hypoxemia atau yang lebih sering disebut happy hypoxia. Gejala ini menjadi salah satu misteri dari infeksi virus corona dan membingungkan tenaga kesehatan yang merawat pasien.

Happy hypoxia mulai banyak dilaporkan terjadi pada sejumlah pasien COVID-19. Lantas, apa itu happy hypoxia, apa penyebab, gejala dan cara pencegahannya? Penyebab happy hypoxia menurut Ketua Umum Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto, secara umum merupakan infeksi di jaringan paru, yakni pneumonia akan menyebabkan gangguan sirkulasi oksigen yang masuk dalam darah.

Meninggal Mendadak dan Gejala Happy Hypoxia pada Pasien COVID-19

Gangguan disfungsi atau gangguan pada vaskuler (pembuluh darah) tersebut akan membuat darah tidak teroksigensasi. "Akibatnya, kandungan oksigen dalam darah rendah atau disebut hipoksemia," kata Agus, seperti diberitakan Kompas.com (4/9/2020). Hypoxemia atau hipoksemia adalah berkurangnya kadar oksigen dalam darah, yang disertai gangguan, serta keluhan pada organ tubuh lainnya. Normalnya saturasi oksigen pada orang sehat adalah 95 persen.

"Di bawah milimeter normal (kadar oksigen dalam darah) itu kalau diukur saturasi di bawah 94. Kalau diukur kadar pO2 (tekanan oksigen) di bawah 80," jelas Agus. Ketika kadar oksigen dalam darah seseorang rendah pada kondisi normal, maka akan memengaruhi reseptor di dalam pembuluh darah.

[Baca Juga: Latihan Teknik Pernapasan Untuk Tingkatkan Fungsi Paru-paru]

Reseptor tersebut akan memberikan peringatan di area saraf ke sistem saraf pusat, sehingga akan menimbulkan respons atau perasaan sesak napas. Agus mengatakan saat hipoksemia terjadi, tubuh akan memberi respons fisiologi secara alami. Sementara silent hypoxemia atau happy hypoxia adalah menurunnya kadar oksigen dalam darah, tetapi tidak diikuti gejala atau keluhan pada organ tubuh lainnya. Tanpa ditandai gejala apapun, happy hypoxia atau silent hypoxemia mengancam jiwa atau menyebabkan kematian pada pasien yang terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Menurut Agus, happy hypoxia yang terjadi pada pasien COVID-19 yang tidak terdeteksi diduga karena adanya pengaruh dari infeksi virus corona, SARS-CoV-2 itu sendiri. "Jadi sementara ini, disinyalir virus SARS-CoV-2 ini mengganggu reseptor yang ada di dalam mekanisme saraf tersebut," kata Agus.

[Baca Juga: Inilah Penjelasan Kondisi Paru-Paru Ketika Menderita COVID-19]

Kendati demikian, Agus mengungkapkan bahwa happy hypoxia dapat dicegah dengan melakukan deteksi dini. Caranya dengan pemeriksaan kadar oksigen bisa dilakukan di fasilitas layanan kesehatan, dan juga bisa dilakukan secara mandiri. Pemeriksaan mandiri dapat dilakukan dengan alat oksimeter, yakni perangkat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah melalui ujung jari tangan. Cara sederhana ini, kata Agus, bisa berlaku bagi orang sehat, maupun pasien COVID-19 yang tidak memiliki gejala happy hypoxia.

Read More

Artikel Lainnya

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2¬†weeks lalu
    anisa

    QQHarian Adalah Agen Slot Game Online Indonesia Terlengkap, Terbaik & Terpercaya , Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan menyajikan berbagai bonus terbesar yang menanti anda. info lebih lanjut bisa buka link nya ( biolinky.co/qqharian ) atau cukup ( <a href="https://qqharian.org/" title="Slot Game Online Indonesia Terpopuler" rel="nofollow">Click Disini</a> ) guys.!!