Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Kesehatan

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Setiap manusia tentu saja pernah mengalami stres atau mengalami mood yang jelek. Wajar saja, karena dalam melakukan aktivitas manusia pasti menemukan berbagai masalah atau tantangan. Di saat manusia mendapatkan momen yang tidak sesuai dengan keinginannya, maka kemungkinan akan terjadi stres atau depresi.

Jangan khawatir, karena ternyata setiap manusia memiliki hormon yang bersifat seperti suplemen ajaib untuk memperbaiki mood yang kurang menyenangkan itu, yakni serotonin. Hormon serotonin adalah neurotransmitter yang berada di otak dan usus, serta terkait dengan kesehatan mental. Serotonin juga mendukung nafsu makan dan pola tidur manusia.

[Baca Juga: Jangan Biarkan Depresi Berlarut-larut! Ikuti Tips Mengatasinya]

PingPoint.co.id telah merangkum beberapa cara untuk meningkatkan hormon serotonin yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari rasa depresi.

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

  • Olahraga

Aktivitas olahraga mampu meningkatkan kadar endorphin, yang akan membuat Anda merasa bahagia. Selain endorfin, tubuh juga melepaskan lonjakan bahan kimia saraf, termasuk serotonin dan dopamin. Hormon tersebut dirancang untuk mengatasi rasa sakit pada otot. Tidak perlu berolahraga terlalu lama untuk memicu hormon ini. Simon Young PhD., seorang psikolog dari McGill University, Canada, merekomendasikan agar setiap orang melakukan jenis olahraga yang benar-benar dinikmati.

  • Pijat

Sudah menjadi hal lazim bahwa pijat dapat mengatasi kecemasan dan depresi secara efektif. Terapi pijat dapat mempengaruhi tingkat biokimia tubuh, sehingga efektif mengurangi depresi dan kecemasan. Selain mampu meningkatkan kadar hormon serotonin, terapi pijatan juga dapat mengurangi tingkat hormon kortisol atau hormon yang terkait dengan kondisi stres.

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

  • Meditasi

Seperti yang dilansir pada National Center for Biotechnology Information di Amerika (www.ncbi.nlm.nih.gov), meditasi benar-benar dapat mengurangi stres, terutama bagi mereka dengan level stres yang tinggi. Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan penelitian pada hampir 1.300 orang dewasa, yang menunjukkan bahwa meditasi teratur dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar serotonin.

  • Berjemur

Ternyata musim dingin dapat mengganggu mood seseorang. Jonathan Alpert, psikoterapis dari Amerika, menyebut bahwa hal tersebut merupakan Seasonal Affective Disorder, yang lazimnya terjadi karena tubuh seseorang kurang terpapar cahaya matahari. Simon Young pun menjelaskan bahwa dengan meningkatkan paparan cahaya pada neuron penghasil serotonin, maka akan membantu mengurangi depresi.

[Baca Juga: Mari Ubah Stigma Negatif Terhadap Layanan Kesehatan Jiwa]

  • Asupan Sehat

Ada sejumlah makanan secara alami dapat meningkatkan kadar serotonin pada tubuh, mulai dari kacang-kacangan, produk susu, telur, biji-bijian. Karena sejumlah bahan makanan tersebut mengandung asam amino tryptophan yang berperan penting dalam proses pembentukan serotonin. Selain itu, bahan makanan yang mengandung vitamin B6 dan B12 juga mendukung pembentukan hormon serotonin. Contohnya ialah hati sapi, daging domba, pisang, kentang, dan pistachio.

  • Bersikap positif

Pembentukan serotonin juga terkait erat dengan sikap positif dalam menghadapi aktivitas sehari-hari. Karena itu, luangkan banyak waktu untuk berkumpul dengan orang yang Anda cintai atau menjalani hobi yang Anda gemari.

Anda bisa mencoba satu, sebagian atau semua tips yang kami jabarkan di atas. Jika tidak membantu, jangan takut untuk mendapatkan pertolongan secara medis atau psikologis sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Meminta pertolongan bukan bentuk kelemahan, dibutuhkan kekuatan tersendiri untuk mengakui kondisi Anda dan mencari bantuan yang dibutuhkan. Anda tidak sendiri!


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.