Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Kesehatan

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Setiap manusia tentu saja pernah mengalami stres atau mengalami mood yang jelek. Wajar saja, karena dalam melakukan aktivitas manusia pasti menemukan berbagai masalah atau tantangan. Di saat manusia mendapatkan momen yang tidak sesuai dengan keinginannya, maka kemungkinan akan terjadi stres atau depresi.

Jangan khawatir, karena ternyata setiap manusia memiliki hormon yang bersifat seperti suplemen ajaib untuk memperbaiki mood yang kurang menyenangkan itu, yakni serotonin. Hormon serotonin adalah neurotransmitter yang berada di otak dan usus, serta terkait dengan kesehatan mental. Serotonin juga mendukung nafsu makan dan pola tidur manusia.

[Baca Juga: Jangan Biarkan Depresi Berlarut-larut! Ikuti Tips Mengatasinya]

PingPoint.co.id telah merangkum beberapa cara untuk meningkatkan hormon serotonin yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari rasa depresi.

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

  • Olahraga

Aktivitas olahraga mampu meningkatkan kadar endorphin, yang akan membuat Anda merasa bahagia. Selain endorfin, tubuh juga melepaskan lonjakan bahan kimia saraf, termasuk serotonin dan dopamin. Hormon tersebut dirancang untuk mengatasi rasa sakit pada otot. Tidak perlu berolahraga terlalu lama untuk memicu hormon ini. Simon Young PhD., seorang psikolog dari McGill University, Canada, merekomendasikan agar setiap orang melakukan jenis olahraga yang benar-benar dinikmati.

  • Pijat

Sudah menjadi hal lazim bahwa pijat dapat mengatasi kecemasan dan depresi secara efektif. Terapi pijat dapat mempengaruhi tingkat biokimia tubuh, sehingga efektif mengurangi depresi dan kecemasan. Selain mampu meningkatkan kadar hormon serotonin, terapi pijatan juga dapat mengurangi tingkat hormon kortisol atau hormon yang terkait dengan kondisi stres.

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

  • Meditasi

Seperti yang dilansir pada National Center for Biotechnology Information di Amerika (www.ncbi.nlm.nih.gov), meditasi benar-benar dapat mengurangi stres, terutama bagi mereka dengan level stres yang tinggi. Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan penelitian pada hampir 1.300 orang dewasa, yang menunjukkan bahwa meditasi teratur dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar serotonin.

  • Berjemur

Ternyata musim dingin dapat mengganggu mood seseorang. Jonathan Alpert, psikoterapis dari Amerika, menyebut bahwa hal tersebut merupakan Seasonal Affective Disorder, yang lazimnya terjadi karena tubuh seseorang kurang terpapar cahaya matahari. Simon Young pun menjelaskan bahwa dengan meningkatkan paparan cahaya pada neuron penghasil serotonin, maka akan membantu mengurangi depresi.

[Baca Juga: Mari Ubah Stigma Negatif Terhadap Layanan Kesehatan Jiwa]

  • Asupan Sehat

Ada sejumlah makanan secara alami dapat meningkatkan kadar serotonin pada tubuh, mulai dari kacang-kacangan, produk susu, telur, biji-bijian. Karena sejumlah bahan makanan tersebut mengandung asam amino tryptophan yang berperan penting dalam proses pembentukan serotonin. Selain itu, bahan makanan yang mengandung vitamin B6 dan B12 juga mendukung pembentukan hormon serotonin. Contohnya ialah hati sapi, daging domba, pisang, kentang, dan pistachio.

  • Bersikap positif

Pembentukan serotonin juga terkait erat dengan sikap positif dalam menghadapi aktivitas sehari-hari. Karena itu, luangkan banyak waktu untuk berkumpul dengan orang yang Anda cintai atau menjalani hobi yang Anda gemari.

Anda bisa mencoba satu, sebagian atau semua tips yang kami jabarkan di atas. Jika tidak membantu, jangan takut untuk mendapatkan pertolongan secara medis atau psikologis sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Meminta pertolongan bukan bentuk kelemahan, dibutuhkan kekuatan tersendiri untuk mengakui kondisi Anda dan mencari bantuan yang dibutuhkan. Anda tidak sendiri!


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.