Hati 2.jpg

Properti dan Solusi

Menjadi Masyarakat Paling Dermawan Merupakan Aset Berharga

Kedermawanan masyarakat Indonesia menjadikan Indonesia menempati peringkat satu atau negara paling dermawan di dunia berdasarkan data dari Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021.

Menurut Direktur Pemberdayaan dan Pengembangan Ekonomi Yayasan Dompet Dhuafa Doni Marlan, kedermawanan ini adalah aset berharga yang harus dikelola dengan sebaik-baiknya. "Kedermawanan masyarakat Indonesia adalah aset berharga yang harus dikelola sebaik-baiknya. Karena aset tersebut akan tetap terjaga bahkan di kondisi pandemi seperti sekarang ini. Bukankah ini adalah fakta sekaligus kabar gembira bagi Indonesia?" katanya seperti dikutip dari Antara pada awal Januari ini.

Doni Marlan melanjutkan bahwa kedermawanan lewat kegiatan sosial dan kemanusiaan ini mampu menciptakan rasa bahagia. "Banyak penelitian yang mendukung fakta bahwa berbagi bisa menciptakan dan meningkatkan kebahagiaan. Salah satunya adalah penelitian dari Jorge Moll dan rekannya di National Institutes of Health," tambahnya.

Hati 1.jpg

Hasil penelitian menyebutkan bahwa menyumbang untuk karya karitatif atau amal bisa mengaktifkan daerah otak yang berhubungan dengan kesenangan sehingga mampu menciptakan perasaan yang lebih positif. "Bisa memunculkan kebahagiaan," ucapnya. Dengan demikian berbagi adalah kunci kebahagiaan menurut Doni Marlan.

Berbagi dan berdonasi sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. "Bahkan di Indonesia sendiri, religius dan gotong royong sudah menjadi nilai utama dan budaya dalam bermasyarakat.”

[Baca Juga: Mengapa Orang-orang Tetap Bisa Dermawan di Kala Pandemi?]

Saat ini sistem donasi mengalami perubahan bila dibandingkan dengan beberapa puluh tahun silam. Donasi saat ini didukung dengan inovasi dan teknologi yang bertujuan agar manfaat donasi bisa lebih optimal. "Bergerak dari dulu secara konvensional hingga kini di era milenial. Jika donasi pada masa dulu sebatas berbagi seperti infak dan sedekah melalui kotak sumbangan. Kini inovasi dan teknologi menjadi kunci utama agar donasi bisa lebih berdampak maksimal," katanya.

Doni Marlan menuturkan pihaknya terus menggiatkan program zakat dan wakaf produktif agar masyarakat tetap berdaya di masa pandemi. "Banyak terjadi perubahan kesejahteraan masyarakat karena dampak dari pandemi COVID-19. Melalui program zakat dan wakaf produktif, Dompet Dhuafa mengadakan program ketahanan pangan untuk masyarakat seperti pemberdayaan 1.000 hektar pertanian, sentra ternak masyarakat, dan penguatan usaha mikro masyarakat," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.