Mitos Tentang Cara Melindungi Diri dari Gas Air Mata

Kesehatan

Menjawab 5 Mitos Tentang Cara Melindungi Diri dari Gas Air Mata

Setelah mempelajari tentang apa itu gas air mata dan bagaimana cara mengatasi efek yang ditimbukannya, Anda juga perlu tahu tentang informasi yang salah mengenai alat pengendali kerumunan ini yang kerap digunakan untuk mengusir demonstran ini. Meskipun Anda sudah mengetahui tentang cara-cara mengatasi serangan gas air mata, tapi bisa saja di lapangan mitos seputar perlindungan dari gas ini masih kencang terdengar dan menimbulkan kebingungan.

Anda pasti pernah melihat foto atau video yang menunjukkan improvisasi pengunjuk rasa menggunakan metode baru untuk melawan efek melumpuhkan gas air mata. Di antaranya termasuk mengikat botol plastik dan bahkan bra ke wajah mereka. Walaupun mereka membuat foto yang lucu, ini bukan cara yang efektif untuk melawan senjata kimia yang tidak mematikan ini.

Mitos Tentang Cara Melindungi Diri dari Gas Air Mata

Seperti diterjemahkan dari situs resmi International News Safety Institute atau INSI (29/9/2019) yang berbicara kepada para ahli senjata kimia SecureBio Ltd. tentang metode buatan sendiri yang harus dihindari ketika menghadapi gas air mata.

Mitos Tentang Cara Melindung Diri dari Gas Air Mata

  1. Mitos: Rendam bandana, handuk, atau kain dalam cuka sari apel untuk menutupi mulut dengan erat. Jawaban: asam yang terkandung dalam cuka tidak menyediakan cukup perlindungan, bahkan tidak ada manfaat berarti untuk melawan efek gas air mata.
  2. Mitos: Lumuri jeruk nipis atau jus lemon di bagian dalam kain dan tutupi mulut Anda dengan erat. Jawaban: ini seharusnya bekerja pada prinsip yang sama dengan cuka sari apel, dan sekali lagi sebaiknya tidak melakukan hal ini.
  3. Mitos: Rendam bandana, kaus, handuk dalam air dan tutup mulut Anda dengan erat. Jawaban: Banyak gas air mata berbentuk kristal yang bereaksi dengan air. Menggunakan sejumlah kecil air (seperti sapu tangan basah) segera setelah terpapar dengan gas CS dalam gas air mata kemungkinan akan mengaktifkan kembali kristal-kristal ini dan dapat memperpanjang efeknya.
  4. Mitos: Menghancurkan arang, melapisi bandana basah dengan arang halus dan menutup hidung dan mulut dengan erat. Jawaban: Arang seharusnya menyaring gas CS gas CS, tetapi belum ada bukti untuk mendukung ini.
  5. Mitos: Oleskan pasta gigi di bawah mata Anda. Jawaban: Karena RCA dan pasta gigi dibuat dari berbagai bahan kimia, menggabungkannya dengan gas air mata yang juga campuran berbagai zat kimia, metode ini hampir tidak mungkin untuk secara akurat dapat memprediksi reaksi yang akan terjadi dari gabungan berbagai zat kimia tersebut.
  6. Mitos: Menghirup bawang merah yang baru dipotong. Jawaban: Memecah bawang menjadi dua, menghirupnya dan mendekatkannya ke mata Anda tidak dapat mengurangi iritasi, dan kemungkinan akan membuat Anda menangis seperti halnya ketika Anda mengupasnya.

Mitos Tentang Cara Melindungi Diri dari Gas Air Mata

Apa yang Harus Dilakukan?

  • Jika Anda memiliki masker gas, atau masker gas dengan kacamata besar, kenakan. Anda kemudian dapat terus bekerja di dalam gas. Ketahuilah bahwa Anda masih perlu mencuci diri dan semua pakaian karena gas akan tetap ada di tubuh Anda, pakaian, dan peralatan Anda.
  • Jika Anda tidak memiliki perlindungan, tutup mulut dan hidung Anda dengan sapu tangan atau kain atau gunakan bagian dalam mantel Anda untuk melindungi jalan napas Anda. Tidak perlu dibasahkan dengan air atau zat lain. Jangan gunakan bagian luar jaket yang kemungkinan sudah terkontaminasi.
  • Berdirilah di udara segar dan biarkan semilir angin membawa gas CS yang terkandung dalam gas air mata.
  • Jaga agar lengan Anda terentang akan membantu gas CS keluar dari pakaian Anda.
  • Cobalah untuk mencapai tempat yang tinggi, sebagian besar gas air mata lebih berat daripada udara, sehingga konsentrasi tertinggi cenderung menumpuk lebih dekat ke tanah.
  • Ingatlah bahwa gas akan menempel di pakaian selama berbulan-bulan, jadi pakaian apa pun yang mungkin telah terkontaminasi harus segera dicuci beberapa kali atau dibuang.
  • Setiap kulit yang terbuka harus dicuci dengan sabun dan air. Mandi dulu dengan air dingin, lalu air hangat dengan air yang mengalir. Jangan mandi berendam.
  • Jangan menggosok mata atau wajah Anda, atau ini akan mengaktifkan kembali kristal apa pun.

[Baca Juga: Berikut yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Gas Air Mata]

INSI adalah organisasi berbasis anggota yang didedikasikan untuk keselamatan jurnalis. Informasi ini disampaikan bukan hanya untuk mereka yang berprofesi sebagai wartawan yang meliput area konflik dan demonstrasi, tapi juga akan bermanfaat bagi para peserta demonstrasi, tim relawan medis, dan juga warga biasa yang terjebak di tengah konflik.

[Baca Juga: Setelah Bagikan Nasi Kotak, Awkarin Ajak Bersihkan Area Demonstrasi]


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.