KEBON JERUK-KAWASAN-MENJELAJAHI MUSEUM MACAN NAN INSTAGRAMABLE DI JAKARTA BARAT-GALIH-1100 px X 600 px-03.jpg

Berita Kawasan

Menjelajahi Museum MACAN nan ‘Instagramable’ di Jakarta Barat

Tepat pada 4 November 2017, Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara atau dikenal dengan sebutan Museum MACAN berdiri di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Belakangan ini, tempat wisata edukasi di Tanah Air ini menjadi viral di media sosial. Ini tak lepas dari tema yang diusung, yakni kontemporer yang juga dapat dijadikan sarana edukasi sekaligus rekreasi.

Museum MACAN menjadi museum pertama di Tanah Air yang memiliki koleksi seni dan modern kontemporer Indonesia. Beberapa koleksi dari internasional pun terlihat dalam museum ini. Seperti dikutip laman kompas.com pada Senin (22/10/2018), sedikitnya, ada sekira 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesoemo, kolektor sekaligus penggagas berdirinya Museum MACAN.

KEBON JERUK-KAWASAN-MENJELAJAHI MUSEUM MACAN NAN INSTAGRAMABLE DI JAKARTA BARAT-GALIH-1100 px X 600 px-02.jpg

Beragam seni kotemporer dari seluruh dunia juga dipamerkan dalam Museum MACAN. Mayoritas seni kotemporer dan modern yang ditampilkan adalah karya seni lukisan. Namun ada juga gaya kotemporer dengan berbagai teknik dan seni instalasi. Dari sekian banyak karya seni yang dipamerkan, ada salah satu yang menjadi favorit di museum ini. Adalah Infinity Mirrored Room, karya seniman asal Jepang, Yayoi Kusuma.

Koleksi karya seni di museum seluas 4.000 meter persegi ini sangat ‘Instagramable’. Banyak spot unik yang bisa dijadikan untuk berswafoto. Spot yang tengah menjadi viral, baik di kalangan masyarakat umum maupun artis, adalah foto dalam ruang kaca berbalut ratusan bola lampu. Untuk bisa berfoto di tempat ini, Anda harus rela mengantre. Pasalnya, setiap pengunjung hanya diberikan waktu sekira 45 detik untuk mengambil foto.

KEBON JERUK-KAWASAN-MENJELAJAHI MUSEUM MACAN NAN INSTAGRAMABLE DI JAKARTA BARAT-GALIH-1100 px X 600 px-01.jpg

Selain dijadikan spot foto, koleksi dari Museum MACAN bisa menjadi sarana edukasi, khususnya bagi anak sekolah. Museum ini punya berbagai macam program pendidikan, seperti Forum Pendidik, Kunjungan Sekolah dan Sumber Daya Pendidikan. Sementara bagi seniman muda, karya seni di museum ini bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan karya seni yang bernilai tinggi.

Setiap harinya, Museum MACAN ramai dikunjungi pengunjung, baik dari kalangan pelajar maupun umum. Untuk bisa menikmati koleksi karya seni di sini, pengunjung dikenakan biaya Rp50.000 untuk orang dewasa (Harga Per Oktober 2018). Sedangkan untuk pelajar dan lansia Rp40.000 dan anak-anak hanya dibanderol dengan harga Rp30.000. Sedangkan jam operasionalnya, buka dari pukul 10.00 – 19.00 WIB pada hari Selasa – Minggu. Khusus hari Senin, museum ini tutup.

Read More

Artikel Lainnya

GOJEK, #MenangkanIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019

Bisnis

GOJEK, #MenangkanIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019

20 November 2019, 20:00

Gojek, mengajak masyarakat Indonesia mendukung putra-putri kebanggaan tanah air yang berlaga di SEA Games 2019, melalui kampanye #MenangIndonesia.

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

Kuliner

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

20 November 2019, 19:00

Ternyata menikmati dan memasak shabu shabu ada tips dan triknya. Menurut chef dari Jepang, ini dia cara yang tepat.

Brand realme Segera Hadirkan Ponsel dengan Julukan Flagship Killer

Bisnis

Brand realme Segera Hadirkan Ponsel dengan Julukan Flagship Killer

20 November 2019, 18:00

Digadang-gadang sebagai flagship killer, pihak realme tengah mempersiapkan meluncurkan realme X2 Pro di Indonesia.

Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore

Kecantikan dan Fashion

Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore

20 November 2019, 17:00

Pernah bayangkan jika lip cream beraroma kopi? Mizzu dan Fore berkolaborasi untuk ciptakan lip cream dengan hasil velvet yang terinspirasi dari kopi.


Comments


Please Login to leave a comment.