Menkes Buat Protokol Kesehatan di Salon, Pelanggan Bawa Alat Makeup Sendiri  (3).jpg

Kecantikan dan Fashion

Menkes Buat Protokol Kesehatan di Salon, Pelanggan Bawa Alat Makeup Sendiri

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menerbtikan protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat umum. Protokol tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum yang disahkan pada 19 Juni 2020.

Salah satu tempat yang dibahas dalam keputusan tersebut adalah salon yang merupakan fasilitas umum untuk kebutuhan periasan wajah dan penampilan, serta pemotongan rambut. Salon dinilai berpotensi menjadi tempat penularan Virus Corona baru karena ada kontak fisik yang erat antara pekerja dan pelanggan saat dilakukannya jasa pelayanan.

Menkes Buat Protokol Kesehatan di Salon, Pelanggan Bawa Alat Makeup Sendiri  (1).jpg

Bagi pelanggan yang datang untuk mendapatkan jasa periasan wajah, dianjurkan untuk membawa peralatan makeup pribadi. “Membawa peralatan pribadi yang akan digunakan untuk perawatan rambut/kecantikan dan sejenisnya, termasuk peralatan makeup,” bunyi salah satu poin dalam keputusan tersebut.

[Baca Juga: Siap Nonton Film Lagi di Bioskop? Ini Protokol Barunya]

Pada pintu masuk salon, pelaku usaha atau pemilik salon harus mengadakan pemeriksaan tubuh bagi pengunjung dan pekerja. Pengunjung dan pekerja yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celcius saat dua kali pemeriksaan dengan jarak lima menit dilarang masuk.

Menkes Buat Protokol Kesehatan di Salon, Pelanggan Bawa Alat Makeup Sendiri  (2).jpg

Pemilik salon pun harus mengatur agar pelanggan tidak menggunakan handuk, celemek, dan alat potong rambut yang sama dengan pelanggan lainnya. “Peralatan dan bahan dapat dicuci dengan detergen atau disterilkan dengan disinfektan terlebih dahulu,” tulis Menkes dalam salah satu poin terkait aturan untuk pelaku usaha.

Area salon juga harus didisinfeksi minimal tiga kali sehari, terutama pada permukaan meja, kursi, pegangan pintu, dan peralatan lain yang sering disentuh. Kemudian, kualitas udara di area salon juga harus terjaga dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk, serta melakukan pembersihan filter AC.

[Baca Juga: Protokol Keamanan Syuting ala Hollywood di Masa Pandemi COVID-19]

Sementara itu, seluruh pekerja harus selalu menggunakan masker dan menjaga jarak fisik dengan orang lain saat perjalanan dan selama bekerja. Alat pelindung diri yang digunakan oleh para pekerja selama bekerja di antaranya masker, pelindung wajah (face shield), dan celemek.

Baik pelanggan maupun pekerja, segera mandi dan berganti pakaian saat tiba di rumah. “Jika diperlukan, bersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan disinfektan,” lanjut bunyi poin dalam keputusan itu.


Read More

Artikel Lainnya

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Kesehatan

Lansia Kala Pandemi, Harapan Meningkat tapi Masih Kelompok Rentan

27 September 2021, 19:07

Lansia di Kota Semarang terus bertambah dengan semakin meningkatnya harapan hidup, di sisi lain mereka masuk kelompok rentan. Pelayanan kesehatan pada kelompok lansia pun terus ditingkatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.