Menkes Himbau Cek Kesehatan Sebelum Berangkat Mudik

Kesehatan

Menkes Himbau Cek Kesehatan Sebelum Berangkat Mudik

Tidak terasa ibadah puasa di bulan Ramadan sudah memasuki fase hari-hari terakhir. Tentunya, tidak sedikit di antara umat muslim berbagai negara, seperti Indonesia yang memanfaatkan waktu-waktu terakhir untuk lebih meningkatkan kualitas ibadahnya.

Terlepas dari hal tersebut, ada banyak kegiatan yang biasa dilakukan di hari-hari terakhir ibadah puasa ini. Mulai dari membuat makanan khas hari raya hingga melakukan perjalanan mudik lebaran 2019.

Nah, mudik lebaran jadi momen yang dinanti sebagian masyarakat Indonesia, karena bisa bersilaturrahmi dengan orangtua, keluarga besar, maupun kerabat. Untuk bisa melakukan hal itu, yang penting diperhatikan oleh pemudik adalah kondisi kesehatan fisik dan mental.

[Baca Juga: Mudik Lebaran 2019, Dinas Kesehatan DKI Siagakan 85 Ambulans]

Seperti dikutip dari laman Kemenkes RI (28/5/2019), Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menekankan agar para pemudik memeriksakan kesehatannya sebelum melakukan perjalanan mudik.

“Kalau bisa sebelum berangkat cek kesehatan, karena itu ada pos kesehatan, ada 6.047 fasilitas kesehatan. Cek tekanan darah, gula darah, periksa stres juga,'' katanya dalam kegiatan Ngabuburit Sehat di Stasiun Gambir, Jakarta.

Menkes juga menambahkan, perencanaan sebelum mudik harus dilakukan dengan baik. Setidaknya pada H-6 mudik, kondisi badan pemudik sudah harus dijaga dengan baik, sehingga ketika berangkat mudik badan sudah dalam kondisi fit.

[Baca Juga: Ini Tip Aman dan Nyaman Mudik dengan Motor]

''Sehat penting, kami (Kemenkes) bersama Kemenhub, Polri, dan sektor lain yang terkait kita menyatu dalam pelaksanaan mudik ini. Yang bawa mobil harus sehat, jangan minum alkohol,'' tambah Menkes.

Kemenkes menyediakan 6.047 Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk mudik lebaran 2019 yang terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 RS sekitar jalur pantura, 144 RS Rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun lalu sebesar 3.910 fasilitas.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.