Menkes Himbau Cek Kesehatan Sebelum Berangkat Mudik

Kesehatan

Menkes Himbau Cek Kesehatan Sebelum Berangkat Mudik

Tidak terasa ibadah puasa di bulan Ramadan sudah memasuki fase hari-hari terakhir. Tentunya, tidak sedikit di antara umat muslim berbagai negara, seperti Indonesia yang memanfaatkan waktu-waktu terakhir untuk lebih meningkatkan kualitas ibadahnya.

Terlepas dari hal tersebut, ada banyak kegiatan yang biasa dilakukan di hari-hari terakhir ibadah puasa ini. Mulai dari membuat makanan khas hari raya hingga melakukan perjalanan mudik lebaran 2019.

Nah, mudik lebaran jadi momen yang dinanti sebagian masyarakat Indonesia, karena bisa bersilaturrahmi dengan orangtua, keluarga besar, maupun kerabat. Untuk bisa melakukan hal itu, yang penting diperhatikan oleh pemudik adalah kondisi kesehatan fisik dan mental.

[Baca Juga: Mudik Lebaran 2019, Dinas Kesehatan DKI Siagakan 85 Ambulans]

Seperti dikutip dari laman Kemenkes RI (28/5/2019), Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menekankan agar para pemudik memeriksakan kesehatannya sebelum melakukan perjalanan mudik.

“Kalau bisa sebelum berangkat cek kesehatan, karena itu ada pos kesehatan, ada 6.047 fasilitas kesehatan. Cek tekanan darah, gula darah, periksa stres juga,'' katanya dalam kegiatan Ngabuburit Sehat di Stasiun Gambir, Jakarta.

Menkes juga menambahkan, perencanaan sebelum mudik harus dilakukan dengan baik. Setidaknya pada H-6 mudik, kondisi badan pemudik sudah harus dijaga dengan baik, sehingga ketika berangkat mudik badan sudah dalam kondisi fit.

[Baca Juga: Ini Tip Aman dan Nyaman Mudik dengan Motor]

''Sehat penting, kami (Kemenkes) bersama Kemenhub, Polri, dan sektor lain yang terkait kita menyatu dalam pelaksanaan mudik ini. Yang bawa mobil harus sehat, jangan minum alkohol,'' tambah Menkes.

Kemenkes menyediakan 6.047 Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk mudik lebaran 2019 yang terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 RS sekitar jalur pantura, 144 RS Rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun lalu sebesar 3.910 fasilitas.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.