Acara yang Bikin Januari 2020 Lebih Meriah Konser Amal Afgan

Hobi dan Hiburan

Menkes Terbitkan Protokol Kesehatan di Tempat Umum, Ada Aturan Soal Konser

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan COVID-19 yang disahkan pada 19 Juni 2020.

Dalam keputusan tersebut, Menkes mengizinkan jenis penyelengaraan event yaitu kegiatan yang bertujuan mengumpulkan orang-orang di satu tempat, melakukan serangkaian aktivitas untuk memperoleh informasi atau menyaksikan suatu kejadian seperti kegiatan seminar, konferensi nasional dan internasional, perjalanan insentif, konferensi, serta pameran.

Namun, ada poin yang menjelaskan bahwa Menkes melarang penyelenggaraan event seperti konser yang menerapkan kelas festival karena pengunjung harus berdiri. “Tidak dianjurkan untuk menyelenggarakan event dengan model pengunjung/penonton berdiri (tidak disediakan tempat duduk) seperti kelas festival dikarenakan sulit menerapkan prinsip jaga jarak,” tulis Menkes tekait poin itu.

[Baca Juga: Resmi! Konser Lauv Ditunda ke Tahun Depan]

Tempat duduk diberi jarak satu meter dengan tempat duduk lainnya. Apabila menggunakan kursi permanen, maka harus dikosongkan beberapa kursi untuk memenuhi aturan jaga jarak fisik.

Menkes Terbitkan Protokol Kesehatan di Tempat Umum, Ada Aturan Soal Konser.jpg

Untuk membatasi jumlah pengunjung, pengelola event harus melakukan beberapa hal, seperti mengadakan form self assessment risiko COVID-19 secara online bagi pengunjung sebelum acara berlangsung. Fungsinya, bila hasil self assessment terdapat berisiko besar, maka pengunjung tersebut tidak diperkenankan mengikuti event.

Kemudian, pengelola harus memasang media informasi di lokasi acara untuk mengingatkan para pengunjung agar selalu menerapkan jaga jarak fisik minimal satu meter dengan pengunjung lainnya, menjaga kebersihan tangan, dan menggunakan masker.

Ada pula ruang khusus sebagai pos kesehatan yang harus disiapkan pengelola. “Sediakan ruang khusus di luar tempat pertemuan/event sebagai pos kesehatan dengan tim kesehatan,” bunyi poin terkait pos kesehatan.

Selain itu, diharuskan adanya petugas di sepanjang antrean untuk mengawasi pengunjung menjaga jarak fisik, dan selalu memakai masker.

Lebih lanjut, pengelola harus melakukan pembersihan dan disinfeksi tempat acara secara berkala, serta, apabila tersedia makanan atau minuman olahan di event tersebut, harus dipastikan produksi serta penyajiannya secara higienis.

[Baca Juga: Siap Nonton Film Lagi di Bioskop? Ini Protokol Barunya]

Saat pengunjung keluar dari tempat event, harus dipastikan tidak terjadi kerumunan. ”Pengaturan jalur keluar bagi tamu/perserta agar tidak terjadi kerumunan seperti pengunjung yang duduk di paling belakang atau terdekat dengan pintu keluar diatur keluar terlebih dahulu, diatur keluar baris per baris, sampai barisan terdepan dan lain-lain,” jelas poin soal aturan keluar lokasi.

Dikutip dari cnnindonesia.com (20/6/2020), sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan hingga saat ini belum ada titik temu yang jelas antara pihaknya dengan sejumlah penyelenggara event terkait konser musik. Hal ini karena sulit diterapkan protokol kesehatan dalam acara yang menghadirkan kerumunan orang.

"Event ini memang termasuk yang secara social distancing kan sangat rawan, jadi rumusan-rumusannya juga masih cari referensi dari berbagai sumber dari luar negeri dan segala macam. Memang belum ada yang bisa memenuhi kriteria yang diharapkan," kata Cucu


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.