Menpan-RB Serukan Kepala Daerah Tiru Inovasi  Kota Bogor

Berita Kawasan

Menpan-RB Serukan Kepala Daerah Tiru Inovasi Kota Bogor

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyebut apa yang telah dilakukan Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor sudah sejalan dengan instrumen Nawacita Presiden Joko Widodo.

Hal itu diucapkannya, lantaran MalMPP Pelayanan Publik (MPP) Kota Bogor telah berhasil mempraktikkan sistem layanan terpadu dalam membuat dokumen kependudukan serta perizinan yang terintegrasi di satu atap.

"Mempercepat dan mempermudah layanan publik merupakan bagian dari reformasi birokrasi. Oleh karena itu, kita ingin membangun MPP di seluruh daerah kota/kabupaten se-Indonesia untuk permudah layanan untuk masyarakat sesuai arahan Presiden," katanya dihadapan 48 kepala daerah yang hadir dalam kegiatan penandatanganan komitmen pembangunan MPP di Kantor Kemenpan-RB, Jakarta.

Andal Melayani, MPP Kota Bogor Jadi Proyek Percontohan

Diberitakan kotabogor.go.id, Selasa (10/3/2020) Petang, Tjahjo turut menyarankan kepada segenap kepala daerah dari berbagai wilayah nusantara untuk berguru pada Pemkot Bogor, terkait inovasinya dalam menerapkan dan mengembangkan MPP.

"Daerah lain harus berani berinovasi seperti Kota Bogor dalam mempercepat dan mempermudah pembuatan dokumen kependudukan seperti administrasi kependudukan, akta kelahiran dan kematian, surat nikah, paspor, SIM, dan lainnya yang terintegrasi dalam satu atap di MPP. Karena mempercepat pelayanan bagi masyarakat merupakan bagian dari reformasi birokrasi," seru Tjahjo.

[Baca Juga: Andal Melayani, MPP Kota Bogor Jadi Proyek Percontohan]

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim yang turut hadir sebagai pembicara, di atas podium menyampaikan, kesiapan Pemkot Bogor untuk berbagi ilmu dan pengalamannya dalam pengembangan MPP yang inovatif.

"Pada intinya, MPP Kota Bogor selalu siap berbagi pengalaman dengan daerah lainnya dalam mengembangkan sistem pelayanan publik. Karena salah satu unggulan dari MPP Kota Bogor adalah mampu mengintegrasikan 203 layanan kependudukan, perizinan dan dokumen lainnya dari 14 instansi dalam satu atap. Jika diklasifikasikan, tercatat 74 kunjungan dari Pemda, DPRD, Kampus, Kementerian dan 1.010 orang dari peserta rombongan yang berkunjung ke MPP Graha Tiyasa Kota Bogor selama ini. Kalau di total seluruhnya, kurang lebih ada 50 ribu orang yang berkunjung," ucap pria yang kerap disapa Dedie ini.

[Baca Juga: Kabupaten Bekasi Resmikan Gercep untuk Layanan Publik Dukcapil]

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa MPP Kota Bogor telah dilengkapi fasilitas penunjang seperti Anjungan Layanan Mandiri, Ramah Disabilitas, Lounge, area bermain anak, ruang laktasi, ruang rapat, musala serta terdapat fasilitas unggulan MPP Kota Bogor yaitu Bale Nikah Grha Tiyasa sebagai tempat calon pengantin untuk melaksanakan akad nikah di MPP Kota Bogor.

"Seperti yang disampaikan Pak Menteri tadi, MPP merupakan pembaharuan dalam perbaikan pelayanan publik yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi. Inovasi ini hadir untuk mendobrak rutinitas dan menjadi solusi terhadap sistem pelayanan terdahulu yang dinilai lama dan bertele-tele. Karena melalui MPP ini sistem pelayanan kini menjadi lebih cepat, mudah, dan terjangkau," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.