Menpan-RB Serukan Kepala Daerah Tiru Inovasi  Kota Bogor

Berita Kawasan

Menpan-RB Serukan Kepala Daerah Tiru Inovasi Kota Bogor

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyebut apa yang telah dilakukan Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor sudah sejalan dengan instrumen Nawacita Presiden Joko Widodo.

Hal itu diucapkannya, lantaran MalMPP Pelayanan Publik (MPP) Kota Bogor telah berhasil mempraktikkan sistem layanan terpadu dalam membuat dokumen kependudukan serta perizinan yang terintegrasi di satu atap.

"Mempercepat dan mempermudah layanan publik merupakan bagian dari reformasi birokrasi. Oleh karena itu, kita ingin membangun MPP di seluruh daerah kota/kabupaten se-Indonesia untuk permudah layanan untuk masyarakat sesuai arahan Presiden," katanya dihadapan 48 kepala daerah yang hadir dalam kegiatan penandatanganan komitmen pembangunan MPP di Kantor Kemenpan-RB, Jakarta.

Andal Melayani, MPP Kota Bogor Jadi Proyek Percontohan

Diberitakan kotabogor.go.id, Selasa (10/3/2020) Petang, Tjahjo turut menyarankan kepada segenap kepala daerah dari berbagai wilayah nusantara untuk berguru pada Pemkot Bogor, terkait inovasinya dalam menerapkan dan mengembangkan MPP.

"Daerah lain harus berani berinovasi seperti Kota Bogor dalam mempercepat dan mempermudah pembuatan dokumen kependudukan seperti administrasi kependudukan, akta kelahiran dan kematian, surat nikah, paspor, SIM, dan lainnya yang terintegrasi dalam satu atap di MPP. Karena mempercepat pelayanan bagi masyarakat merupakan bagian dari reformasi birokrasi," seru Tjahjo.

[Baca Juga: Andal Melayani, MPP Kota Bogor Jadi Proyek Percontohan]

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim yang turut hadir sebagai pembicara, di atas podium menyampaikan, kesiapan Pemkot Bogor untuk berbagi ilmu dan pengalamannya dalam pengembangan MPP yang inovatif.

"Pada intinya, MPP Kota Bogor selalu siap berbagi pengalaman dengan daerah lainnya dalam mengembangkan sistem pelayanan publik. Karena salah satu unggulan dari MPP Kota Bogor adalah mampu mengintegrasikan 203 layanan kependudukan, perizinan dan dokumen lainnya dari 14 instansi dalam satu atap. Jika diklasifikasikan, tercatat 74 kunjungan dari Pemda, DPRD, Kampus, Kementerian dan 1.010 orang dari peserta rombongan yang berkunjung ke MPP Graha Tiyasa Kota Bogor selama ini. Kalau di total seluruhnya, kurang lebih ada 50 ribu orang yang berkunjung," ucap pria yang kerap disapa Dedie ini.

[Baca Juga: Kabupaten Bekasi Resmikan Gercep untuk Layanan Publik Dukcapil]

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa MPP Kota Bogor telah dilengkapi fasilitas penunjang seperti Anjungan Layanan Mandiri, Ramah Disabilitas, Lounge, area bermain anak, ruang laktasi, ruang rapat, musala serta terdapat fasilitas unggulan MPP Kota Bogor yaitu Bale Nikah Grha Tiyasa sebagai tempat calon pengantin untuk melaksanakan akad nikah di MPP Kota Bogor.

"Seperti yang disampaikan Pak Menteri tadi, MPP merupakan pembaharuan dalam perbaikan pelayanan publik yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi. Inovasi ini hadir untuk mendobrak rutinitas dan menjadi solusi terhadap sistem pelayanan terdahulu yang dinilai lama dan bertele-tele. Karena melalui MPP ini sistem pelayanan kini menjadi lebih cepat, mudah, dan terjangkau," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.