Menristek Dukung Apple Academy untuk Cetak Ahli IT di Indonesia

Pendidikan

Menristek Dukung Apple Academy untuk Cetak Ahli IT di Indonesia

Memasuki industri 4.0 atau sebuah tren industri di mana dikuasai dengan teknologi digital dan siber untuk segala komputasi, ekonomi digital semakin berkembang. Dengan berkembangnya dunia digital di Indonesia pula, semakin meningkat juga kebutuhan tenaga kerja yang mampu dan ahli khususnya untuk tenaga programmer dan app developer, apalagi untuk ponsel keluaran Apple.

Maka dari itu Apple Development Academy bekerja sama dengan Binus untuk menyediakan tempat belajar sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri 4.0 di Indonesia. Menurut Menteri Riset dan Teknologi (Kemenristek) Bambang Pemadi Soemantri Brodjonegoro yang hadir saat Apple Development Academy Graduation, di Green Park Office di Tangerang Selatan (14/1/2020) menyebutkan, karena perkembangan industri sekarang sudah berubah, sangat dibutuhkan ahli di bidang coding.

Menristek Dukung Apple Academy untuk Cetak Ahli IT di Indonesia

“Esensi dari Apple Academy ini bukan hanya memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas SDM kita di bidang IT dan digital, namun di sini juga lahir banyak aplikasi yang bisa digunakan. jadi bukan hanya jadi tempat belajar, Apple Academy juga menciptakan inovasi,” ujar Bambang.

Bambang juga melihat, lulusan Apple Academy ini juga mampu berkontribusi terhadap perkembangan teknologi digital di Indonesia dengan dua cara, yaitu dengan menjadi staf inti atau pun programmer di perusahaan IT yang sudah ada. Menurutnya, sekarang Indonesia masih dibilang kekurangan staf ahli dibidang IT, masih banyak perusahaan yang menggunakan tenaga asing. Yang kedua, membangun start up sendiri.

[Baca Juga: 5 Aplikasi Terbaik Hasil dari Siswa Lulusan Apple Academy Binus]

Bambang berharap program belajar dari Apple ini, mampu jadi ladang untuk menemukan bibit bibit unggul industri digital di Indonesia. Ia juga mengatakan, dengan adanya program ini akan banyak banyak talenta dari seluruh Indonesia untuk mengembangkan diri di bidang teknologi informasi atau IT.

“Yang menarik dari Apple Developer Academy ini adalah mereka terbuka untuk siapa saja, tidak harus yang punya background di bidang komputer atau teknologi informasi atau engineering secara umum, tapi semua bidang. Artinya kalau ini menyebar di berbagai tempat di Indonesia, ini bisa menarik bakat-bakat di bidang IT dan digital yang masih tersembunyi dan juga nantinya bisa menumbuhkan entrepreneur atau startup dalam jumlah lebih besar,” ungkap Bambang saat ditemui PingPoint.co.id di kawasan BSD (16/1/2020).

Mengutip dari ristekdikti.go.id, sebagai menteri, Bambang juga menyampaikan harapannya langsung kepada Worldwide Director for Apple Developer Academy Gordon Shukwit, untuk membuka lebih banyak lokasi Apple Developer Academy di setiap pulau besar di Indonesia, kini di Apple Academy sudah ada di Jakarta, Surabaya, Batam.

[Baca Juga: Universitas Bina Nusantara Gelar Appreciation Day]

“Di Brazil, Apple Academy itu ada sepuluh. Harapan saya, di Indonesia setidaknya ada satu disetiap pulau besar Mudah-mudahan nanti ada di Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, maupun Papua,” harap Bambang.

Lulusan yang berhasil mengembangkan produk aplikasi ini sangat berpotensi menjadi startup untuk membuka peluang entrepreneurship yang lebih besar. Sebagai dukungan dari pemerintah, Kemenristek memiliki program untuk mendukung perkembangan startup. Dengan program hibah permodalan dan inkubasi atau pembinaan bagi para startup teknologi. Kemenristek menyediakan dana hibah sebesar sekitar puluhan miliar untuk perusahaan startup di tahun 2021.

Read More

Artikel Lainnya

Sang Ratu Salon, Berikan Kesempatan Transpuan untuk Berkarya

Bisnis

Sang Ratu Salon, Berikan Kesempatan Transpuan untuk Berkarya

18 February 2020, 18:00

Memanusiakan kaum marjinal dengan memberikan kesempatan mereka berkarya merupakan visi dari program Yes I Can melalui Sang Ratu Salon.

10 Sumur Resapan di Kelurahan Pulau Kelapa Selesai Dibuat

Berita Kawasan

10 Sumur Resapan di Kelurahan Pulau Kelapa Selesai Dibuat

18 February 2020, 17:00

Ada 10 dari 32 sumur resapan telah rampung dibuat di Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. Sumur ini akan menampung air hujan untuk mencegah genangan.

PT Transjakarta Siapkan Bus Gratis Menuju Gereja Katedral

Berita Kawasan

Catat Perubahan Rute Transjakarta Selama Pembangunan Underpass Senen

18 February 2020, 16:00

PT Transjakarta melakukan penyesuaian layanan sampai pembangunan underpass Senen selesai dikerjakan

The Interceptor, Bersihkan 50 Meter Kubik Sampah Kali Cengkareng Dalam Semalam

Berita Kawasan

The Interceptor, Bersihkan 50 Meter Kubik Sampah Kali Cengkareng Dalam Semalam

18 February 2020, 15:00

Sebuah perusahaan asal Belanda membawa robot pembersih sungai ke salah satu titik polusi sampah plastik di Indonesia. Proyek ujicoba ini pertama kali dilakukan di Kali Cengkareng.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 1 month lalu
    rine

    guys ada kabar baru nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke qqharian,info jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan….