Tingkatkan Wisata Kuliner, Menpar RI Indonesia Butuh Makanan Nasional

Bisnis

Menteri Pariwisata: Makanan Nasional akan Tingkatkan Pariwisata

Makanan dan minuman unik dan nikmat dari suatu wilayah, bisa dikatakan merupakan magnet tersendiri agar wisatawan mau berkunjung. Namun sayangnya karena beragam keterbatasan, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memandang Indonesia belum masuk ke dalam lingkup “surga kuliner” bagi wisatawan, khususnya yang berasal dari luar negeri. Dari sinilah, ia menuturkan, Nusantara membutuhkan makanan nasional yang ikonik sehingga dapat menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung.

Hal ini disampaikan Arief saat ia memberikan pidato dalam peresmian event Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 di Pluit Village. Pentingnya keberadaan wisata kuliner di Indonesia digambarkan Menpar melalui perhitungan pihaknya terkait pengeluaran wisatawan saat mereka berlibur.

Tingkatkan Wisata Kuliner, Menpar RI Indonesia Butuh Makanan Nasional

“Dari sisi pariwisata, orang itu kalau spending USD1.200 untuk wisman (wisatawan mancanegara”. Kalau wisnus (wisatawan Nusantara) Rp800.000, dibulatkan Rp1.000.000. Di antara spending itu, 35 persen atau 1/3-nya itu untuk kuliner dan belanja,” ujar Menpar dalam pidato peresmian event Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 di Pluit Village, Jalan Pluit Indah Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara (27/9/2019).

Menurut Arief, saat ini Indonesia belum menjadi surga kuliner yang mampu menarik perhatian wisatawan dan ini dipengaruhi oleh satu kelemahan. “Kita tidak memiliki national food! Makanan nasional tidak punya, kalau Malaysia ada nasi lemak, Singapura ada laksa, Tom Yum di Thailand, Indonesia apa?,” tanya Menpar.

[Baca Juga: Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia yang Ditetapkan Kemenpar]

Ketidakadaan makanan nasional ini, bagi Arief sebenarnya dipengaruhi oleh banyaknya makanan Indonesia. Di mana setiap wilayah memiliki kuliner yang khas dengan rasa yang nikmat dan olahan unik dengan Menpar yang mendeskripsikan situasi ini dengan sebutan konsep problem of plenty. Dari pandangan inilah, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia melakukan riset demi menentukan di antara semua makanan di Indonesia yang mana yang dapat dijadikan ikonik.

“Akhirnya Kemenpar telah memutuskan lima national food. Nomor satu soto, nomor dua sate, nomor tiga gado-gado, nomor empat rendang, nomor lima nasi goreng. Tiga di antara lima, itu telah ditetapkan CNN sebagai makanan terenak di dunia dan nomor satunya adalah rendang,” ucap Menpar.

[Baca Juga: Hari Pelanggan Nasional, Beli Makanan Hanya Rp409 dengan JakOne]

Demi semakin mendorong keberadaan lima makanan nasional ini, kuliner khas Nusantara ini juga turut hadir di stand-stand Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019. Seperti yang terlihat di Pluit Village, bahkan Menpar sempat mencicipi menu Nasi Goreng Ikan Tenggiri Bu Hj. Hasanah khas Pekalongan di sela-sela peresmian event ini. Bagi Anda yang penasaran, langsung saja datang ke sini, mengingat kegiatan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 masih akan terus digelar hingga 27 Oktober 2019.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.