BNPB Targetkan 10 Ribu Tes SWAB per Hari

Kesehatan

Menuju New Normal, Pemkot Semarang Tingkatkan Tes Massal

Dinas Kesehatan Kota Semarang meningkatkan tes massal COVID-19 di tempat publik dalam rangka persiapan menuju tatanan hidup baru atau new normal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam mengatakan tes massal di tempat publik ditingkatkan untuk memastikan protokol kesehatan dilaksanakan secara disiplin. Keamanan tempat publik dari COVID-19, kata Abdul, merupakan tolak ukur penerapan new normal.

Untuk tes massal kali ini, Abdul dan pihaknya telah menyiapkan 5.000 alat rapid test. Selain itu, Dinkes Kota Semarang juga telah menyiapkan 12.500 Virus Transport Media (VTM). VTM adalah media untuk menyimpan spesimen pasien berupa lendir dari hidung atau tenggorokan untuk dilakukan tes swab.

Abdul mengatakan, bila hasil rapid test seorang warga di suatu tempat publik reaktif, Dinkes akan menindaklanjuti dengan tes swab. Apabila hasil tes swab juga menunjukkan positif COVID-19, maka tempat publik tersebut akan ditutup sementara. “Jika dari rapid test hasil reaktif dan dilanjutkan ke swabnya positif COVID-19, tempat keramaian tersebut akan kami tutup dan dilakukan tracking,” kata Abdul, mengutip ayosemarang.com (28/5/2020).

Sejauh ini Dinkes Kota Semarang telah melakukan tes massal di beberapa tempat, di antaranya Mal Paragon, Polrestabes Semarang, Kantor Kejaksaan Negeri Kota Semarang, Kedai Kopi Susu di Jalan Rinjani Kecamatan Gajahmungkur.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan hasil tes massal yang dilakukan di Mal Paragon semuanya negatif. “Sekarang ini memang kami tingkatkan tes massal secara acak, terutama di tempat-tempat keramaian. Alhamdulillah bisa dilakukan dengan baik, kalau yang kemarin salah satunya di Mal Paragon hasilnya semua negatif,” kata pria dengan sapaan akrab Hendi ini pada Rabu (27/5/2020).

Mengutip semarangkota.go.id (28/5/2020), Hendi juga menyampaikan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) tidak akan diperpanjang kembali dan new normal mulai dilaksanakan 8 Juni 2020. “Ada waktu dan kesempatan mempersiapkan protokol terbaik melindungi warga, akan dibahas pada 6 Juni mendatang, sebagai persiapan sebelum 7 Juni PKM usai, dan new normal mulai 8 Juni,” lanjut Hendi.

Hingga Kamis, 28 Mei 2020, pasien positif COVID-19 di Kota Semarang berjumlah 87 orang. Sementara itu, masih ada 114 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sedang menunggu hasil uji swab dan 197 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

[Baca Juga: Wali Kota Semarang Sebut Menerapkan New Normal Tugas Berat]


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.