jenis-jenis sayuran ini baik untuk mpasi7 .jpg

Kesehatan

Menurut IDAI, Jenis-jenis Sayuran Ini Baik untuk MPASI

Dalam mendukung tumbuh kembang anak, orangtua wajib mulai mengenalkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) kepada sang anak sejak fase awal. Langkah ini direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sebaiknya diberikan begitu sang buah hati menginjak usia 6 bulan.

Pada dasarnya, semua sayuran bagus untuk bayi. Namun, ada beberapa sayuran untuk MPASI yang paling direkomendasikan untuk mendukung kecukupan nutrisi pada tumbuh kembang bayi, seperti:

jenis-jenis sayuran ini baik untuk mpasi1.jpg

Brokoli

Kandungan serat, folat dan kalsium yang dimiliki brokoli sangat baik untuk menjadi pilihan menu MPASI. Selain baik buat nutrisi anak, khasiat lainnya dapat meminimalisir keengganan anak-anak makan sayur saat usianya lebih besar nanti.

jenis-jenis sayuran ini baik untuk mpasi2.jpg

Buncis

Buncis merupakan salah satu sumber protein nabati dan serat yang baik untuk bayi. Kelembutan dan cita rasanya yang manis menjadikan jenis sayuran ini sebagai pilihan yang baik untuk menu MPASI si kecil. Ingat, hindari memilih sayuran beku atau kalengan.

jenis-jenis sayuran ini baik untuk mpasi3.jpg

Wortel

Kandungan beta-karoten dan vitamin A sangat bagus bagi indera penglihatan serta membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Teksturnya cukup keras bagi bayi maka harus dimasak terlebih dulu dengan cara dikukus atau direbus agar lebih lunak.

jenis-jenis sayuran ini baik untuk mpasi4.jpg

Bayam

Baik bayam merah maupun bayam hijau adalah jenis sayuran untuk MPASI yang mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium, vitamin A, zat besi, hingga selenium. Kandungan-kandungan tersebut sarat bermanfaat bagi bayi, misalnya menguatkan tulang hingga mencegah bayi mengalami defisiensi zat besi.

jenis-jenis sayuran ini baik untuk mpasi5.jpg

Ubi

Rasanya yang manis memudahkan bayi untuk menyukai jenis sayuran yang satu ini. Kandungan nutrisi, seperti vitamin A dan C, folat, serta mineral, seperti kalium, sodium, selenium, fosfor, magnesium, dan kalsium, dapat mendukung tumbuh kembang bayi secara optimal.

jenis-jenis sayuran ini baik untuk mpasi6.jpg

Labu kuning

Labu kuning cocok dijadikan sebagai sayuran untuk MPASI karena kaya akan vitamin A maupun folat. Belum lagi, teksturnya sangat lembut dan lezat sehingga banyak bayi yang menyukai jenis sayuran yang satu ini.

Ingat ya Pointers, meski sayuran bagus untuk bayi tapi tetap harus memerhatikan cara penyajiannya. Pada masa perdana memulai MPASI ke bayi sebaiknya dimasak terlebih dahulu hingga lunak, kemudian dihancurkan hingga teksturnya lumat. Namun, tak menutup kemungkinan bayi akan menolak makan sayuran, tapi jangan pernah menyerah. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.