Menyesap Kopi di Kopi Tuli Sambil Belajar Bahasa Isyarat

Kuliner

Menyesap Kopi di Kopi Tuli Sambil Belajar Bahasa Isyarat

Untuk kedai kopi lain yang menawarkan beragam menu kopi yang lengkap atau desain interiornya yang dikelola secara megah atau instagramable, justru Kopi Tuli ini berani menunjukkan kehadirannya dengan konsep bisnis yang unik. Bagi para pengunjung yang datang bisa belajar berinteraksi dengan menggunakan bahasa isyarat bersama para barista yang merupakan seorang kawan tuli.

Menyesap Kopi di Kopi Tuli Sambil Belajar Bahasa Isyarat

Kopi Tuli didirikan tiga orang yang berteman dan sama-sama memiliki keterbatasan pada pendengarannya, bernama Putri Sampaghita Trisnawinny Santoso, Mohammad Adhika Prakoso, dan Tri Erwinsyah Putra. Ketiga sekawan itu pun memiliki keinginan membangun usaha Kopi Tuli dengan tujuan ingin memberdayakan teman tuli.

[Baca Juga: Kawanmain.co Bantu Teman Tuli dan Disabilitas Daksa Berbisnis]

Kedai Kopi Tuli hadir di tengah-tengah masyarakat berawal dari kekecewaan mereka, karena seringnya ditolak bekerja di berbagai perusahaan. Akhirnya, ketiga sekawan tersebut memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis. Mengawalinya dengan obrolan lewat Whatsapp, Putri menawarkan jenis usaha kopi kepada Adhika yang memang hobi menyesap kopi. Ketiganya bertemu dan berdiskusi, terciptalah nama Kopi Tuli yang disingkat jadi Koptul.

Menyesap Kopi di Kopi Tuli Sambil Belajar Bahasa Isyarat

Karena ketiganya belum memiliki dasar meracik kopi, mereka mengambil kursus singkat jadi barista selama tiga hari di empat tempat yang berbeda, di Toffin, Panglima Polim, Cipete, dan di BSD. Menariknya, di Koptul tidak tersedia wifi seperti kebanyakan kedai kopi lainnya yang dimanjakan dengan wifi. Tujuannya sederhana, agar para pengunjung tidak asyik berselancar di dunia maya. Namun, para pengunjung diharapkan dapat saling berinteraksi dan mengakrabi suasana yang terjalin di Kopi Tuli.

[Baca Juga: Siapa Pun Bisa Ikut Pelatihan Barista di CEVEST Bekasi]

Menu yang disajikan diberi nama-nama yang menarik, seperti kopi susu siput, yaitu campuran kopi dengan avokad. Kopi Daun, yaitu resep kopi yang menggunakan daun kopi. Untuk menu rekomendasi Koptul, tersedia Kosu Tanah, Marmer Hitam, dan Kopi Awan. Soal harga? Tidak usah khawatir, harga kopi di Koptul sangat terjangkau.

Menyesap Kopi di Kopi Tuli Sambil Belajar Bahasa Isyarat

Yang menariknya lagi, para pembeli Koptul bisa belajar bahasa isyarat lewat kemasannya yang tertera abjad bahasa isyarat. Koptul yang berdiri sejak 12 Mei 2018 kini sudah memiliki dua cabang di Jakarta, yaitu di Jl. Krukut Raya No.10, Kecamatan Limo, Kota Depok dan di Kindo Square A9, Duren Tiga, Jakarta Selatan.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.