Menyusul Insiden Ambil Paksa, Wali Kota Malang Sosialisasi Pemulasaraan Jenazah

Berita Kawasan

Menyusul Insiden Ambil Paksa, Wali Kota Malang Sosialisasi Pemulasaraan Jenazah

Wali Kota Malang Sutiaji mengumpulkan sejumlah tokoh agama untuk sosialisasi pemulasaraan jenazah yang terindikasi COVID-19 di Balai Kota Malang pada 11 Agustus 2020. Sosialisasi itu menyusul insiden pengambilan paksa jenazah probable COVID-19 di Rumah Sakit Tentara (RST) Soepraoen, Kota Malang pada 8 Agustus 2020.

"Ada dua langkah (mencegah pengambilan jenazah terulang lagi). Kita kemarin mengumpulkan puskesmas dan lurah. Hari ini para tokoh agama, MUI, NU Muhammadiyah, LDII, FKUB, kita kumpulkan supaya bisa mendakwahi pada umatnya masing-masing," kata Sutiaji di Balai Kota Malang seperti diberitakan kompas.com (12/8/2020).

Menyusul Insiden Ambil Paksa, Wali Kota Malang Sosialisasi Pemulasaraan Jenazah

Pertemuan antara Wali Kota Malang dengan sejumlah pemuka agama serta pimpinan organisasi masyarakat se-Kota Malang tersebut berlangsung sekitar dua jam lebih, dan Wali Kota Malang memberikan paparan tentang bahaya COVID-19.

“Hal ini juga terkait adanya peristiwa penghadangan dan perebutan jenazah probable Covid-19 di salah satu rumah sakit rujukan di Kota Malang pada Sabtu (08/08/2020) lalu. Bahkan video berdurasi 2 menit 42 detik tersebut sempat viral di media sosial. Kami sangat menyesalkan peristiwa yang tidak semestinya terjadi tersebut,” imbuh seperti dukutip dari malangkota.go.id (13/8/2020).

Maka dari itu, Sutiaji mengatakan bahwa seluruh pemuka agama dan ormas hendaknya lebih berperan aktif dalam memberikan pengertian dan pengetahuan bahaya COVID-19 kepada masyarakat serta mempercayakan proses pemulasaraan hingga pemakaman jenazah COVID-19 kepada tim ahli yang terus melakukan pengawalan.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Tangani Jenazah ODP COVID-19?]

"Para petugas yang ditunjuk sudah memenuhi berbagai kriteria, mulai protokol kesehatan hingga bagaimana proses memakamkan jenazah sesuai aturan dalam agama," tegasnya.

Lebih jauh Sutiaji menyampaikan bagi pelaku perebutan jenazah COVID-19 bisa dikenakan sanksi hukum pidana. Hal ini mengacu kepada Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Disiplin Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. "Dari kejadian ini, nanti hukum yang akan dikedepankan dan biarkan para penegak hukum saat ini yang bekerja," paparnya.

Karena ini merupakan kejadian pertama kali, maka setelah kejadian ini pihak Pemkot Malang akan menyusun aturan baru yaitu berupa revisi di Perwal No. 20 tahun 2020. “Dalam aturan ini, tentu akan berkiblat kepada Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020, sehingga aturan hingga sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan lebih jelas lagi,” pungkas Sutiaji.

Read More

Artikel Lainnya

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pande mi.jpg

Pendidikan

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi

26 November 2020, 19:08

Dengan tantangan pandemi COVID-19, Sinarmas World Academic dapat beradaptasi dalam menerapkan kurikulumnya untuk para siswanya walau menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.

Kolaborasi GoPlay dan Citilink Suguhkan Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

Hobi dan Hiburan

GoPlay Dukung Film Maker Independen Indonesia

26 November 2020, 17:09

Layanan ini merupakan bentuk komitmen GoPlay dalam menjadi wadah kreasi bagi para pembuat film independen serta saluran distribusi karya-karya sineas berbakat tanah air.

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

Berita Kawasan

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

26 November 2020, 16:07

Alokasi anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan sarana prasarana guna mengembangkan wisata alam di Kampung Ciharashas, Mulyaharja.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

Kesehatan

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

26 November 2020, 15:07

Layanan Bunga Tanjung yang menjadi pusat pelayanan terpadu kekerasan perempuan dan anak di RSUD Tarakan terpilih sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 3 months, 1 week lalu
    anisa

    QQHARIAN SLOT ONLINE Agen Betting Online Terpercaya Dan Terlengkap Di Indonesia. Cukup 1 User ID aja anda sudah bisa bermain banyak game seruu di dalamnya Dan bisa ambil / klaim promo yang telah di sediakan, Salah satu nya BONUS KEKALAHAN ( WELCOME CASHBACK 100% ) TANPA SYARAT TO / TURNOVER. Info lebih lanjut bisa Hub.CS kami dengan <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">Click Disini Guys</a> :)

  • Rine 3 months, 1 week lalu
    rine

    ayo sini pada merapat... asik main game dapat berbagai macam bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di QQHarian rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>