3.jpg

Bisnis

Menyusuri Lorong Bekas Rumah Kost Menuju Tanaberkah Coffee

Umumnya, kafe atau tempat-tempat nongkrong akan di bangun di pinggir jalan raya agar mudah terlihat oleh pengunjung. Namun di Malang ada sebuah kafe yang menawarkan konsep tersembunyi di dalam area eks kos-kosan. Jangankan membawa mobil, bagi pengunjung yang membawa motor pun harus menuntun motornya terlebih dahulu menyusuri lorong kos-kosan agar bisa masuk ke kafe ini.

Ide out of the box ini ibarat sebilah pedang bermata dua. Di sisi lain bisa membuat pengunjung penasaran akan konsepnya, namun bisa juga membuat pengunjung kesulitan mencari-cari lokasi dari kedai yang tersembunyi ini.

2.jpg

Kafe bernama Tanaberkah ini terletak di Jalan Karya Wiguna 88A, Tegalgondo, Dau, Kabupaten Malang. Lebih tepatnya, kafe ini terletak di belakang kampus UMM (Universitas Muhammadiyah Malang). Buka setiap hari, mulai dari pukul 09.00 pagi hingga 22.00 malam, kedai ini sudah close order pada pukul 21.00 malam.

[Baca Juga: Stuja Coffee, Kedai Kopi Berkonsep Ramah Lingkungan]

Maskipun berada di wilayah yang padat penduduk, namun Tanaberkah berhasil mengusung konsep ‘hijau’ untuk setiap dekorasi kafenya. Nuansa khas perkebunan menjadi hal yang paling menonjol dari kafe ini. Hiasan tumbuh-tumbuhan menjalar di tiap dinding serta beberapa pohon mangga disekitarnya.

1.jpg

Pengunjung bisa bersantai di kursi yang telah disediakan, di pendopo dengan tempat duduk lebih banyak, atau lesehan dengan alas karpet yang telah disediakan. Di Tanaberkah, pengunjung bisa mengerjakan tugas, mengobrol santai, atau sekadar bermain kartu dengan para sahabat dekat.

Menu yang disajikan hanya berupa makanan berat dan minuman, dengan kisaran harga Rp. 10.000,- sampai Rp. 28.000,-. Makanan ringan seperti kentang goreng dan sejenisnya masih belum tersedia karena soft opening. Menu yang cukup direkomendasikan di Tanaberkah adalah es banyu langit.

5.jpg

Menggunakan Dekorasi Klasik

Selain suasana khas perkebunan, Tanaberkah juga mengusung dekorasi klasik dan futuristik. Hal ini dapat dilihat dari bangunan joglo dan ornamen lukisan pada dinding joglo.

Ada kesan lokalitas sekaligus modernitas pada kafe ini. Unsur lokalitas didapat dari dekorasi bangunan yang klasik sekaligus menu-menu legendaris seperti wedang uwuh. Sedangkan sisi modern didapat dari aneka menu kekinian seperti ayam geprek.

6.jpg

Hal unik lainnya yang ada di Tanaberkah adalah upaya sosialisasi bahasa Jawa di dalamnya. Hal itu terbukti lewat penamaan pendopo dengan nama ‘Tombo Ati’ yang berarti obat hati. Hal ini merupakan satu di antara banyak upaya untuk melestarikan bahasa daerah dari ancaman kepunahan.

Tak hanya nama pendopo, bahasa Jawa juga digunakan dalam varian menu. Seperti menu yang bernama banyu langit (air langit). Ada juga beberapa hiasan dinding yang menggunakan kalimat Jawa di dalamnya seperti “Nggak masker, nggak iso ngopi” yang berarti jika tidak menggunakan masker, maka tidak bisa nongkrong sembari menikmati kopi.


Read More

Tanaberkah

Salah satu kafe di Kabupaten Malang dengan konsep out of the box. Untuk menuju lokasi utama, pengunjung akan diajak untuk menyusuri lorong bekas kos-kosan sebelum tiba di kedai Tanaberkah.

None
None

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.