Merancang Rumah Nyaman Tanpa Penggunaan Pendingin Ruangan

Properti dan Solusi

Merancang Rumah Nyaman Tanpa Penggunaan Pendingin Ruangan

Dalam merencanakan pembangunan rumah, tak sedikit orang menggunakan solusi instan untuk mendapatkan rasa nyaman di dalam rumah, seperti dengan menggunakan pendingin ruangan. Akan tetapi, dengan perencanaan yang cermat dan tepat, bukan mustahil jika hunian bisa nyaman tanpa penggunaan AC.

Untuk itu, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, mulai dari menentukan posisi ruang dan bukaan rumah berdasarkan arah, hingga pergerakan sinar matahari. Berikut adalah sejumlah aspek dalam merencanakan rumah nyaman tanpa penggunaan pendingin ruangan, yang PingPoint.co.id rangkum dari sejumlah sumber.

Merancang Rumah Nyaman Tanpa Penggunaan Pendingin Ruangan

  • Kamar Tidur

Agar sinar matahari pagi dapat masuk ke ruang ini, letakkan kamar tidur di sisi Tenggara hingga Timur Laut. Selain baik buat kesehatan, sinar matahari yang masuk ke kamar membuat Anda tidak malas bangun pagi. Sisi ini tidak menerima panas matahari sore, sehingga istirahat malam Anda menjadi nyaman.

[Baca Juga: Yuk, Jadikan Kamar Tidur Nyaman dan Tertata Baik]

  • Ruang Publik

Ruang publik, seperti ruang keluarga, ruang tamu, dan ruang makan sebaiknya berada di sisi Barat Laut atau Barat Daya. Di posisi ini, ruang publik akan mendapatkan penerangan alami yang hangat. Sebaliknya, untuk meminimalisir panas matahari dari sisi Barat, perlu digunakan material peredam panas. Buat juga ventilasi silang (cross ventilation) dengan membuat banyak lubang angin.

Merancang Rumah Nyaman Tanpa Penggunaan Pendingin Ruangan

  • Kamar Mandi

Karena kamar mandi memiliki tingkat kelembapan tinggi, maka ruang ini sangat memerlukan sinar matahari langsung. Untuk itu, posisikan kamar mandi pada sisi Barat atau Timur.

  • Dapur

Sebagai tempat memasak, area ini umumnya memiliki suhu ruang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan dapur di posisi yang minim sinar matahari, yakni di sisi Utara atau Selatan.

  • Bukaan Rumah

Agar mengurangi paparan sinar matahari langsung, letakkan bukaan rumah, seperti seperti pintu atau jendela di sisi Utara atau Selatan. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk meletakkan pintu atau jendela berada di Utara atau Selatan, maka solusinya dapat dengan memasang tirai atau kaca peredam panas.

[Baca Juga: 6 Cara Membuat Kamar Mandi Tetap Bersih]

Selain memperhatikan beberapa aspek di atas, Anda juga dapat mengaplikasikan solusi lain pada beberapa bagian rumah, contohnya ialah kaca film penolak panas yang dipasang pada jendela. Sehingga intensitas cahaya tetap masuk ke dalam rumah, namun hawa panas dapat diredam.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.