Merancang Rumah Nyaman Tanpa Penggunaan Pendingin Ruangan

Properti dan Solusi

Merancang Rumah Nyaman Tanpa Penggunaan Pendingin Ruangan

Dalam merencanakan pembangunan rumah, tak sedikit orang menggunakan solusi instan untuk mendapatkan rasa nyaman di dalam rumah, seperti dengan menggunakan pendingin ruangan. Akan tetapi, dengan perencanaan yang cermat dan tepat, bukan mustahil jika hunian bisa nyaman tanpa penggunaan AC.

Untuk itu, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, mulai dari menentukan posisi ruang dan bukaan rumah berdasarkan arah, hingga pergerakan sinar matahari. Berikut adalah sejumlah aspek dalam merencanakan rumah nyaman tanpa penggunaan pendingin ruangan, yang PingPoint.co.id rangkum dari sejumlah sumber.

Merancang Rumah Nyaman Tanpa Penggunaan Pendingin Ruangan

  • Kamar Tidur

Agar sinar matahari pagi dapat masuk ke ruang ini, letakkan kamar tidur di sisi Tenggara hingga Timur Laut. Selain baik buat kesehatan, sinar matahari yang masuk ke kamar membuat Anda tidak malas bangun pagi. Sisi ini tidak menerima panas matahari sore, sehingga istirahat malam Anda menjadi nyaman.

[Baca Juga: Yuk, Jadikan Kamar Tidur Nyaman dan Tertata Baik]

  • Ruang Publik

Ruang publik, seperti ruang keluarga, ruang tamu, dan ruang makan sebaiknya berada di sisi Barat Laut atau Barat Daya. Di posisi ini, ruang publik akan mendapatkan penerangan alami yang hangat. Sebaliknya, untuk meminimalisir panas matahari dari sisi Barat, perlu digunakan material peredam panas. Buat juga ventilasi silang (cross ventilation) dengan membuat banyak lubang angin.

Merancang Rumah Nyaman Tanpa Penggunaan Pendingin Ruangan

  • Kamar Mandi

Karena kamar mandi memiliki tingkat kelembapan tinggi, maka ruang ini sangat memerlukan sinar matahari langsung. Untuk itu, posisikan kamar mandi pada sisi Barat atau Timur.

  • Dapur

Sebagai tempat memasak, area ini umumnya memiliki suhu ruang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan dapur di posisi yang minim sinar matahari, yakni di sisi Utara atau Selatan.

  • Bukaan Rumah

Agar mengurangi paparan sinar matahari langsung, letakkan bukaan rumah, seperti seperti pintu atau jendela di sisi Utara atau Selatan. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk meletakkan pintu atau jendela berada di Utara atau Selatan, maka solusinya dapat dengan memasang tirai atau kaca peredam panas.

[Baca Juga: 6 Cara Membuat Kamar Mandi Tetap Bersih]

Selain memperhatikan beberapa aspek di atas, Anda juga dapat mengaplikasikan solusi lain pada beberapa bagian rumah, contohnya ialah kaca film penolak panas yang dipasang pada jendela. Sehingga intensitas cahaya tetap masuk ke dalam rumah, namun hawa panas dapat diredam.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.