Tidak Bisa Berenti Makan Kenali Gejala Sindrom Binge Eating Disorder

Kesehatan

Merasa Bersalah Makan Banyak? Kenali Gejala Binge Eating Disorder

Apakah Anda pernah merasa bersalah ketika melahap makanan terlalu banyak? Jika iya, bisa jadi Anda menderita sindrom binge eating disorder atau disingkat BED. Berbeda dengan bulimia yang penderitanya langsung ingin memuntahkan makanan setelah melahap banyak makanan, penderita gangguan makan binge eating disorder malah terus ingin makan ketika dirinya merasa bersalah. Biasanya dengan makan, penderita binge eating disorder merasa nyaman dan tenang.

Meski bisa melanda siapa saja, tapi gangguan makan ini lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki. Jika dibiarkan tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Penderitanya bisa mengalami kelebihan berat badan dan obesitas yang mana merupakan faktor risiko dari berbagai penyakit seperti stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan hipertensi.

[Baca Juga: Tanpa Potong Gaji, Anies Liburkan PNS dengan Gejala Mirip COVID-19]

Selain itu, binge eating disorder juga dapat menyebabkan masalah fisik, mental, dan sosial. Orang dengan kelainan ini cenderung lebih mudah stress, depresi, cemas, insomnia, dan keinginan buruh diri dibandingkan orang dengan pola makan normal.

Adapun beberapa gejalanya dapat dilihat dari sulitnya mengontrol nafsu makan, cara makannya yang jauh lebih cepat dari biasanya, serta menyendiri saat makan agar orang lain tidak tahu seberapa banyak makanan yang Ia konsumsi.

Tidak Bisa Berenti Makan Kenali Gejala Sindrom Binge Eating Disorder

Seseorang dikatakan terkena gangguan makan binge eating disorder jika gejala-gejala di atas muncul setidaknya 1 kali per minggu dalam 3 bulan. Pada binge eating disorder ringan, gejalanya hanya muncul sebanyak 1 sampai 3 kali per minggu. Pada BED berat, gejalanya dapat muncul sebanyak 8 sampai 13 kali per minggu. Sedangkan pada BED yang sangat parah, gejala yang dialami lebih dari 14 kali per minggu.

Untuk menangani sindrom binge eating disorder, penderita bisa melakukan terapi, ataupun berkonsultasi dengan psikolog. Sebab secara umum, tujuan penanganan binge eating disorder difokuskan untuk memperbaiki perilaku makan pasien, meningkatkan rasa percaya diri pasien, membantu pasien memperoleh berat badan ideal, dan mengatasi masalah kesehatan lain yang muncul terkait BED.

[Baca Juga: Epilepsi Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Cara Menanganinya]

Selain psikoterapi, penanganan juga dapat dilakukan dengan pemberian obat. Lisdexamfetamin dimesylate, obat antiepilepsi topiramat, dan golongan obat antidepresan adalah obat-obatan yang dapat digunakan untuk meredakan gejala binge eating disorder.

Namun sebelum mengonsumsi obat tersebut, pastikan dulu Anda telah mengubungi dokter untuk penanganan sindrom ini. Nantinya, dokter akan mengevaluasi kondisi kesehatan secara menyeluruh. Jika terbukti menderita binge eating disorder, dokter akan memberikan penanganan sesuai kondisi pasien.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.