Merasa Cepat Haus Saat Puasa Hindari Makanan Ini Saat Sahur

Kuliner

Merasa Cepat Haus Saat Puasa? Hindari Hidangan Ini Saat Sahur

Berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menahan hawa nafsu Anda dari hal-hal tidak baik, seperti mengkonsumsi makanan tidak sehat saat berbuka dan sahur. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat tentunya akan memengaruhi kegiatan berpuasa Anda.

Misalnya, ada beberapa makanan yang dapat membuat Anda merasa lebih cepat haus atau dahaga saat berpuasa. Jika ingin puasa Anda lebih lancar, ada baiknya menghindari tiga jenis hidangan ini ketika sahur. Penasaran jenis apa saja? Berikut daftarnya.

Resep gorengan nikmat di saat musim hujan Risol Kulit Pangsit

1) Gorengan

Jadi salah satu jenis makanan wajib bulan Ramadan yang harus Anda hindari ketika sahur. Meski rasanya nikmat, jenis makanan goreng dengan minyak banyak yang satu ini dapat menyebabkan rasa kembung dan begah jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, kandungan minyak di dalam gorengan juga membuat proses dahaga meningkat lebih cepat.

Merasa Cepat Haus Saat Puasa Hindari Makanan Ini Saat Sahur

2) Makanan Manis

Bagi orang Indonesia, makanan manis jadi menu wajib yang ada pada saat buka puasa. Selain rasanya nikmat, makanan manis juga dapat mengembalikan energi setelah seharian menahan lapar. Meski begitu, mengkonsumsi makanan manis seperti bubur kacang hijau, ketan hitam saat sahur sangat tidak disarankan.

[Baca Juga: Bakmitopia Ajak Buka dan Sahur Bersama dengan Produk Terbarunya]

Melansir dari healthline.com, pakar nutrisi dari Boston University School of Medicine menyatakan, saat gula masuk ke dalam darah, air akan berpindah dari sel, dan ikut masuk ke dalam darah. Dengan kata lain, sel tubuh yang kekurangan cairan akan langsung mengirimkan sinyal ke otak, bahwa tubuh membutuhkan asupan mineral lebih banyak.

Manfaat Kesehatan Dari Teh Peppermint

3) Teh Manis

Menikmati teh manis hangat sehabis makan sahur memang nikmat, namun kebiasaan ini sebaiknya segera dihindari. Melansir dari foodnetwork.com, dalam Food Science tahun 2010, Universitas Illinois mengungkap bahwa, satu cangkir teh rata-rata mengandung 100-200 miligram kafein yang sama dengan minuman berenergi.

Kandungan kafein dari teh memiliki sifat diuretik yang mempengaruhi proses pencernaan. Maka jangan heran jika Anda sering merasa ingin buang air setelah mengkonsumsi teh di pagi hari. Meski tidak memberikan efek yang signifikan pada proses pencernaan, namun kandungan teh dapat membuat intensitas buang air kecil menjadi lebih sering. Dengan begitu, stok cairan tubuh lebih cepat menurun.

Selama berpuasa usahakan untuk memperhatikan asupan sahur. Perbanyak minum mineral dan makan makanan sehat agar kegiatan berpuasa selama seharian dapat berjalan dengan lancar.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.