Merasa Kepanasan Berikut Penjelasan BMKG Terkait Musim Kemarau Ini

Berita Kawasan

Merasa Kepanasan? Berikut Penjelasan BMKG Terkait Musim Kemarau Ini

Setelah melewati musim hujan beberapa bulan lalu, kini Jakarta akan memasuki musim kemarau tahunan. Belakangan ini suhu Jakarta terasa lebih panas dari sebelumnya, khususnya pada siang hari. Cuaca panas ini terjadi sejak hari pertama Lebaran, tepatnya pada tanggal 24 Mei 2020. Menurut data yang dipaparkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), berdasarkan hasil pengukuran pada lapisan atas atmosfer menyatakan bahwa lapisan bawah atmosfer di beberapa wilayah Indonesia tercatat relatif kering.

[Baca Juga: Tips Merawat Tanaman di Taman pada Musim Kemarau]

Melansir dari BMKG, suasana gerah secara meteorologis disebabkan suhu udara yang panas disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Kelembapan udara yang tinggi menyatakan jumlah uap air yang terkandung pada udara. Dengan kata lain, semakin banyak uap air yang dikandung dalam udara, maka akan semakin lembap hawa udara.

Pemanasan matahari langsung membuat jumlah tutupan awan berkurang, maka dari itu suasana akan terasa semakin gerah, khususnya di siang hari. Berdasarkan data cuaca BMGK dalam 5 hari terakhir ini memaparkan suhu cuaca Indonesia berada dalam kisaran 34°C sampai 36°C. Khususnya di Jabodetabek, pantauan suhu maksimum tertinggi terjadi di wilayah Kemayoran yakni 35°C, Soekarno Hatta 35°C, Tanjung Priok 34,8°C, dan Ciputat 34,7°C. Catatan kelembapan udara juga menunjukkan sebagian besar wilayah Indonesia berada pada tingkat kelembapan tinggi dengan kisaran 80% hingga 100%.

Merasa Kepanasan Berikut Penjelasan BMKG Terkait Musim Kemarau Ini

BMKG juga menyatakan bahwa terhitung sejak pertengahan Mei 2020, sebanyak 35% wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau, diantaranya, sebagian besar wilayah di NTT dan NTB, sebagian Jawa Timur bagian selatan, sebagian Jawa Tengah bagian utara dan timur, sebagian Jawa Barat bagian utara dan timur serta Bekasi bagian utara, Jakarta bagian utara, dan sebagian daerah Papua dan Maluku.

Menanggapi cuaca kemarau, masyarakat diimbau untuk tidak panik. Agar tubuh tetap terjaga dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda cukup minum dan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya mineral seperti buah-buahan secara rutin. Terkait dengan aturan PSBB, usahakan untuk tetap #dirumahaja agar terhindar dari kualitas sinar matahari buruk yang dapat merusak kulit. Jika ada keperluan keluar rumah, gunakan krim atau gel tabir surya agar kulit tetap lembab dan terjaga.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 4 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Gajitoto mempunyai promo New Member 20%, dan masih banyak lagi promomenariknya buruan, tunggu apa lagi hanya di Gajitoto.net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>