karpet

Bisnis

Meraup Rupiah Dari Bisnis Laundry Karpet Menjelang Ramadan

Di Kota Bekasi saat ini sejumlah pengusaha laundry mulai mendapatkan orderan cuci karpet masjid atau mushola yang sebentar lagi akan melaksanakan salat tarawih.

Muhammad Olit, salah satu pengusaha laundry khusus karpet yang sudah berdiri sejak tahun 2018 di Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi mengatakan saat ini menjelang datangnya bulan suci Ramadan pencuciaan karpet masjid dan musala mulai meningkat.

"Udah mulai naik, kemarin udah nerima hampir delapan karpet masjid terus sajadah juga, dua minggu sebelum puasa karpet masjid lumayan banyak yang minta dicuci, tapi nanti ramenya biasanya satu minggu sebelum puasa. Iya buat persiapan tarawih, biar bersih karpetnya," kata Olit kedapa PingPoint.co.id pada akhir bulan Maret.

Menjemur Karpet

Pencucian karpet ditempatnya dilakukan sebanyak empat tahap, yang pertama melakukan pembersihan noda-noda kecil secara manual, kemudian dicuci keseluruhan karpet dengan menggunakan mesin sikat karpet dan detergen kemudian dikeringkan dengan menggunakan mesin pengering.

"Selanjutnya dibersihkan debu dan bulu rambut yang biasanya menempel di karpet, lalu diberi parfum setelah itu di-packing. Lama pengerjaan maksimal tujuh hari,"katanya.

Untuk masalah harga, Olit mematok tarif jasa cuci karpetnya mulai dari Rp10.000 hingga Rp13.000 per meter perseginya, tergantung jenis dan besarnya karpet. untuk karpet berbulu tebal Olit mematok harga Rp13.000 per meternya, untuk karpet jenis persia dan lainya dikenakan tarif Rp10,000.

[Baca Juga: Membuat Karpet Custom Sesuai Keinginan di Overlay Craft]

Sementara untuk karpet masjid atau musala, Olit memberikan diskon khusus bagi pengurus masjid atau musala yang mencuci karpet di tempat usahanya.

"Kalau karpet biasa atau perorangan kami beri harga Rp10.000 sampai Rp13.000 per meternya tidak ada diskon, kalau karpet tempat ibadah kami diskon sampai 30 persen plus kami beri parfum satu liter untuk dipakai nanti," katanya.

Tidak hanya berkah di awal bulan ramadan dimana banyak karpet masjid dan musalah dicuci, kata Olit cucian karpet juga ramai menjelang Hari Raya Idulfitri.

"Kalau sebelum puasa paling banyak dari karpet masjid sama musalah, nah kalau sudah mau mendekati Lebaran itu yang nyuci karpet perorangan, Alhamdullilah jadi ramenya dua kali," katanya.

[Baca Juga: Langkah Tepat Untuk Menyimpan Karpet Permadani]

Saking ramainya yang mau melaundry karpet, Olit terpaksa menolak permintaan pelanggan lantaran dirinya takut tidak bisa tepat waktu untuk menyelesaikan cucian karpet milik pelanggan.

"Empat hari sebelum lebaran itu saya tolak kalau ada yang mau laundry karpet, takut enggak kekejar soalnya tahun lalu juga begitu," kata Olit.

Dari banyaknya cucian kerpet yang datang ke tempatnya, Olit mengaku pendapatnya mulai sedikit meningkat, “Mulai meningkat, mudah-mudahan engga kaya tahun kemarin agak sepi karena sholat di masjid dibatesin kan, sekarang agak naik,” tutup Olit.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.