Bisnis
Merawat Budaya Kuliner Betawi dengan Berjualan Bir Pletok
Banyak komunitas serta otoritas di DKI Jakarta yang terus bergerak untuk mengadakan berbagai acara demi merawat budaya Betawi. Usaha ini dipandang mereka dapat menahan agar budaya Betawi tidak tergerus zaman. Namun sayangnya terkadang langkah tersebut dirasa kurang efektif. Karena itulah ada seorang pria yang terjun ke dunia usaha bir pletok dengan merek Peci Merah dan menjualnya di car free day agar minuman ini terus dekat dengan masyarakat luas.
Pria bernama Chuzaivah Ichsan itu bersama rekan-rekannya menggelar stand di car free day area Bundaran Hotel Indonesia yang menjual berbagai produk khas Betawi dengan produk andalannya adalah bir pletok. Sekadar informasi, bir pletok merupakan minuman asli Betawi yang memiliki campuran jahe, serai dan daun pandang wangi. Minuman ini biasanya dikonsumsi untuk menyegarkan serta menghangatkan badan.
“Zaman dulu, Zaman Belanda, kita sebagai orang Betawi merasa ‘iri’ dengan bir yang diminum orang-orang Belanda karena menghangatkan. Cuman karena kita mayoritas Muslim, kita pengen tapi kita gak bisa minum karena enggak boleh sama agama. Karena itu orang dulu coba racik segala macem rempah, nah kemudian timbul bir pletok,” jelas pengusaha bir pletok Peci Merah tersebut kepada PingPoint.

Pria berusia 39 tahun tersebut menjelaskan bahwa ia memang sudah berkecimpung di dunia wirausaha sebelum menjual bir pletok. Namun Chuzaivah mendapatkan panggilan dari dirinya sendiri untuk membuat kuliner asli Betawi dapat dikonsumsi secara rutin oleh masyarakat umum di Ibu Kota.
“Pengennya punya usaha yang bukan sekedar cari uang. Jualan ini, bir pletok, sekaligus mengangkat tradisi yang lumayan banyak orang enggak tahu. Kedua, (usaha) ini juga sudah banyak yang bantu. Diproduksi, kita melibatkan ibu-ibu sekitar (Condet) untuk mengupas jahe, packaging. Yang jual di beberapa titik lain juga itu teman-teman kita. Arahnya ke sociopreneurship dan mengembangkan tradisi,” jelasnya.
Chuzaivah sadar bahwa dalam bisnis bir pletok untuk saat ini sudah banyak yang mulai berkecimpung. Karena itu ia memandang perlunya inovasi atau hal yang membedakan agar bisnis kulinernya ini tetap bisa berjalan serta diterima masyarakat luas.

“Bagaimana kita mengenalkan kuliner itu sendiri jadi kayak upgrade packaging dan cara jualan kita. Banyak para penjual di komunitas Betawi yang menjualnya secara umum dengan tradisional dan gak kekinian. Kalau kita di car free day kan pakai kostum, di depan kita bawa tulisan agar orang tertarik untuk datang ke tempat kita,” tambahnya.
berita terkait
berita terpopuler
Artikel Lainnya

Kesehatan
Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN
22 January 2021, 18:09
Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Pendidikan
Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun
22 January 2021, 17:12
Seorang mahasiswi UI berhasil meraih gelar doktornya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja dan disinyalir menjadi doktor termuda serta tercepat di universitas tersebut.

Berita Kawasan
Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi
22 January 2021, 17:09
Berbagai kantor kecamatan di daerah rawan banjir di Kabupaten Bekasi akan disiapkan jadi lokasi pengungsian warga korban banjir.

Kesehatan
Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19
22 January 2021, 14:04
Demi mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Pemkot Surabaya menambah fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin Sinovac.