Cegah Penyebaran COVID-19, Pedagang Pasar di Solo Diminta Pakai Masker

Bisnis

Meski Pandemi, Harga Bahan Pangan Bulan Ramadan di Solo Turun

Meski bulan Ramadan tahun ini berlangsung di tengah kondisi pandemi COVID-19, sejumlah harga komoditas pangan di Solo justru mengalami penurunan. Harga bahan pokok seperti telur dan gula menjelang hari raya ini mengalami penurunan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi mengatakan, hal tersebut dikarenakan banyak industri yang menggunakan bahan pokok telur mengalami penurunan produksi. Selain itu penurunan harga gula dikarenakan barang impor yang mulai masuk pasaran.

[Baca Juga: Pedagang Pasar Tradisional di Solo Buka Layanan Pesan Antar]

"Persediaan barang sembako dan gas elpiji di Solo selama bulan Ramadan hingga pasca-Lebaran posisi aman dan cukup," kata Heru, dilansir dari antaranews.com (4/5/2020).

Dia mengatakan pihaknya juga menurunkan petugas untuk memantau pedagang dan pengunjung yang tidak menggunakan masker. Para petugas ini ditempatkan di depan pintu masuk pasar.

"Kami razia masker bagi pedagang dan pengunjung pasar. Karena ini, penting untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata Heru.

Stok Melimpah

Sementara itu menurut sejumlah pedagang di di Pasar Sidodadi Kleco Solo bahwa penurunan harga pangan ini terjadi karena stok yang melimpah. Salah seorang pedagang, Taufik (38), menuturkan penurunan harga telur dan gula dikarenakan stok yang melimpah dan pasokan barang ke pasar yang lancar. Hal ini membuat stok bahan pangan sampai jelang Lebaran masih aman.

Untuk diketahui, penurunan harga untuk dua komoditas tersebut mencapai Rp2.000. Sebelumnya harga telur Rp20.000 per kg, kini menjadi Rp19.000 per kg. Sementara itu, harga gula kini menjadi Rp16.000 per kg. Padahal sebelumnya harga gula mencapai Rp18.000 per kg.

Lumbung Kelurahan Fasilitasi Warga Semarang Menyumbang Sembako

Hal yang sama juga terjadi pada komoditas beras, minyak goreng dan tepung terigu. Untuk harga jual beras kualitas premium di Pasar Sidodadi Solo tergolong stabil, mulai Rp10.500 per kg hingga Rp12.500 per kg. Lalu harga minyak goreng Rp13.000 per kg dan harga tepung terigu berkisar Rp7.500 per kg hingga Rp9.000 per kg.

[Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, Pedagang Pasar di Solo Diminta Pakai Masker]

Seorang pedagang lainnya Sugiarti (52) juga mengatakan harga sayuran di Pasar Sidodadi pada bulan ramadan tahun ini normal, bahkan lebih murah dibandingkan tahun lalu. Persediaan stok pun juga aman karena distribusi dari daerah sentra produksi seperti Boyolali, Karanganyar, dan Salatiga masih lancar.

"Saya berharap wabah COVID-19 ini segera hilang, dan kondisi masyarakat kembali normal beraktivitas," katanya.

Sebagai informasi, harga cabai rawit merah dijual Rp20.000 per kg, cabai keriting Rp15.000 per kg, bawang putih Rp30.000 per kg dan bawang merah Rp40.000 per kg. Lalu harga jual kentang Rp13.000 per kg, kol Rp8.000 per kg, wortel Rp10.000 per kg, dan tomat Rp10.000 per kg.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.