Rekomendasi Aplikasi Populer Untuk Work From Home

Bisnis

Meski Sama-sama di Luar Kantor, Ini Bedanya WFH dan Kerja Remote

Sejalan dengan imbauan penerapan physical distancing untuk mencegah penularan COVID 19, membuat aktivitas kantor mengalami perubahan. Penerapan sistem work from home atau WFH menjadi alternatif kebijakan yang harus dilakukan perusahaan guna mencegah penularan COVID 19.

Meski demikian, model bekerja dari rumah bukanlah sistem yang baru dalam dunia kerja. Jauh sebelumnya, telah ada sejumlah perusahaan yang menerapkan sistem remote working. Meski sama-sama bekerja di luar kantor, ternyata ada perbedaan antara WFH dan remote. Lalu apa perbedaan diantara keduanya?

CEO Campaign.com William menjelaskan dari sisi pola pikir, secara garis besar sistem WFH merupakan model kerja yang membawa budaya kerja kantor yang offline menjadi online. Sedangkan pada sistem Full Remote Work (FRW) adalah budaya kerja yang berorientasi pada online sehingga dalam pelaksanaannya tidak terbatas pada ruang dan waktu.

Meski Sama-Sama Bekerja Di Luar Kantor, Ini Bedanya WFH dan Kerja Remote

“Ini adalah hal tersulit untuk memindahkan pemikiran dari offline ke online. (Pada WFH) pikiran semua offline, bukan offline plus online,” kata William, dalam acara webinar Life After COVID 19: Indonesian Startup Adapts to Full Remote Work Permanently (11/6/2020).

  • Komunikasi

Lalu dilihat dari aspek komunikasi, sistem WFH lebih mengutamakan lisan dan FRW mengutamakan tertulis. “Ini yang saya sadar agak susah karena saya sebagai team leader biasanya dapat laporan, saya banyak ngomong di meetting terus terimanya MOM. Di remote working, kita jauh lebih banyak menulis. Tapi ini adaptasi yang sangat siginifikan,” paparnya.

  • Waktu

Perbedaan yang cukup kontras pada sistem WFH dan FRW yakni pada waktu durasi kerja. Pada sistem WFH, pekerja tetap terikat dengan jam kerja kantor. Sedangkan pada sistem FRW, pekerja bisa bekerja dengan waktu yang fleksibel.

[Baca Juga: Startup Lokal Ini Resmi Permanenkan Sistem Kerja Jarak Jauh]

  • Meetings

Perbedaan keduanya juga dapat dilihat pada pelaksanaan rapat. Rapat saat WFH dilakukan secara lisan atau video call. Untuk durasi rapat pun juga tergolong panjang dan tetap mengharuskan pembuatan MOM. Sedangkan pada sistem FRW, rapat dilakukan secara tertulis dengan menggunakan Slack atau Google Docs.

“Kalau meeting suka berjam-jam dan ada yang datang telat,” katanya.

  • Pengenalan pada tim/ proyek

Pada sistem WFH, banyak proses briefing yang dilakukan secara berulang untuk memperkenalkan tim atau menjelaskan projek. Sedangkan pada sistem FRW, anggota tim bisa langsung diundang ke aplikasi komunikasi yang digunakan untuk dapat mengetahui program yang sedang dikerjakan. Bahkan juga bisa langsung meninggalkan catatan pertanyaan bila ada hal yang kurang jelas.

[Baca Juga: Kerja Di Rumah Saja Tetap Bisa Burn Out, Kenali Tandanya]

  • Psikologis

Secara psikologis, pada sistem WFH pekerja cenderung lebih banyak tekanan. Dengan sistem FRW, dapat mengurangi stress pekerja. Sebab pekerja dapat bekerja menyesuaikan waktu dan kemampuan mereka. Apalagi bagi pekerja perempuan yang sudah berkeluarga dan memiliki anak.

Meski demikian, beberapa perusahaan punya budaya yang berbeda dan bisnis yang berbeda sehingga untuk penerapannya perlu disesuaikan. Menurut hasil riset Gartner Research, sebanyak 74% perusahaan di dunia berencana untuk beralih menjadi full remote secara permanen. Sejumlah perusahaan ternama dunia juga telah memutuskan untuk menerapkan sistem remote, yakni Facebook dan Twitter.

Sementara itu di Indonesia, Campaign.com menjadi Startup pertama yang turut menerapkan sistem remote. Saat ini tim Campaign.com tersebar di 7 kota berbeda dan 56% di antaranya berada di luar Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 7 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 rasakan sensasinya guuuys.....