Meski Tidak Efektif Cegah Virus Corona, Apotek Terus Kehabisan Masker

Kesehatan

Meski Tidak Efektif Cegah Virus Corona, Apotek Terus Kehabisan Masker

Presiden Joko Widodo menyatakan Virus Corona resmi ditemukan pada dua warga negara Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat (2/3/2020). Dia menerangkan, dua pasien tersebut telah dinyatakan positif terjangkit Virus Corona.

Menyusul pengumuman Presiden, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan penggunaan masker untuk menangkal Virus Corona covid-19 hanya berlaku bagi orang yang sakit. "Sesuai standar Badan Kesehatan Dunia (WHO), orang sehat tak perlu menggunakan masker," dia menerangkan.

Namun, sejak Februari, ketika wabah virus ini sudah menjangkau berbagai negara, warga Indonesia juga sudah mulai ramai-ramai memborong masker. Banyak orang sakit yang kesulitan menemukan masker di apotek atau supermarket. Bila pun ada, harganya lebih mahal dari biasanya.

Meski Tidak Efektif Cegah Virus Corona, Apotek Terus Kehabisan Masker

Stok Masker di Apotek

Sejumlah apotek di Perumnas III, Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur kehabisan persediaan masker, stok tidak bisa dipastikan waktu datangnya. Hal tersebut menyusul peristiwa wabah Virus Corona yang sedang melanda saat ini.

Apotek Roxy, salah satunya kehabisan persediaan sudah sejak lama. Terletak di Jalan Pahlawan No 16, apotek ini terkenal lengkap akan ketersediaan obat-obatan di Perumnas III.

Udah lama juga abis. Nggak tau stoknya kapan datang lagi,” kata Eman Sulaiman, Karyawan Apotek Roxy, Bekasi (2/3/2020). “Sekarang-sekarang setiap dateng stok langsung abis, ada langsung abis,” tambahnya.

[Baca Juga: Ilmuwan dari HKUST Temukan Formula untuk Lawan Virus Corona]

Masih dengan apotek nama sama yang di Jalan Setia Mekar, masker tidak ditemukan. Apotek ini tidak berada dalam kawasan Perumnas III, namun jaraknya masih terjangkau dari kompleks perumahan tersebut.

“Semua Apotek Roxy emang maskernya habis. Orang-orang pada beli online sekarang,” kata penjaga keamanan di Apotek Roxy Setia Mekar pada hari yang sama.

Apotek K24 yang berada di Jalan Nusantara Raya pun demikian. Berdasarkan pantauan PingPoint.co.id, apotek yang buka selama 24 jam ini menyisakan masker berbahan kain. Pegawai tidak bisa memastikan kapan stok master tersedia.

[Baca Juga: Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona]

Selain apotek, kondisi serupa akan ditemukan di mini market. Masker tidak terpajang di rak Indomaret dan Alfamart yang berada di Jalan Raya Nusantara. “Sempet ada yang borong, terus nggak tau kapan lagi datangnya,” ujar karyawan Indomaret di Jalan Nusantara.

Stok Datang Tidak Pasti

Pegawai Apotek Melati di Jalan Nusantara menjelaskan masker sudah lama tidak tersedia. Begitu pun Apotek Generik di Jalan Bangka Raya. Karyawan menjelaskan jika selama ini Apotek Generik selalu memesan masker dan stok datang setiap satu pekan. Namun, kini tidak dapat dipastikan waktu datangnya.

Salah seorang warga Perumnas III mengutarakan dirinya sudah mencari masker namun tetap tidak menemukan. “Saya udah cari ke Apotek Roxy sampai Indomaret, Alfamart tapi nggak ada,” ujar Angela Christalia pada Selasa (3/3/2020).

Kominfo Temukan 54 Berita Hoax Tentang Virus Corona

Angela mengemukakan jika tujuannya membeli masker adalah untuk melindungi diri, terutama dari Virus Corona. “Karena corona [mencari masker]. Kalau saya setiap hari emang pakai masker, tapi masker bahan yang saya pakai. Saya nggak tau sih aman apa nggak pakai masker kain,” lanjutnya.

Angela sudah mengecek persediaan masker di e-commerce, tetapi mengurungkan niat untuk membeli lantaran harga masker yang cukup mahal. “Mahal banget [harga masker] di online, lima ratus ribu bukan tiga ratus ribu lagi,” imbuhnya.

Akibat tidak mendapatkan masker, Angela akan tetap mengenakan masker kain untuk beraktivitas sehari-hari, terutama ketika perjalanan menuju ke kantor.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.