Ditolak Balaikota, Para Seniman Diterima Komisi X DPR Terkait Revitalisasi TIM

Berita Kawasan

Meskipun Ditentang Seniman, Jakpro Tetap Lanjutkan Revitalisasi TIM

Polemik proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) nampaknya belum menemui titik terang. Setelah sebelumnya Forum Seniman peduli TIM melakukan Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi X DPR RI untuk menolak revitalisasi TIM, kini kabarnya proyek tersebut akan tetap dilanjutkan.

Hal itu diketahui setelah PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku badan yang diberi wewenang Pemerinta Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta terkait proyek tersebut mengumumkan akan terus melanjutkan revitalisasi kawasan yang selama ini menjadi pusat kesenian di Ibu Kota.

[Baca Juga: Ditolak Balaikota, Para Seniman Diterima Komisi X DPR Terkait Revitalisasi TIM]

"Nggak ada, tetap lanjut dan kini progres sudah berjalan 15 persen," kata Direktur Operasional Jakarta Propertindo (Jakpro) Muhammad Taufiqurrachman seperti dilandir dari antaranews.com (20/2/2020).

Terkait usulan moratorium yang digagas Forum Seniman Peduli TIM beberapa waktu lalu pun tidak dipermasalahkan oleh Taufiq. Menurutnya, pihaknya sudah berkali-kali melakukan komunikasi dengan para seniman di lingkungan TIM, termasuk ke seniman senior seperti Taufik Ismail. Hal itu pun kata Taufiq membantah tuduhan Forum Seniman Peduli TIM yang merasa tidak dilibatkan dalam proyek revitalisasi TIM.

PT Jakpro Tetap Lanjutkan Revitalisai TIM

Selain mengklarifikasi hal tersebut, Taufiq juga meluruskan soal komersialisasi yang menjadi isu terkait proyek ini, salah satunya adalah pembangunan hotel bintang 5 di kawasan tersebut. Menurutnya, PT Jakpro tidak akan membangun Hotel Bintang 5 melainkan wisma 200 kamar untuk para pekerja seni yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

“TIM ini untuk kesejahteraan warga, tidak dikomersilkan untuk kesenian. Kami tidak akan memperdagangkan. Jangan anggap Jakpro sebagai badan usaha milik daerah (BUMD) cari untung dengan memperdagangkan lahan-lahan yang ada di sana. Misi kita kan memberikan tempat yang baik untuk para seniman beraktivitas,” ujarnya.

PT Jakpro Tetap Lanjutkan Revitalisai TIM

Sampai dengan saat ini, PT Jakpro sedang melakukan revitalisasi sejumlah bagian yang berada di area TIM seperti area parkir, pondasi untuk perpustakaan dan dokumentasi HB Jassin serta Masjid Amir Hamzah. Beberapa bagian yang direvitalisasi merupakan bangunan yang sudah tidak layak serta mengancam keamanan.

[Baca Juga: Aplikasi Jakpro Bersih, Solusi Pelaporan Pelanggaran Perusahaan]

“Misalnya, kursi teater tidak layak, pencahayaan, kemudian AC, dinding bocor, banyak kotoran sehingga toilet mampet, dan lainnya. Itu yang sangat tidak layak untuk pentas para seniman. Itu yang kita bersihkan dan kita bangun kembali,” tambah Taufiq.

Taufiq pun menargetkan penyelesaian tahap pertama revitalisasi TIM ini akan selesai pada bulan Juni 2021 mendatang.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 9 months lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke qqharian,club bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>