Meskipun Menjijikan, Ini Manfaat Cacing Tanah Jika Dikonsumsi

Kesehatan

Meskipun Menjijikan, Ini Manfaat Cacing Tanah Jika Dikonsumsi

Bukan hal yang aneh jika Anda jijik memegang cacing tanah, tak hanya itu bahkan hanya sekedar melihatnya saja Anda sudah geli. Bentuknya yang licin memanjang serta menggeliat-geliat di tanah memang menggelikan dan membuat merinding. Untuk memegangnya saja jijik apalagi memakannya.

Namun, tahukan Anda selain untuk menggemburkan tanah atau untuk umpan ketika memancing, cacing memiliki manfaat untuk kesehatan? Tentunya Anda dapat mendapatkan manfaat tersebut dengan cara mengonsumsinya. Dalam artikel kali ini, PingPoint.co.id akan membahas tentang manfaat dari cacing tanah yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Antibakteri

Ekstrak cacing tanah ini sudah sejak lama terkenal sebagai obat tifus yang ampuh, dikarenakan cacing tanah memiliki sifat antibakteri yang baik sehingga mampu melawan bakteri penyebab tifus yaitu bakteri salmonella typhi. Namun pengobatan tifus dengan ekstrak cacing tanah tidaklah bisa dijadikan sebagai pengobatan utama, tindakan medis dan rangkaian pengobatan yang disarankan dokter juga harus tetap dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka pada Kulit

Sifat antibakteri dari cacing tanah juga sangat baik untuk menghindari infeksi pada kulit terluka dan bahaya berkelanjutan yang mengintainya. Selain itu ekstrak cacing tanah juga memiliki asam arakidonat yang ternyata mampu merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru sehingga proses penyembuhan luka akan lebih cepat dan efektif.

3. Penambah Energi

Cacing tanah mengandung 76% protein yang bebarti lebih banyak dari pada yang dimiliki telur. Proteinnya tinggi, tetapi kandungan kalori yang dimiliki cacing tanah justru rendah sehingga sangat baik untuk asupan nutrisi tubuh.

4. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan antibakteri dan asam amino yang tinggi, secara otomatis akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai virus, bakteri dan jamur. Ini akan memberi perlindungan pada tubuh Anda sehingga Anda tidak mudah jatuh sakit. Namun, tentunya harus diimbangi dengan pola hidup sehat seperti, menjaga asupan dengan makanan yang mengandung nutrisi, dan rajin berolahraga.

5. Menjaga Saluran Darah dan Jantung

Kesehatan jantung dan sistem peredaran darah sangat penting, jika dibiarkan tanpa penanganan akan sangat membahayakan bahkan mendekatkan diri pada kematian. Dari manfaat cacing tanah yang telah dijabarkan di atas, cacing tanah juga bermanfaat dalam membantu tubuh untuk melawan bakteri jahat, karena enzim yang dimiliki cacing tanah mampu meluruhkan kolesterol jahat menumpuk dan menyumbat pembuluh darah.

Dari beberapa manfaat di atas apakah Anda ingin mencoba ? Jika Anda ingin mengonsumsi cacing tanah tapi sudah geli terlebih dahulu membayangkan memakannya karena bentuknya, Anda tidak perlu khawatir. Sekarang ini sudah banyak ekstrak cacing yang sudah diproses secara higienis, jadi Anda dapat mengonsumsi ekstrak cacing tanah yang kaya akan manfaat tersebut tanpa rasa jijik.

[Baca Juga: 4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah]

[Baca Juga: Akar Bajakah, Penyembuh Kanker dari Palangka Raya]


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.