Meskipun Menjijikan, Ini Manfaat Cacing Tanah Jika Dikonsumsi

Kesehatan

Meskipun Menjijikan, Ini Manfaat Cacing Tanah Jika Dikonsumsi

Bukan hal yang aneh jika Anda jijik memegang cacing tanah, tak hanya itu bahkan hanya sekedar melihatnya saja Anda sudah geli. Bentuknya yang licin memanjang serta menggeliat-geliat di tanah memang menggelikan dan membuat merinding. Untuk memegangnya saja jijik apalagi memakannya.

Namun, tahukan Anda selain untuk menggemburkan tanah atau untuk umpan ketika memancing, cacing memiliki manfaat untuk kesehatan? Tentunya Anda dapat mendapatkan manfaat tersebut dengan cara mengonsumsinya. Dalam artikel kali ini, PingPoint.co.id akan membahas tentang manfaat dari cacing tanah yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Antibakteri

Ekstrak cacing tanah ini sudah sejak lama terkenal sebagai obat tifus yang ampuh, dikarenakan cacing tanah memiliki sifat antibakteri yang baik sehingga mampu melawan bakteri penyebab tifus yaitu bakteri salmonella typhi. Namun pengobatan tifus dengan ekstrak cacing tanah tidaklah bisa dijadikan sebagai pengobatan utama, tindakan medis dan rangkaian pengobatan yang disarankan dokter juga harus tetap dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka pada Kulit

Sifat antibakteri dari cacing tanah juga sangat baik untuk menghindari infeksi pada kulit terluka dan bahaya berkelanjutan yang mengintainya. Selain itu ekstrak cacing tanah juga memiliki asam arakidonat yang ternyata mampu merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru sehingga proses penyembuhan luka akan lebih cepat dan efektif.

3. Penambah Energi

Cacing tanah mengandung 76% protein yang bebarti lebih banyak dari pada yang dimiliki telur. Proteinnya tinggi, tetapi kandungan kalori yang dimiliki cacing tanah justru rendah sehingga sangat baik untuk asupan nutrisi tubuh.

4. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan antibakteri dan asam amino yang tinggi, secara otomatis akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai virus, bakteri dan jamur. Ini akan memberi perlindungan pada tubuh Anda sehingga Anda tidak mudah jatuh sakit. Namun, tentunya harus diimbangi dengan pola hidup sehat seperti, menjaga asupan dengan makanan yang mengandung nutrisi, dan rajin berolahraga.

5. Menjaga Saluran Darah dan Jantung

Kesehatan jantung dan sistem peredaran darah sangat penting, jika dibiarkan tanpa penanganan akan sangat membahayakan bahkan mendekatkan diri pada kematian. Dari manfaat cacing tanah yang telah dijabarkan di atas, cacing tanah juga bermanfaat dalam membantu tubuh untuk melawan bakteri jahat, karena enzim yang dimiliki cacing tanah mampu meluruhkan kolesterol jahat menumpuk dan menyumbat pembuluh darah.

Dari beberapa manfaat di atas apakah Anda ingin mencoba ? Jika Anda ingin mengonsumsi cacing tanah tapi sudah geli terlebih dahulu membayangkan memakannya karena bentuknya, Anda tidak perlu khawatir. Sekarang ini sudah banyak ekstrak cacing yang sudah diproses secara higienis, jadi Anda dapat mengonsumsi ekstrak cacing tanah yang kaya akan manfaat tersebut tanpa rasa jijik.

[Baca Juga: 4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah]

[Baca Juga: Akar Bajakah, Penyembuh Kanker dari Palangka Raya]


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.