ads
ANCOL_PENDIDIKAN_METODE KARYAWISATA DI TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL_OCI-01.jpg

Pendidikan

Metode Karyawisata di Taman Impian Jaya Ancol

Sistem pelajaran tematik yang diberlakukan di sekolah-sekolah membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan. Misalnya ketika belajar tentang binatang laut, siswa langsung diajak ke Seaworld Ancol, salah satu wahana paling populer di Taman Impian Jaya Ancol.

Metode karyawisata merupakan cara penyajian bahan pelajaran dengan membawa peserta didik langsung pada objek yang akan dipelajari dan objek itu terdapat di luar kelas. Metode karyawisata sering pula disebut dengan nama ”field trip method”(metode study tour atau metode study trip) yang sudah lazim disebut widya wisata. Karya Wisata mempunyai prinsip pengajaran modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam proses belajar mengajar. Metode ini membuat apa yang dipelajari di sekolah lebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan di masyarakat. Pengajaran dengan metode karya wisata dapat lebih merangsang kreatifitas siswa.

Dalam merencanakan tujuan karyawisata, guru perlu menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas, mempertimbangkan pemilihan teknik, penyusunan rencana yang matang, membagi tugas-tugas, dan mempersiapkan sarana. Karena rumitnya persiapan, pihak sekolah biasanya memilih tempat yang mudah dijangkau dan sudah relatif dikenal sehingga memudahkan koordinasi dengan lokasi maupun ketika memberikan penjelasan kepada orangtua murid. Pilihan pun jatuh pada lokasi yang mampu menyediakan one stop recreation seperti Taman Impian Jaya Ancol.

[Baca Juga : Eduwisata Buah Hati di PIK Mangrove]

Seaworld Ancol Jakarta

ANCOL_PENDIDIKAN_METODE KARYAWISATA DI TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL_OCI-02.jpg

Salah satu destinasi favorit bagi keluarga di kawasan wisata Ancol adalah Seaworld Ancol. Di wahana akuarium raksasa ini, pengunjung bisa melihat langsung kehidupan berbagai biota air. Jangan salah, biota air tak sebatas jenis-jenis ikan. Di Seaworld Ancol ada berbagai biota perairan tawar, perairan laut, hewan reptil, maupun hewan mamalia semi aquatic. Anak-anak yang berkarya wisata ke sana bisa belajar tentang hewan laut dengan melihatnya langsung.

Education Guide Seaworld pun akan siap melayani berbagai pertanyaan dari para peserta didik yang ikut berkarya wisata. Bukan hanya menerangkan tentang berbagai jenis hiu, ikan arapaima khas Brazil, sampai lucunya ikan badut ‘Nemo’. Bahkan guide juga bisa bercerita tentang sang ikan raja laut atau Coleacanth yang merupakan ikan purba yang hidup 360 juta tahun yang lalu pun ada di wahana Taman Impian Jaya Ancol ini. Coleacanth sendiri telah dinyatakan punah 60 juta tahun yang lalu, tapi ditemukan kembali di Indonesia ada tahun 1998.

Ocean Ecopark Ancol

ANCOL_PENDIDIKAN_METODE KARYAWISATA DI TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL_OCI-03.jpg

Destinasi favorit untuk berkaryawisata selain di Seaworld Ancol, ada pula Ocean Ecopark Ancol. Di sini, siswa bisa memberi makan kelinci fasilitas Feeding Animal. Di tempat ini tersedia lahan yang luas bagi anak-anak untuk merasakan seperti peternak sungguhan. Mereka bisa bermain-main sambil belajar. Di Feeding Animal tersedia kandang ternak kelinci, kandang ternak kambing, kandang ternak bebek dan lain-lain.

[Baca Juga : Wahana Edukatif di Dufan Taman Impian Jaya Ancol]

Tidak hanya beternak, anak-anak bisa bermain sambil belajar di fasilitas Learning Farm dan juga kebun sayur organik. Yang ingin mengenali tanaman langka juga bisa dilakukan disini. Ada ribuan pohon langka semisal eboni, trembesi, mahoni, dan lainnya. Ocean Ecopark Ancol memberikan eco-learning dan eco-wisata yang menawarkan edutainment melalui konsep green lifestyle dengan dilengkapi berbagai sarana yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan terhadap lingkungan. Ocean Ecopark ditata dengan konsep memperkaya elemen natural ini akan menjadi salah satu jendela bagi masyarakat perkotaan tentang potensi keragaman hayati Indonesia.

Dua tempat ini semakin mengukuhkan Taman Impian Jaya Ancolsebagai kawasan rekreasi yang sarat akan edukasi. Layak sebagai tujuan karyawisata siswa-siswa di seluruh Jakarta dan sekitarnya.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  12 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  30 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  12 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads