BEKASI-PENDIDIKAN-MGMP KABUPATEN BEKASI ADAKAN GEBYAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA 2018-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

MGMP Kabupaten Bekasi Adakan Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia 2018

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Kabupaten Bekasi pada Sabtu (17/11) mengadakan Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia 2018 di Al-Azhar 18 Grand Wisata, Kabupaten Bekasi. Acara ini bertajuk “Budaya Santun Berbahasa Indonesia Cermin Literasi Bangsa yang Besar”. Ini merupakan perhelatan literasi tahunan dalam rangka bulan bahasa di Kabupaten Bekasi. Karena beberapa alasan, acara perdana MGMP ini terpaksa harus dilaksanakan pada bulan November, di mana bulan bahasa seharusnya terselenggara pada bulan Oktober.

Pada acara ini terdapat empat kegiatan yang dilaksanakan secara bersamaan, yaitu Menulis dan Membacakan Berita, Cerdas Cermat Bahasa Indonesia, Musikalisasi Puisi, dan Bimtek Guru Abad 21. Untuk Lomba Membacakan Berita dan Cerdas Cermat Bahasa Indonesia dilaksanakan tertutup dalam ruangan, sedangkan Musikalisasi Puisi dilasanakan terbuka di lapangan indoor Al-Azhar 18.

[Baca Juga: 3 Tempat Belajar Bahasa Korea di Jatiasih Bekasi]

Lomba Musikalisasi Puisi ini diikuti 21 peserta dari SMA yang ada di Bekasi. Masing-masing peserta diberikan kesempatan membawakan dua puisi yang telah ditetapkan panitia, jumlahnya ada lima puisi. Satu puisi wajib adalah Pahlawan tak Dikenal karya Toto Sudarto Bachtiar dan empat puisi pilihan lainnya adalah Dipenogoro karya Chairil Anwar, Doa karya Amir Hamzah, Cinta yang Agung karya Kahlil Gibran, Di sini karya Acep Zamzam Nur.

Menurut Muhammad Iqbal, salah satu juri yang datang dari Konsorsium Bahasa dan Seni (Sanggar Besi), juri memiliki beberapa kriteria penilaian, yaitu penampilan, vokal, interpretasi, harmonisasi, dan kreativitas. Namun menurutnya, setiap juri tentu memiiki penilaian tersendiri terhadap peserta, “Misalnya, puisi yang dibawakan peserta harus sesuai dengan puisi aslinya. Tidak boleh dikurangi maupun ditambahkan. Kalau ada yang terlewat, satu kata saja tentunya akan memengaruhi penampilan. Beda hal dengan juri lain yang memiliki pendapat serta teori lainnya,” ujarnya saat ditemui PingPoint.co.id pada acara Gebyar Bahasa dan Sastra Bahasa Indonesia 2018, Bekasi (17/11).

Lalu acara utama kegiatan ini adalah Bimtek Guru Abda 21, yaitu sebuah pelatihan untuk guru agar cara mengajarnya lebih baru dan atraktif. Guru yang hadir akan diajarkan membuat video untuk bahan ajaran dikelas, mulai dari story line, dan proses pembuatannya. Latihan ini didukung Sanggar Ananda yang akan dilatih langsung oleh Aditya Gumay, sutradara sekaligus pemilik sanggar.

[Baca Juga: Belajar dan Melestarikan Seni Indonesia di Sanggar Ayodya Pala]

Sebelum serangkaian acara ini ditutup, Dedies Putra Siregar dan Sanggar Besi yang menjadi juri menampilkan kebolehannya untuk membawakan musikalisasi puisi. Kemudian, serangkaian acara ini ditutup oleh pengumuman pemenang lomba.

(MGMP) Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Kabupaten Bekasi

Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia 2018 sebagai acara pertama yang dilaksanakan oleh MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia Kabupaten Bekasi ini menghasilkan 16 pemenang, yaitu:

Lomba Membaca Berita

  • Juara I SMAN 1 Tambun Selatan
  • Juara II SMA Presiden
  • Juara III SMA Pusaka Nusantara
  • Juara Harapan I SMAN 5 Tambun Selatan
  • Juara Harapan II SMAN 1 Cibarusah
  • Juara Harapan III SMAN 1 Cikarang Pusat

Lomba Cerdas Cermat

  • Juara I SMAN 2 Tambun Selatan
  • Juara II SMA Kristen Anglo
  • Juara III SMAN 2 Cikarang Pusat
  • Juara Harapan I SMK Yapink 02 Setu

Lomba Musikalisasi Puisi

  • Juara I SMA Presiden
  • Juara II SMA 5 Tambun Selatan
  • Juara III SMA Al-Azhar 18
  • Juara Harapan I SMAN 1 Tambun Selatan
  • Juara Harapan II SMAN 2 Cikarang Pusat
  • Juara Harapan III SMAN 1 Setu

Ke depannya, MGMP Kabupaten Bekasi akan mengadakan kompetisi teater untuk taraf SMA. Harapannya, acara ini dan acara yang mendatang dapat membuat para siswa berbudaya santun dengan Bahasa Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.