Mie Glosor, Menu Buka Puasa Populer di Bogor 2.jpg

Kuliner

Mie Glosor, Menu Buka Puasa Populer di Bogor

Sudahkah Pointers memikirkan akan berbuka dengan apa besok? Pointers bosan dengan menu berbuka yang itu-itu saja? Mungkin Pointers harus mencoba menu buka puasa yang sangat populer di Bogor satu ini.

Mie Glosor, Menu Buka Puasa Populer di Bogor 4.jpg

Indonesia memang memiliki banyak sekali keanekaragaman makanan khasnya, tidak terkecuali makanan khas berbuka puasa di berbagai daerah. Salah satunya mie glosor, makanan satu ini sangat populer sebagai menu berbuka puasa di Bogor. Mayoritas warga Bogor menyajikan Mie Glosor sebagai salah satu menu berbuka puasanya. Tidak heran, saat bulan Ramadan datang banyak bermunculan penjual mie glosor yang bisa ditemui, baik di pinggir jalan atau di pasar-pasar.

[Baca Juga: Kuliner Murah Bogor yang Wajib Dicoba, Rasa Dijamin Nggak Murahan]

Mie glosor sendiri sudah muncul di Bogor sejak tahun 1990-an awal, dan sebetulnya mie glosor bukan berasal dari Bogor melainkan dari Sukabumi. Namun, seiring berjalannya waktu mie glosor semakin terkenal dan banyak diminati oleh masyarakat Bogor.

Nama mie glosor berasal dari kata ‘glosor’ yang berarti perosotan. Nama ini diberikan karena tekstur mi yang licin dan mudah ditelan dalam bahasa sunda. Jika mi pada umumnya terbuat dari tepung terigu, mie glosor ini terbuat dari tepung singkong atau aci yang dicampurkan dengan kunyit sehingga menghasilkan tekstur licin. Dari segi tampilan pun berbeda, jika pada umumnya mi memiliki bentuk bergelombang, mie glosor memiliki bentuk lurus memanjang dengan warna kuning terang.

Mie Glosor, Menu Buka Puasa Populer di Bogor 1.jpg

Mie Glosor, Menu Buka Puasa Populer di Bogor 3.jpg

Di Bogor, mie glosor banyak dijual dalam keadaan mentah, sehingga Pointers bisa membuat mie glosor sendiri di rumah. Tapi, tidak sedikit juga yang menjual mie glosor dalam keadaan sudah matang. Jika Pointers ingin membeli mie glosor yang sudah matang, Pointers bisa datang ke pasar takjil atau tempat-tempat di pinggir jalan yang menjual aneka hidangan berbuka. Selain memiliki tekstur licin, mie glosor juga memiliki cita rasa yang gurih, kenyal, dan lembut.

Mie Glosor, Menu Buka Puasa Populer di Bogor.jpg

Untuk penyajiannya, mie glosor biasanya disajikan dengan sambal kacang dan gorengan. Bisa juga dinikmati dengan kerupuk sagu berukuran besar sebagai pelengkapnya. Mie glosor juga bisa dibuat kreasi yang lain, seperti pelengkap pempek.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.