Veneer Miliki Gigi Putih Bersinar Bak Krisdayanti

Kesehatan

Miliki Gigi Putih Bersinar Seperti Milik Krisdayanti dengan Veneer

Memiliki gigi bersinar seperti Krisdayanti adalah dambaan banyak orang. Pasalnya, gigi putih akan membuat percaya diri karena penampilan senyum serta tawa Anda menjadi lebih bersih dan menarik. Tak heran para artis melakukan perawatan kecantikan gigi dengan veneer. Bahkan tak sedikit pula kaum Adam melakukan prosedur medis ini, bertujuan untuk memperbaiki penampilan gigi serta menutupi kecacatan pada gigi, seperti bentuk, warna, dan ukuran gigi yang tidak sesuai dengan keinginan pasien.

Menurut drg. Rahima Nur Hayati kepada PingPoint.co.id (8/10/2019), veneer umumnya terbuat dari resin atau porselen, dan akan menempel secara permanen pada gigi. Berbeda dengan implan gigi atau crown gigi, veneer hanya menutupi bagian depan saja, tidak mengganti gigi seluruhnya. Implan gigi mengganti gigi hingga ke akarnya, sedangkan crown gigi menutupi seluruh bagian mahkota gigi, tidak hanya bagian depan saja. “Veneer salah satu metode medis untuk memperbaiki penampilan gigi, biasanya banyak dilakukan tuh karena alasan estetis,” ujar Rahima.

Veneer Miliki Gigi Putih Bersinar Bak Krisdayanti

Melansir dari alodokter.com yang ditinjau oleh dr. Tjin Willy (23/3/2018), prosedur pemasangan veneer gigi pada pasien dapat dilakukan dengan cara prep maupun no-prep atau minimal prep. Pada pemasangan veneer gigi prep, bagian gigi yang akan dipasang veneer akan digerus terlebih dahulu hingga mencapai lapisan bawah enamel gigi agar veneer terpasang dengan baik. Gigi yang digerus akan berubah bentuknya secara permanen dan seringkali prosedur ini cukup menyakitkan, sehingga harus dibantu dengan anestesi atau bius lokal. Sedangkan pemasangan veneer gigi no-prep hanya mengubah sedikit enamel gigi dan tidak sampai menggerus bagian bawah enamel gigi. Pemasangan veneer gigi no-prep tidak memerlukan anestesi lokal.

Pada dasarnya pasien menyesuaikan keadaan baru, mungkin awalnya pasien akan merasa tidak nyaman. Rahima pun menambahkan, “biasanya itu pasien akan merasa ngilu yah, karena bagian dari email gigi itu kan diasah, itu aja biasanya yang paling banyak dikeluhkan pasien,” lanjut Rahima.

[Baca Juga: 5 Kegunaan Lain Dari Pasta Gigi]

Tak sekedar untuk alasan kosmentik dan memperbaiki penampilan, indikasi veneer gigi juga dapat dilakukan bila terjadi hal-hal berikut pada gigi:

  • Gigi patah atau rusak
  • Rongga antar gigi yang tidak seragam
  • Gigi runcing atau berbentuk tidak wajar
  • Gigi yang lebih kecil dari gigi sekitarnya
  • Perubahan warna pada gigi yang tidak dapat dihilangkan dengan pemutih gigi

Perlu diingat bahwa prosedur veneer gigi merupakan prosedur ireversibel. Artinya, jika selama prosedur veneer gigi ada perubahan bentuk gigi, perubahan tersebut tidak dapat dikembalikan seperti semula. Risiko lainnya adalah gigi yang ditempelkan veneer akan lebih sensitif dari gigi lainnya, dikarenakan karena pengikisan enamel. Tak hanya itu, veneer juga dapat mengalami kerusakan seperti gigi lainnya, serta tak bisa sembarangan dipasangkan pada tiap orang. Antara lain dalam kasus-kasus berikut:

  • Orang yang giginya tidak sehat, seperti penderita penyakit gusi
  • Orang yang enamel giginya sudah tergerus, sehingga tidak bisa dipasang veneer
  • Orang yang giginya rapuh diakibatkan oleh pembusukan, patah, atau adanya tambalan gigi yang cukup besar

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Sosialisasikan Kesehatan Gigi dan Mulut]

Rahima memaparkan, veneer porselen umumnya dapat bertahan hingga 10-15 tahun. Sedangkan veneer komposit dapat bertahan selama 5-7 tahun. “Pantangan setelah veneer, pasien harus menghindari hal-hal yang bisa merusak veneernya,” tandasnya. Untuk menjaga umur veneer, pasien bisa menerapkan langkah-langkah pemeliharaan, seperti:

  • Usahakan untuk tidak mengunyah makanan menggunakan gigi depan.
  • Jangan menggunakan gigi untuk membuka bungkusan.
  • Jangan mengunyah benda keras, seperti es
  • Hilangkan kebiasaan buruk menggigiti pensil
  • Jaga gigi pada saat berolahraga dengan mengenakan pelindung mulut

Selain menerapkan beberapa langkah di atas untuk merawat veneer gigi, Anda juga perlu memerhatikan asupan makanan-minuman Anda yang sekiranya dapat meninggalkan noda seperti teh, kopi, atau bahkan kebiasaan merokok. Bukannya tidak boleh mengonsumsinya hanya mengurangi atau segera sikat gigi setelah makan dan minum tersebut. Tak hanya untuk gigi, menjaga asupan Anda sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Veneer Miliki Gigi Putih Bersinar Bak Krisdayanti

Melakukan perawatan atau perubahan untuk kecantikan gigi yakni veneer janganlah di sembarang tempat. Gigi dan gusi terdapat saraf yang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh manusia. Jadi, lakukkanlah pada ahli dan dokter di klinik terpercaya.

Anda bisa konsultasikan kepada dokter dan ahli gigi terpercaya sebelum melakukan prosedur medis ini. Tidak perlu bingung untuk memiliki gigi bersinar dan mengilap, Anda bisa ke Nila Kresna (NK) Dental Care (DC) yang memiliki cabang dimana-mana. Bila Anda tinggal di daerah Jakarta Timur Anda bisa ke NK DC di Plaza Pondok Gede, dan berkonsultasi dengan tenaga medis ahli atau dokter-dokter, salah satunya drg. Rahima Nur Hayati.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.