Miliki Pola Makan Sehat Saat Lebaran dengan Cara Ini

Kesehatan

Miliki Pola Makan Sehat Saat Lebaran dengan Cara Ini

Tak terasa Idulfitri sebentar lagi akan tiba. Di hari kemenangan ini biasanya diisi dengan beragam kegiatan, diantaranya bersilaturahmi dengan keluarga besar. Setelah kegiatan ini selesai, biasanya hidangan khas Lebaran sudah menunggu di atas meja. Setelah menjalani puasa selama satu bulan penuh, melihat banyak makanan lezat membuat Anda lapar.

Namun, jangan sampai rasa lapar atau keinginan Anda untuk menyicipi semua kuliner menguasai. Pasalnya, di balik kenikmatan hidangan lebaran ada risiko kesehatan yang menanti Anda. Biasanya hidangan lebaran dibuat dengan menggunakan santan, minyak, dan gula dalam jumlah tinggi.

Mengonsumsi hidangan lebaran terlalu berlebihan bisa memicu masalah pencernaan. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar mengatur makanan yang Anda konsumsi agar tetap sehat.

[Baca Juga: Tips Mencegah Berat Badan Melonjak Setelah Lebaran]

Agar mencegah terjadinya masalah kesehatan, penting untuk dapat mengontrol pola makan saat hari raya. Berikut tips sehat merayakan Hari Raya Idulfitri, melansir dari thehelathsite.com (23/5/2019).

1. Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berlemak

Hidangan lebaran memang didominasi dengan santan dan minyak, maka dari itu Anda sudah harus membatasinya sejak awal. Jika Anda sudah terlalu banyak makan makanan bersantan di pagi atau siang hari, hindari makan-makanan dengan kalori tinggi saat malam hari. Perbanyak makan buah dan sayur. Makaknan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi biasanya susah dicerna tubuh.

2. Ganti Dengan Bahan yang Lebih Sehat

Jika hidangan lebaran Anda yang mengelola, ganti beberapa bahan agar lebih sehat dan rendah lemak. Pilih daging yang memiliki sedikit lemak, kurangi penggunaan gula dan anti minyak sayur dengan minyak yang lebih sehat. Selain itu, perbanyak hidangan sayuran.

3. Kurangi Garam

Jika Anda sudah mengganti semua bahan dengan bahan yang lebih sehat, ganti bumbu yang biasa Anda gunakan dengan bahan yang yang lebih sehat seperti, peterseli, rosemary, coriander, lada dan perasan lemon. Perpaduan bahan ini akan membuat cita rasa makanan Anda lebih kaya dan juga nikmat. Bumbu tersebut juga mengandung antioksidan, vitamin, mineral dan minyak alami yang mengandung zat antibakteri

4. Perhatikan Metode Memasak

Pastikan pula metode memasak yang Anda gunakan tepat dan lebih sehat. Dibandingkan menggoreng, ada baiknya Anda membakar atau memanggang. Perhatikan pula waktu merebus sayuran, jangan merebus terlalu lama karena bisa menghilangkan vitamin yang ada di dalamnya.

5. Kurangi Porsi Makan

Walau hidangan Lebaran terlihat sedap dan menggoda, jangan mengonsumsinya berlebihan. Makan perlahan dengan porsi yang sedikit-sedikit namun jangan juga terlalu sering. Hal ini dilakukan agar tubuh Anda memroses makanan lebih mudah, sehingga proses pencernaan lebih lancar. Jangan lupa untuk memberi jeda antar jam makan sekitar 3 jam.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Itulah beberapa trik sehat yang bisa Anda lakukan ketika Lebaran. Jangan makan berlebihan dan tetap ingat kesehatan Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.