Misteri Suara Rintihan dari Bekas Konstruksi Gedung Arsip di TIM

Berita Kawasan

Misteri Rintihan dari Konstruksi Gedung Arsip Taman Ismail Marzuki

Jika Anda termasuk orang yang sering mengunjungi kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, maka Anda kemungkinan tidak asing dengan salah satu bangunan yang terlihat terbengkalai di dekat Teater Jakarta. Bangunan bekas konstruksi itu juga kerap dijadikan area tempat parkir bus pariwisata untuk rombongan yang tengah berkunjung. Namun ternyata ada misteri yang membayangi bangunan itu yang hingga kini ternyata acap kali memicu cerita mistis.

Pengalaman mengenai cerita horor dari gedung terbengkalai itu PingPoint.co.id ketahui ketika mendengar pengalaman para pekerja di Taman Ismail Marzuki. Salah satunya adalah dari seorang petugas keamanan yang sudah bekerja di sini sejak tahun 2009. Ia mengaku pernah mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan saat ia patroli di sekitar area Taman Ismail Marzuki saat jaga malam.

Misteri Suara Rintihan dari Bekas Konstruksi Gedung Arsip di TIM

“Di sana tuh pak (sambil menunjuk ke arah gedung bekas konstruksi) dekat perpustakaan yang kelihatan ada bekas bangunan belum jadi. Suka ada ada yang aneh di sana. Saya dulu pernah lagi lewat gedung itu pas lagi jaga malam, terus denger ada suara orang nangis sama kayak kesakitan gitu,” ujar petugas keamanan yang meminta untuk tidak disebutkan namanya itu kepada PingPoint.co.id (24/10/2019).

Hal yang sama juga diceritakan oleh salah satu anggota Badan Pelaksana Taman Ismail Marzuki. Pria yang sudah bekerja sejak tahun 2014 itu menjelaskan, hal-hal yang paling sering dialami dirinya dan rekan kerjanya di gedung terbengkalai itu adalah saat sesudah waktu magrib dan di momen Taman Ismail Marzuki dalam keadaan sepi.

[Baca Juga: Aura Mistis Toko Merah Kota Tua Jakarta]

“Saya paling inget itu, pas saya jalan di situ abis dari perpustakaan. Terus denger suara orang minta tolong sama teriak kesakitan, saya langsung lari pak. Sering juga, temen saya ngeliat ada penampakan aneh gitu deket situ. Banyak yang bilang ini tuh kuli yang dulu meninggal di sini,” tuturnya.

Ternyata memang pada tahun 2014 terjadi insiden yang memicu konstruksi bangunan gedung arsip Taman Ismail Marzuki itu terhenti dan menyebabkannya hingga kini lima tahun kemudian tetap terbengkalai. Berdasarkan penelusuran, kala itu ada sembilan pekerja konstruksi yang tengah melakukan pengecekan terhadap jembatan yang nantinya akan menghubungkan antara gedung arsip dengan perpustakaan.

[Baca Juga: Menara Saidah, Gedung Tua yang Dibayangi Kisah Mistis]

Namun saat itu, disinyalir jembatan yang memiliki panjang 12 meter dan tinggi sembilan meter itu masih dalam kondisi basah hasil dari pengecoran. Mendadak jembatan tersebut roboh, secara refleks, lima pekerja pun melompat untuk menyelamatkan diri yang menyebababkan mereka cedera berat pada bagian tulang kaki dan tangan.

Nahasnya, saat itu ada empat pekerja yang berada di tengah jembatan yang tidak sempat melompat. Alhasil mereka itu terjatuh bersama jembatan itu dan tertimpa material konstruksi dengan cor yang sudah mengeras. Insiden itu pun menyebabkan keempat pekerja tersebut meninggal dunia. Itulah yang diduga menjadi latar belakang kisah misteri suara rintihan di konstruksi Gedung Arsip, Taman Ismail Marzuki.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.