Mitos dan Fakta Tentang Paket Pengecekan DNA

Kesehatan

Mitos dan Fakta Tentang Paket Pengecekan DNA

Jika Anda ingin tahu dari mana leluhur Anda berasal atau khawatir tentang penyakit yang mungkin Anda alami, paket tes DNA melalui pos membuatnya mudah untuk mendapatkan jawaban. Ada banyak pilihan perusahaan internasional yang menawarkan layanan paket cek DNA via pos ini dengan mengirimkan sampel air liur Anda atau swab di bagian pipi Anda. Masalahnya adalah, "fakta" yang Anda pelajari dari hasil tes yang juga dikirimkan via pos itu ternyata tidak terlalu faktual.

[Baca Juga: Tes DNA untuk Tentukan Bagaimana Sih Gen Gemuk Anda?]

Diambil dari artikel di realsimple.com (4/10/2019), berikut mitos-mitos seputar paket pengecekan DNA yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1) Mitos: Prediksi Peluang Penyakit

Tes-tes ini mencari informasi dalam gen Anda yang menunjukkan tinggi rendahnya risiko Anda untuk mendapatkan penyakit tertentu, seperti Alzheimer atau kanker. Namun, layanan cek DNA semacam ini tidak tahu apakah Anda akan mendapatkannya. Mereka bahkan tidak bisa benar-benar memberi tahu peluang Anda untuk itu. Hal-hal lain, seperti gaya hidup atau kebiasaan Anda, memengaruhi risiko terkena penyakit juga.

2) Mitos: Tutupi Semua Kondisi

Bidang genetika berkembang dengan cepat, tetapi tidak terlalu banyak variasi tes yang tersedia. Jadi, kemungkinan Anda hanya akan mendapatkan informasi tentang kondisi tertentu yang lebih umum, tapi tidak mendapatkan penyakit spesifik Anda khawatirkan.

3) Mitos: Memetakan Pohon Keluarga

Setiap perusahaan memiliki database sampel sendiri dari orang-orang yang tinggal di berbagai wilayah di dunia, dan mereka mencocokkan sampel Anda dengan yang lain dalam database. Jadi hasil Anda tidak akan mencakup semua orang di dunia ini, mereka hanya akan menyertakan orang yang telah diuji perusahaan layanan tes DNA yang Anda pilih.

Mitos dan Fakta Tentang Paket Pengecekan DNA

4) Mitos: Info yang Sama untuk Saudara Kandung

Setiap orang mendapat 50 persen DNA mereka dari masing-masing orangtua kandung, tetapi apa yang ada di setiap setengahnya bisa berbeda. Jadi benar-benar mungkin bahwa Anda mendapatkan lebih banyak DNA Eropa ibu Anda dan saudara perempuan Anda mendapatkan lebih banyak DNA Asia-nya. Tambahkan ayahmu ke dalam campuran, dan segala sesuatunya menjadi lebih rumit. Sama seperti saudara kandung yang tidak selalu mirip, DNA mereka mungkin juga tidak sama.

5) Mitos: Kebutuhan Nutrisi

Beberapa perusahaan pengujian menawarkan saran khusus untuk suplemen makanan berdasarkan hasil tes DNA. Beberapa bahkan mencoba menjualnya kepada Anda. Tetapi tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa tes genetik dapat memberi Anda informasi yang berguna tentang pilihan itu atau pilihan makanan.

6) Mitos: Efek Racun

Tidak semua orang yang merokok terkena kanker, dan beberapa perusahaan pengujian DNA menyarankan bahwa alasannya ada pada gen Anda. Mungkin, setidaknya sebagian, tetapi tidak ada ilmu yang kuat yang membuktikan tes genetik dapat memberi tahu Anda seberapa baik tubuh Anda mengatasi pengaruh lingkungan.

7) Mitos: Tarif Asuransi

Hukum ada untuk melindungi Anda dari ditolak asuransi kesehatan atau dikenakan biaya lebih banyak. Tetapi undang-undang itu tidak berlaku untuk asuransi jiwa, asuransi cacat, atau asuransi perawatan jangka panjang. Itu berarti ada kemungkinan hasil tes genetik Anda dapat digunakan perusahaan yang menjual jenis asuransi tersebut.

Mitos dan Fakta Tentang Paket Pengecekan DNA

8) Mitos: Peraturan Pemerintah

Sebagian besar tes ini dilakukan secara pribadi dan dapat dijual kepada Anda tanpa bukti bahwa tes itu berfungsi seperti yang diiklankan. Itu mungkin segera berubah. Di Amerika Serikat (AS) yang tengah marak dengan tes DNA semacam ini, pihak Food and Drug Administration atau Badan Pengawas Obat dan Makanan telah menyiapkan pedoman untuk tes genetik ini.

9) Mitos: Semua Tes Sama

Meskipun tidak ada perusahaan pengujian yang dapat menjamin bahwa informasi yang diberikan kepada Anda 100 persen akurat, beberapa lebih baik daripada yang lain. Jika Anda memutuskan untuk mencoba tes DNA di rumah, cari yang memenuhi standar AS yang disebut Amandemen Peningkatan Laboratorium Klinis atau CLIA, dan periksa untuk melihat apakah tes telah disetujui FDA.

10) Mitos: Keamanan Informasi Pribadi

Baca cetakan kecil. Sebagian besar perusahaan berupaya untuk menjaga data pribadi Anda tetap aman, tetapi itu dapat berarti hal yang berbeda. Pastikan Anda memahami data apa yang mereka kumpulkan dan siapa yang akan melihatnya.

[Baca Juga: Cek Kesehatan Jantung dengan Cardiac Catheterization]

Tes DNA di rumah bisa menghibur, meskipun itu tidak selalu akurat. Tetapi mereka juga bisa menyebabkan stres. Kadang-kadang tes genetik mengungkapkan kejutan yang tidak terlalu bahagia, seperti anggota keluarga yang tidak berhubungan dengan Anda atau kemungkinan bahwa Anda akan mendapatkan kondisi penyakit tertentu. Anda mungkin berbicara dengan konsultan genetika sebelum memutuskan tes DNA. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, cari konsultasi pakar untuk membantu memahami hasilnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.