MMA Dorong Brand Lokal Geser Fokus Media Pemasarannya

Bisnis

MMA Dorong Brand Lokal Geser Fokus Media Pemasarannya

Organisasi nirlaba global Mobile Marketing Association atau MMA memandang di era digital saat ini masih banyak brand lokal Indonesia yang lebih fokus pemasarannya menggunakan media tradisional. Karena itulah menurut MMA para pelaku usaha lokal di Tanah Air butuh edukasi dan dorongan agar menggeser fokus pemasarannya ke arah digital marketing. Langkah ini dipandang guna memperluas cakupan target konsumen mereka sekaligus bersaing dengan perusahaan multinasional.

Brand-brand multinasional sudah banyak mengadopsi pemasaran digital tapi kalau brand-brand lokal masih menggunakan traditional media kayak TV, cetak, dan radio. (Mereka-red) bergerak ke arah digital marketing-nya masih pelan,” ungkap Program Director APAC MMA Azalea Aina kepada awak media di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat (19/6/2019).

MMA Dorong Brand Lokal Geser Fokus Media Pemasarannya

Melihat fenomena tersebut, MMA Indonesia pun ingin mengedukasi para pelaku usaha serta pemasar lokal Tanah Air mengenai pentingnya pemasaran digital, khususnya pemasaran dengan media targetnya adalah pengguna ponsel pintar atau mobile marketing.

[Baca Juga: Kemacetan Jakarta Picu Google Indonesia Raih Penghargaan Smarties]

Edukasi yang sejauh ini telah dilakukan MMA Indonesia dengan langsung mendatangi para pelaku usaha tersebut. Kemudian organisasi nirlaba global itu mengundang mereka ke acara seperti MMA Smarties on Silver Screen demi memperlihatkan kesuksesan perusahaan-perusahaan yang telah menggunakan metode mobile marketing.

Sekadar informasi, MMA cabang Indonesia baru diresmikan pada awal tahun 2019 dan ini dipicu dengan semakin banyaknya pengguna ponsel pintar di Indonesia. Pasalnya, MMA memang hadir di dunia sebagai asosiasi yang menaungi ekosistem pemasar, agensi iklan, serta penjual teknologi dan organisasi ingin mempercepat transformasi pamasaran di Indonesia.

Dorongan MMA Indonesia tersebut tampaknya mulai membuahkan hasil. Mengingat salah satu anggota yang tak disebutkan namanya di organisasi nirlaba tersebut memilih berfokus 100 persen usahanya ke pemasaran ponsel atau mobile marketing untuk produk terbarunya.

[Baca Juga: MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties]

“Mereka meluncurkan produk baru untuk milenial dan mereka hanya menggunakan (pemasaran-red) digital, secara spesifik perangkat mobile. Mereka sama sekali tidak menggunakan media tradisional. Dan itu kita lagi lihat, tren di mana yang tadinya penganggaran terbatas untuk digital mobile, sekarang meningkat,” jelas Country Manager Indonesia MMA Shanti Tolani.

Menurut Tolani, pergeseran pemasaran ini tidak terelakkan lagi dan Indonesia mau tidak mau harus mengikuti tren tersebut. “Kalau kita bandingkan di pasar negara Asia Pasifik lainnya (seperti-red) India, Tiongkok, Filipina, atau bahkan Malaysia serta Singapura, mungkin Indonesia saat ini masih di masa transisi. Tapi pastinya dalam kurun waktu dua-lima tahun menjadi mobile only market, sekarang masih mobile first market,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.