Mobil Detektif Cantiks Berikan Layanan Deteksi Kanker Serviks

Kesehatan

Mobil Detektif Cantiks Berikan Layanan Deteksi Kanker Serviks

Salah satu penyakit yang membahayakan seperti kanker serviks atau kanker leher Rahim harus dideteksi sejak dini. Dalam hal tersebut, Puskesmas Kecamatan Tambora, Jakarta Barat berupaya untuk memberikan pelayanan kepada warga yang membutuhkan pemeriksaan kanker serviks sejak dini. Salah satunya dengan meluncurkan mobil pelayanan deteksi dini aktif kanker serviks dan sadanis atau Mobil Detektif Cantiks. Seperti dilansir laman barat.jakarta.go.id (12/11/2019).

Mobil Detektif Cantiks Berikan Layanan Deteksi Kanker Serviks

Menurut Kepala Puskesmas Kecamatan Tambora Ahrahayati, Mobil Detektif Cantiks beroperasi sejak Agustus 2019 lalu. Ahrahayati mengatakan, sosialisasi terhadap penyakit mematikan itu sangat penting. Sebab, banyak perempuan yang tidak menyadari gejala kanker serviks. ’’Padahal kalau sudah ada gejala tandanya sudah memiliki kanker serviks stadium lanjut,’’ ujarnya.

[Baca Juga: Kecamatan Tambora Rilis Program Kawal Sampai Akhir]

Lebih lanjut Ahrahayati menjelaskan, mobil tersebut memiliki tim penggerak yang terdiri dari enam orang, yakni Si Gercep alias skrining dan inovasi gerakan cek kesehatan penyakit tidak menular. Hingga kini, sambungnya, tercatat lebih dari 400 pasien yang telah diperiksa menggunakan mobil tersebut. ’’Kalau ada posyandu atau posbindu (pos pembinaan terpadu), mobil ini ikut untuk melakukan penyuluhan dan pemeriksaan,’’ tuturnya.

Pengecekan dilakukan dengan metode IVA test. Yakni, metode inspeksi visual dengan asam asetat. Pemeriksaan IVA juga termasuk ke dalam salah satu metode skrining kanker serviks. Waktu pemeriksaan hanya 5–10 menit. ’’Hasilnya bisa langsung ditunggu. Kami juga pakai spekulum vagina yang digunakan sekali pakai buang. Jadi, steril dan tidak akan ada penularan penyakit,’’ tandas Ati.

[Baca Juga: Mengintip Gang di Tambora Jakarta yang Tak Tersentuh Matahari]

Mobil Detektif Cantiks dijadwalkan beroperasi setiap minggu dan fokus di kelurahan yang memiliki capaian skrining IVA test terendah. Masyarakat tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis ketika melakukan tes. Warga juga dapat mengakses Mobil Detektif Cantiks melalui nomor telepon atau e-mail.

Ia menambahkan, Mobil Detektif Cantiks akan mengikuti lomba Temu Karya Mutu dan Produktivitas Indonesia XXIII 2019 di Surakarta, Jawa Tengah, pada 19–22 November 2019. Pihaknya menargetkan penghargaan platinum. Ati berharap inovasi tersebut dapat menginspirasi puskesmas lain di seluruh Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.