Mobil Detektif Cantiks Berikan Layanan Deteksi Kanker Serviks

Kesehatan

Mobil Detektif Cantiks Berikan Layanan Deteksi Kanker Serviks

Salah satu penyakit yang membahayakan seperti kanker serviks atau kanker leher Rahim harus dideteksi sejak dini. Dalam hal tersebut, Puskesmas Kecamatan Tambora, Jakarta Barat berupaya untuk memberikan pelayanan kepada warga yang membutuhkan pemeriksaan kanker serviks sejak dini. Salah satunya dengan meluncurkan mobil pelayanan deteksi dini aktif kanker serviks dan sadanis atau Mobil Detektif Cantiks. Seperti dilansir laman barat.jakarta.go.id (12/11/2019).

Mobil Detektif Cantiks Berikan Layanan Deteksi Kanker Serviks

Menurut Kepala Puskesmas Kecamatan Tambora Ahrahayati, Mobil Detektif Cantiks beroperasi sejak Agustus 2019 lalu. Ahrahayati mengatakan, sosialisasi terhadap penyakit mematikan itu sangat penting. Sebab, banyak perempuan yang tidak menyadari gejala kanker serviks. ’’Padahal kalau sudah ada gejala tandanya sudah memiliki kanker serviks stadium lanjut,’’ ujarnya.

[Baca Juga: Kecamatan Tambora Rilis Program Kawal Sampai Akhir]

Lebih lanjut Ahrahayati menjelaskan, mobil tersebut memiliki tim penggerak yang terdiri dari enam orang, yakni Si Gercep alias skrining dan inovasi gerakan cek kesehatan penyakit tidak menular. Hingga kini, sambungnya, tercatat lebih dari 400 pasien yang telah diperiksa menggunakan mobil tersebut. ’’Kalau ada posyandu atau posbindu (pos pembinaan terpadu), mobil ini ikut untuk melakukan penyuluhan dan pemeriksaan,’’ tuturnya.

Pengecekan dilakukan dengan metode IVA test. Yakni, metode inspeksi visual dengan asam asetat. Pemeriksaan IVA juga termasuk ke dalam salah satu metode skrining kanker serviks. Waktu pemeriksaan hanya 5–10 menit. ’’Hasilnya bisa langsung ditunggu. Kami juga pakai spekulum vagina yang digunakan sekali pakai buang. Jadi, steril dan tidak akan ada penularan penyakit,’’ tandas Ati.

[Baca Juga: Mengintip Gang di Tambora Jakarta yang Tak Tersentuh Matahari]

Mobil Detektif Cantiks dijadwalkan beroperasi setiap minggu dan fokus di kelurahan yang memiliki capaian skrining IVA test terendah. Masyarakat tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis ketika melakukan tes. Warga juga dapat mengakses Mobil Detektif Cantiks melalui nomor telepon atau e-mail.

Ia menambahkan, Mobil Detektif Cantiks akan mengikuti lomba Temu Karya Mutu dan Produktivitas Indonesia XXIII 2019 di Surakarta, Jawa Tengah, pada 19–22 November 2019. Pihaknya menargetkan penghargaan platinum. Ati berharap inovasi tersebut dapat menginspirasi puskesmas lain di seluruh Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

Berita Kawasan

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

10 December 2019, 15:00

Warga Kelurahan Kebagusan baru-baru ini dikejutkan dengan kemunculan ular yang panjangnya lebih dari satu meter. Petugas pun sigap menangkapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.