Robot UNY-2

Pendidikan

Mobo Evo UNY Raih Juara I Kontes Robot Indonesia 2021

Robot Mobo Evo dari UNY berhasil meraih peringkat pertama Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional yang diselenggarakan pekan ini secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Prestasi ini semakin melengkapi prestasi robot UNY yang sebelumnya juga telah berhasil meraih juara di China.

KRI merupakan kegiatan rutin tahunan guna menguji kemampuan para mahasiswa dalam melakukan rancang bangun sistem robotika yang mereka kuasai. Pada tahun ini, KRI memperlombakan enam kategori yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Robot UNY-1

Sebelum berlaga di KRI, Mobo Evo meraih peringkat satu pada divisi KRSBI Beroda yang merupakan salah satu kategori baru dengan mengadopsi pertandingan sepak bola robot tingkat internasional RoboCup Middle Size League yang diselenggarakan sejak tahun 1997.

Krisnan Prabandaru selaku Ketua Tim Mobo-Evo mengatakan, kejuaraan yang mereka raih tahun ini merupakan buah dari sebuah kerja panjang. Sebelum pelaksanaan kontes, tim melakukan persiapan sejak Desember 2020. Beberapa kegiatan persiapan yang dilakukan antara lain adalah riset , membuat lapangan pertandingan, membuat dummy rintangan di lapangan, membuat gawang, melakukan perawatan robot, memprogram robot dan membuat komponen cadangannya. Dengan demikian segala kendala yang diprediksi akan dijumpai saat bertanding dapat diantisipasi.

[Baca Juga: Tim Mahasiswa Tel-U Raih Kemenangan di Kontes Robot Indonesia 2021]

“ Kami menemukan banyak kendala ketika proses persiapan maupun pelaksanaan Kontes Robot ini seperti lapangan yang rusak, terjadi kerusakan komponen robot dan masih banyak kendala teknis lainnya. Namun, semuanya berhasil diatasi berkat dari kerja keras dan kerjasama yang baik dari anggota tim . “ ujar Krisnan kepada wartawan secara daring Sabtu (16/10/2021).

Selanjutnya, Krisnan mengungkapkan, kejuaraan ini dapat diraih berkat dukungan semua pihak termasuk diantaranya doa keluarga serta bimbingan para dosen sejak jalannya persiapan hingga pelaksanaan kontes.

Sementara itu Naufal Dafha Bukhori menambahkan, semangat mereka sempat down pada saat kontes. Namun berkat kerjasama tim yang solid mereka akhirnya bisa meraih kejuaraan tersebut. Untuk itu, pihaknya bersyukur tim masih bisa lolos ke KRI nasional dan menjadi semacam trigger bagi anggota tim untuk memperoleh yang lebih baik. Hal itu terbukti, tim Mobo Evo meraih peringkat pertama divisi KRSBI Beroda.

Robot UNY-3

Selain Mobo Evo, UNY tahun ini telah meraih peringkat 2 KRI Nasional ini pada divisi KRAI dengan Robot Maestro Evo yang akan mewakili Indonesia bersama tim ITS dalam ajang International ABU Robocon 2021 di Jimo China akhir tahun ini. Peringkat 2 KRI juga diraih tim UNY pada divisi KRSTI dengan Robot Rosemery yang sekaligus mendapat penghargaan desain dan artistik terbaik. Sedangkan pada divisi KRSRI UNY berhasil mendapat juara harapan 1 dengan Robot Gareng Punk.

Sehubungan dengan prestasi yang diraih Tim Robot UNY tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY Prof. Lantip Diat Prasojo merasa bersyukur atas prestasi yang diperoleh tim robot UNY yang meraih peringkat pertama, kedua, juara harapan satu dan penghargaan desain dan artistik terbaik. Harapannya kedepan prestasi tersebut dapat dipertahankan bahkan bisa lebih ditingkatkan lagi.


Read More

Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri

+62274586168
None

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.