DANCOW Luncurkan Modul Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia

Pendidikan

Modul untuk Mempersiapkan Generasi Emas 2045

Dalam kurun waktu dua bulan sejak diluncurkan pada Februari 2019 lalu, Gerakan 1 Juta Iya Boleh yang diprakarsai Dancow Advanced Excelnutri+ sukses mengumpulkan lebih dari 1.000.000 Iya Boleh dari orangtua di seluruh Indonesia.

Melanjutkan dari gerakan itu, Dancow Advanced Excelnutri+ meluncurkan modul Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia. Dengan modul ini diharapkan para orangtua dapat terus mendorong pendidikan anak untuk berkembang menjadi Anak Unggul Indonesia dengan lima karakteristik yaiktu Berani, Cerdas, Kreatif, Peduli, dan Berbakat Pemimpin.

[Baca Juga: Gerakan ‘Iya Boleh’ untuk Kembangkan Anak Unggul Indonesia]

Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Hendra Jamal mengatakan, orangtua adalah pihak yang paling bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter generasi mendatang.

Dirinya menyambut baik inisiatif pembuatan modul Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia sebagai panduan pengasuhan anak yang dilengkapi dengan tips-tips yang bisa dipraktikkan orangtua dalam kehidupan sehari-hari. “Panduan pengasuhan ini diharapkan dapat membantu orangtua dalam memenuhi hak-hal anak, terutama hal atas keserhatan dasar dan kesejahteraan,” katanya dalam keterangan rilis yang diterima PingPoint.co.id (8/4/2019).

[Baca Juga: Kini Ussy Sulistyawati Biarkan Anak Bereksplorasi]

Hendra melanjutkan, orangtua perlu memiliki pemahaman yang cukup tentang tahapan tumbuh kembang anak serta bagaimana memenuhi kebutuhan nutrisi dan stimulasi di setiap tahapan, agar hak anak untuk tumbuh kembang dengan optimal dapat dipenuhi.

Modul ini diharapkan untuk turut berperan dalam mempersiapkan Generasi Emas 2045. Diperkirakan dalam periode 2020-2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yang di mana 70 persen penduduk berusia produktif (15-64 tahun). Sehingga pada tahun 2045 Indonesia diproyeksikan menjadi salah satu dari tujuh kekuatan ekonomi tersesar dunia.

[Baca Juga: 3 Hal yang Harus Dihindari Orangtua dalam Mendidik Anak Usia Dini]

Sementara itu, Psikolog Ratih Ibrahim menambahkan, hal tersebut bisa dibayangkan apa yang akan terjadi apabila generasi muda dalam usia produktif saat itu tidak memiliki kecakapan dan karakteristik yang unggul.

“Menjadi tanggung jawab kita sebagai orangtua untuk mempersiapkan anak-anak dengan berbagai kecakapan yang sesuai dengan perkembangan zaman, juga membekali mereka dengan karakter yang kuat agar dapat membawa Indonesia semakin maju,” sambung Ratih.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.