Momen Hari Kartini, Amartha Umumkan Beasiswa untuk Pelajar Perempuan.jpg

Pendidikan

Momen Hari Kartini, Amartha Umumkan Beasiswa untuk Pelajar Perempuan

Perusahaan fintech P2P lending dengan fokus permodalan bagi pengusaha perempuan di ranah mikro dan kecil, Amartha, baru-baru ini mengumumkan program terbarunya. Di momen Hari Kartini kemarin, perusahaan yang bernama lengkap PT Amartha Mikro Fintek itu meluncurkan program Beasiswa Amarta Cendekia. Di mana program ini ditujukan untuk para pelajar perempuan di jenjang SMA dan SMK sederajat yang disebut bertujuan untuk mendorong para siswi mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas demi masa depan mereka.

Peluncuran program beasiswa perusahaan fintech tersebut digelar pada 21 April 2022 yang bertepatan dalam acara Dinner Amartha 2022. Dari pihak Amartha sendiri, target beasiswa ini tidak terlepas dari hasil temuan mereka di lapangan, khususnya di daerah-daerah non-kota besar, terkait pendidikan bagi anak perempuan. Contohnya adalah di pedesaan yang kerap kali masih banyak pikiran kolot yang di mana ditemukan fakta bahwa anak perempuan di usia pelajar tidak akan menjadi prioritas dari sisi pendidikannya jika di keluarganya terdapat anak laki-laki.

Momen Hari Kartini, Amartha Umumkan Beasi swa untuk Pelajar Perempuan.jpg

“Umumnya, orang tua akan mengutamakan pendidikan bagi anak laki-laki, sedangkan anak perempuan akan bersekolah apabila ada dana lebih. Jika tidak ada dana lebih, anak perempuan akan dinikahkan di usia muda. Amartha menyadari bahwa anak perempuan juga harus memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan akses pendidikan serta meraih cita-cita. Oleh sebab itu, beasiswa ini kami khususkan bagi pelajar perempuan, agar mereka berkesempatan untuk lebih sukses dan terhindar dari pernikahan anak,” tutur Chief Risk and Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto, sebagaiman dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (21/4/2022).

[Baca Juga: Amartha & Bank Jepara Artha Dorong Pengusaha Perempuan Mikro Jawa Tengah]

Rencananya beasiswa Amartha Cendekia akan terus berjalan selama lima tahun ke depan dengan target total bantuan untuk pendidikan senilai Rp8,5 miliar bagi para pelajar perempuan di Tanah Air. Dari sisi realisasnya sendiri, program ini Amartha akan menyalurkan dana santunan per sisiwi yang terpilih dengan nilai Rp3 juta dan pendampingan untuk mendorong pendidikannya selama satu tahun. Bahkan program beasiswa ini juga telah menyiapkan dana tambahan Rp5 juta untuk para pelajar perempuan yang mampu meneruskan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Program beasiswa ini pada dasarnya tidak terbatas bagi anak dari mitra Amartha dengan semua pelajar perempuan SMA dan SMK sederajat yang berada di daerah operasional Amartha berhak untuk mendaftarkan diri. Di mana calon penerima beasiswa harus memenuhi syarat yang terdiri dari berada di kelas 11, mengirimkan informasi rapor serta sertifikat prestasi pendukung, dan esai motivasi. Setelah semua lengkap, peserta mendaftarkan diri ke laman bit.ly/amarthacendekia dengan pengumuman siapa saja peraih beasiswanya akan disampaikan pada Juli 2022.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.