MRT Jakarta Resmikan Area Park and Ride Baru di Kawasan South Quarter

Berita Kawasan

MRT Jakarta Resmikan Area Park and Ride Baru di South Quarter

PT MRT Jakarta jalin kerjasama dengan PT Intiland Develoment Tbk untuk menyediakan area parkir kendaraan (park and ride) di kawasan South Quarter, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Pada 15 Agustus 2019, kedua perusahaan tersebut menandatangani Nota Kesepahaman mengenai pemenuhan kebutuhan area park and ride yang dalam bentuk menyediakan, mengoperasikan, dan memelihara lahan seluas sekitar 3.500 meter persegi. Dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman tersebut, sekaligus menandakan area park and ride South Quarter resmi dibuka.

Peresmian park and ride South Quarter dihadiri Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar dan Direktur Utama PT Intiland Development Tbk Utama Gondokusumo. Selain itu, turut hadir Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono dan sejumlah tamu lainnya.

[Baca Juga: Fasilitas Park and Ride di Stasiun Lebak Bulus Telah Dibuka]

Mengutip jakartamrt.co.id (15/8/2019), penambahan area park and ride untuk kemudahan pemilik kendaraan pribadi yang ingin menggunakan MRT Jakarta. Selain itu, karena park and ride baru memang dibutuhkan karena adanya peningkatan jumlah pengguna MRT Jakarta. Hal tersebut seperti disampaikan Direktur Utama PT MRT Jakarta. “Kapasitas area park and ride di Lebak Bulus dan Stasiun Fatmawati sudah penuh, apalagi dengan perluasan area ganjil genap kendaraan bermotor,” ungkapnya.

Dia menambahkan, area park and ride adalah subsistem penting dalam konsep integrasi untuk menampung kendaraan dari pinggir Jakarta sebelum masuk ke wilayah Jakarta dengan menggunakan transportasi publik. Lokasi park and ride South Quarter yang terletak sekitar 1,3 kilometer dari Stasiun MRT Fatmawati terintegrasi dengan bus Transjakarta sebagai bus pengumpan yang memiliki kapasitas 32 orang per bus dengan kode rute MR9.

[Baca Juga: Ahok Pertama Kali Naik MRT Jakarta Bersama Nicholas Purnama]

Nantinya, bus pengumpan dari area parkir kendaraan terbaru ini akan tersedia sekitar 15 unit bus yang beroperasi mulai pukul 06.00 hingga pukul 22.00. Namun, jika memilih untuk berjalan kaki dari area parkir South Quarter menuju Stasiun MRT Fatmawati juga bisa ditempuh sekitar 15 menit.

Area park and ride South Quarter mampu menampung sekitar 75-100 mobil dan 30 motor. Tarif parkir di area park and ride South Quarter seharga Rp5.000 per hari untuk mobil dan Rp2.000 per hari untuk motor. Kawasan South Quarter berada di antara Stasiun MRT Lebak Bulus dan Fatmawati.

Jadi, Anda bisa langsung pilih saja mau naik MRT dari Stasiun Lebak Bulus atau Fatmawati? Jangan khawatir, bus pengumpan tak hanya disediakan untuk menuju Stasiun Fatmawati, tapi juga ada yang ke koridor Lebak Bulus.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.