MRT Jakarta Resmikan Area Park and Ride Baru di Kawasan South Quarter

Berita Kawasan

MRT Jakarta Resmikan Area Park and Ride Baru di South Quarter

PT MRT Jakarta jalin kerjasama dengan PT Intiland Develoment Tbk untuk menyediakan area parkir kendaraan (park and ride) di kawasan South Quarter, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Pada 15 Agustus 2019, kedua perusahaan tersebut menandatangani Nota Kesepahaman mengenai pemenuhan kebutuhan area park and ride yang dalam bentuk menyediakan, mengoperasikan, dan memelihara lahan seluas sekitar 3.500 meter persegi. Dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman tersebut, sekaligus menandakan area park and ride South Quarter resmi dibuka.

Peresmian park and ride South Quarter dihadiri Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar dan Direktur Utama PT Intiland Development Tbk Utama Gondokusumo. Selain itu, turut hadir Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono dan sejumlah tamu lainnya.

[Baca Juga: Fasilitas Park and Ride di Stasiun Lebak Bulus Telah Dibuka]

Mengutip jakartamrt.co.id (15/8/2019), penambahan area park and ride untuk kemudahan pemilik kendaraan pribadi yang ingin menggunakan MRT Jakarta. Selain itu, karena park and ride baru memang dibutuhkan karena adanya peningkatan jumlah pengguna MRT Jakarta. Hal tersebut seperti disampaikan Direktur Utama PT MRT Jakarta. “Kapasitas area park and ride di Lebak Bulus dan Stasiun Fatmawati sudah penuh, apalagi dengan perluasan area ganjil genap kendaraan bermotor,” ungkapnya.

Dia menambahkan, area park and ride adalah subsistem penting dalam konsep integrasi untuk menampung kendaraan dari pinggir Jakarta sebelum masuk ke wilayah Jakarta dengan menggunakan transportasi publik. Lokasi park and ride South Quarter yang terletak sekitar 1,3 kilometer dari Stasiun MRT Fatmawati terintegrasi dengan bus Transjakarta sebagai bus pengumpan yang memiliki kapasitas 32 orang per bus dengan kode rute MR9.

[Baca Juga: Ahok Pertama Kali Naik MRT Jakarta Bersama Nicholas Purnama]

Nantinya, bus pengumpan dari area parkir kendaraan terbaru ini akan tersedia sekitar 15 unit bus yang beroperasi mulai pukul 06.00 hingga pukul 22.00. Namun, jika memilih untuk berjalan kaki dari area parkir South Quarter menuju Stasiun MRT Fatmawati juga bisa ditempuh sekitar 15 menit.

Area park and ride South Quarter mampu menampung sekitar 75-100 mobil dan 30 motor. Tarif parkir di area park and ride South Quarter seharga Rp5.000 per hari untuk mobil dan Rp2.000 per hari untuk motor. Kawasan South Quarter berada di antara Stasiun MRT Lebak Bulus dan Fatmawati.

Jadi, Anda bisa langsung pilih saja mau naik MRT dari Stasiun Lebak Bulus atau Fatmawati? Jangan khawatir, bus pengumpan tak hanya disediakan untuk menuju Stasiun Fatmawati, tapi juga ada yang ke koridor Lebak Bulus.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.