Tawarkan Pengalaman Baru Bertansportasi, MRT Jakarta Mulai Diujicoba.jpg

Berita Kawasan

MRT Jakarta Tawarkan Pengalaman Baru Bertansportasi

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mulai melakukan uji coba terhadap transportasi publik yang digadang-gadang menjadi kebanggaan warga Jakarta ini di sejumlah lokasi stasiun keberangkatan. Uji coba berlangsung mulai tanggal 12-24 Maret 2019 dan tidak dipungut biaya.

Sebelumnya, seperti mengutip laman Jakarta MRT (11/3/2019), satu hari menjelang uji coba publik terhadap moda raya terpadu ini tercatat sekitar 181.209 orang telah terdaftar untuk merasakan pengalam baru dalam bertansportasi di ibu kota.

[Baca Juga: Ratusan Ribu Warga Telah Mendaftar, Begini Cara Naik MRT Gratis]

“Angka tersebut tercapai hingga pukul 20.00 WIB tanggal 10 Maret 2019 lalu. Masih tersisa kuota sebanyak 104.391 orang dari 285.600 orang yang disediakan,” jelas Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin.

Dalam uji coba MRT Jakarta, pihaknya menyiapkan setidaknya delapan rangkaian kereta, dengan rincian tujuh kereta beroperasi dan satu kereta sebagai cadangan. Untuk selang waktu keberangkatan antar rangkaian kereta adalah 10 menit.

[Baca Juga: Bank Indonesia Terus Uji Tarif MRT]

Soal perkembangan kontruksi sipil, hingga 28 Februari 2019 lalu telah mencapai 99,061 persen. Hal itu menyisakan pekerjaan arsitektural seperti kanopi area pintu masuk (entrance) sejumlah stasiun MRT Jakarta antaranya di Setiabudi, Bendungan Hilir, Sisingamangaraja, dan Blok M.

Persiapan sumber daya manusia (SDM) juga telah mencapai 97,50 persen. Garda depan MRT Jakarta di setiap stasiun (stasiun team) juga telah mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk penaggulangan situasi kedaruratan.

Tawarkan Pengalaman Baru Bertansportasi, MRT Jakarta Mulai Diujicoba 1.jpg

Pada fase satu ini, MRT Jakarta telah membangun 13 stasiun dan satu depo yang membentang sepanjang 15,7 kilometer, mulai dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) dengan 16 rangkaian kereta (14 rangkaian beroperasi dan dua sebagai cadangan) yang beroperasi mulai pukul 05.00-00.00 WIB setiap hari.

PT MRT Jakarta menargetkan untuk mengangkut tidak kurang dari 130 orang per hari. Sebagai main trunk, MRT akan didukung sistem transportasi publik lainnya seperti Transjakarta yang akan membawa masyarakat dari area pemukiman ke stasiun MRT Jakarta terdekat.

[Baca Juga: Lima Stasiun MRT Bakal Ada Lokasi UMKM]

Dengan hadirnya MRT Jakarta, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk berpindah dari penggunaan kendaraan pribadi menjadi pengguna transportasi publik. Tidak hanya hadir sebagai alat transportasi massal, MRT Jakarta juga perlahan akan mengubah budaya dan prilaku bertransportasi dan mobilitas keseharian masyarakat agar lebih disiplin dan tertib ketika menggunakan transportasi publik.

Nah, bagi warga Jakarta dan sekitar yang ingin merasakan pengalaman baru dalam bertransportasi, bisa mendaftarkan diri melalui www.ayocobamrtj.com. Batas pendaftaran uji coba MRT Jakarta ini akan ditutup pada 23 Maret 2019.


Read More

Artikel Lainnya

Wow! Produk UMKM Jakarta Selatan Akan Dijajakan di Indom aret.jpg

Bisnis

Wow! Produk UMKM Jakarta Selatan Akan Dijajakan di Indomaret

28 January 2022, 15:07

Saat ini Pemkot Jakarta Selatan tengah melakukan kurasi terhadap produk UMKM di wilayahnya untuk mencari mana yang layak untuk dijual di mini market Indomaret.

Feng Shui Secara Logika

Properti dan Solusi

Datangkan Keberuntungan, Begini Dekorasi Rumah untuk Tahun Macan

28 January 2022, 14:05

Anda dapat membawa chi positif dengan membuat perubahan sederhana pada lingkungan dengan menyeimbangkan lima elemen Feng Shui.

Pakar Genetik UGM Gejala Omicron Tidak Jinak .jpg

Kesehatan

Pakar Genetik UGM: Gejala Omicron Tidak Jinak!

28 January 2022, 13:01

Menurut pakar genetik di UGM, masyarakat tidak bisa terus berasumsi bahwa Omicron gejalanya tidak berat, karena menurutnya penyakit ini bersifat tidak jinak.

Omicron di Jakarta Pusat Sentuh 35 Kasus,Irwandi Jangan Remehkant.jpg

Kesehatan

Omicron di Jakarta Pusat Sentuh 35 Kasus, Irwandi: Jangan Remehkan

28 January 2022, 11:01

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat meminta warganya untuk tak memandang sebelah mata Omicron dengan kasus di wilayahnya yang saat ini sudah mencapai 35 pasien.


Comments


Please Login to leave a comment.