Tawarkan Pengalaman Baru Bertansportasi, MRT Jakarta Mulai Diujicoba.jpg

Berita Kawasan

MRT Jakarta Tawarkan Pengalaman Baru Bertansportasi

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mulai melakukan uji coba terhadap transportasi publik yang digadang-gadang menjadi kebanggaan warga Jakarta ini di sejumlah lokasi stasiun keberangkatan. Uji coba berlangsung mulai tanggal 12-24 Maret 2019 dan tidak dipungut biaya.

Sebelumnya, seperti mengutip laman Jakarta MRT (11/3/2019), satu hari menjelang uji coba publik terhadap moda raya terpadu ini tercatat sekitar 181.209 orang telah terdaftar untuk merasakan pengalam baru dalam bertansportasi di ibu kota.

[Baca Juga: Ratusan Ribu Warga Telah Mendaftar, Begini Cara Naik MRT Gratis]

“Angka tersebut tercapai hingga pukul 20.00 WIB tanggal 10 Maret 2019 lalu. Masih tersisa kuota sebanyak 104.391 orang dari 285.600 orang yang disediakan,” jelas Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin.

Dalam uji coba MRT Jakarta, pihaknya menyiapkan setidaknya delapan rangkaian kereta, dengan rincian tujuh kereta beroperasi dan satu kereta sebagai cadangan. Untuk selang waktu keberangkatan antar rangkaian kereta adalah 10 menit.

[Baca Juga: Bank Indonesia Terus Uji Tarif MRT]

Soal perkembangan kontruksi sipil, hingga 28 Februari 2019 lalu telah mencapai 99,061 persen. Hal itu menyisakan pekerjaan arsitektural seperti kanopi area pintu masuk (entrance) sejumlah stasiun MRT Jakarta antaranya di Setiabudi, Bendungan Hilir, Sisingamangaraja, dan Blok M.

Persiapan sumber daya manusia (SDM) juga telah mencapai 97,50 persen. Garda depan MRT Jakarta di setiap stasiun (stasiun team) juga telah mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk penaggulangan situasi kedaruratan.

Tawarkan Pengalaman Baru Bertansportasi, MRT Jakarta Mulai Diujicoba 1.jpg

Pada fase satu ini, MRT Jakarta telah membangun 13 stasiun dan satu depo yang membentang sepanjang 15,7 kilometer, mulai dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) dengan 16 rangkaian kereta (14 rangkaian beroperasi dan dua sebagai cadangan) yang beroperasi mulai pukul 05.00-00.00 WIB setiap hari.

PT MRT Jakarta menargetkan untuk mengangkut tidak kurang dari 130 orang per hari. Sebagai main trunk, MRT akan didukung sistem transportasi publik lainnya seperti Transjakarta yang akan membawa masyarakat dari area pemukiman ke stasiun MRT Jakarta terdekat.

[Baca Juga: Lima Stasiun MRT Bakal Ada Lokasi UMKM]

Dengan hadirnya MRT Jakarta, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk berpindah dari penggunaan kendaraan pribadi menjadi pengguna transportasi publik. Tidak hanya hadir sebagai alat transportasi massal, MRT Jakarta juga perlahan akan mengubah budaya dan prilaku bertransportasi dan mobilitas keseharian masyarakat agar lebih disiplin dan tertib ketika menggunakan transportasi publik.

Nah, bagi warga Jakarta dan sekitar yang ingin merasakan pengalaman baru dalam bertransportasi, bisa mendaftarkan diri melalui www.ayocobamrtj.com. Batas pendaftaran uji coba MRT Jakarta ini akan ditutup pada 23 Maret 2019.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.