Buku MSF Indonesia.jpg

Kesehatan

MSF Indonesia Luncurkan Buku Aktivitas Kesehatan Mental

Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada setiap individu. Termasuk dampak psikologis. Ini terutama menimpa mereka yang terinfeksi atau kehilangan orang-orang yang mereka cintai karena penyakit ini.

Apalagi hampir dua tahun sejak melanda dunia belum ada tanda-tanda pandemi ini akan benar-benar hilang dalam waktu dekat. Risiko tertular dan sakit tetap ada meskipun cakupan vaksinasi membaik dan kurva penularan mulai mendatar sehingga ini memberikan sedikit harapan.

Buku MSF Indonesia 2.jpg

Situasi ini mendorong Medecins Sans Frontieres (MSF) Indonesia atau Dokter Lintas Batas untuk meluncurkan buku aktivitas tentang kesehatan mental selama pandemi pada November ini di Coworkinc Jakarta.

Subkoordinator Sub-Substansi Kesiapsiagaan Pusat Krisis Kesehatan dari Kementerian Kesehatan Hadijah Pandita menyebutkan, peluncuran buku ini sebagai bentuk kerja sama MSF Indonesia dengan Kementerian Kesehatan, khususnya Pusat Krisis Kesehatan.

MSF 2.jpg

“Ini merupakan hal yang baik dalam mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan mental di masa pandemi,” katanya, “Ini sangat penting karena masyarakat sebagai garda terdepan dapat melakukan asesmen dan edukasi.”

Dampak psikologis harus ditangani dengan hati-hati. Hal ini agar tidak menimbulkan masalah baru di masyarakat. Berangkat dari hal tersebut maka MSF Indonesia menginisiasi cara untuk menangani masalah kesehatan mental di masa pandemi dalam bentuk buku sebagai salah satu intervensi kesehatan mental di Indonesia. Yakni dengan menggabungkan pendekatan holistik terhadap kesehatan mental dalam semua proyek dan programnya.

[Baca Juga: Pelajari Perkembangan Kesehatan Mental di Museum Kesehatan Jiwa]

Direktur MSF Indonesia Jesper Hildebrandt Brix mengatakan, “Ini merupakan salah satu komitmen MSF Indonesia dalam Nota Kesepahaman dengan Kementerian Kesehatan. Kami mendukung pemerintah dengan membangun kapasitas nasional dan lokal. Antara lain melalui kerja sama kami dalam program kesehatan remaja dan respon terhadap pandemi COVID-19 di Indonesia.”

MSF 1.jpg

“Buku ini adalah contoh yang tepat,” tambahnya.

MSF berupaya mengurangi dampak negatif dari pandemi. Dengan memberikan pelatihan pelatih kepada para pekerja garda terdepan di wilayah program dan memberikan pendidikan kesehatan mental. Mereka juga diberikan alat untuk memfasilitasi kegiatan. Salah satu alatnya adalah buku "Sejahtera Selama Pandemi" yang diluncurkan.

Buku ini dapat digunakan orang dewasa sebagai alat untuk memantau kondisi kesehatan mental mereka. Diharapkan pula, buku ini dapat memberikan dampak yang lebih luas terhadap masyarakat yang merasakan beratnya pandemi.

Buku ini dapat dicetak dan diperbanyak tetapi tidak untuk dijual. Buku dapat diunduh gratis dari situs web di tautan berikut ini bit.ly/BukuAktivitasMSFID.


Read More

Coworkinc

Ruang Kerja Bersama

+622171770061
None

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.