Mudahnya Berkebun di Apartemen Untuk Pemula

Properti dan Solusi

Mudahnya Berkebun di Apartemen Untuk Pemula

Sebelum memutuskan untuk berkebun di apartemen, Anda harus punya motivasi dan komitmen. Meski ruang maupun ukuran bukanlah masalah, nantinya akan banyak hal yang perlu diperhatikan dalam berkebun. Mulai dari cahaya matahari, akses air, jenis tanah atau media tanam, hingga tempat menanam atau pot.

Mudahnya Berkebun di Apartemen Untuk Pemula

Untuk menghasilkan kebun mungil yang sehat dan indah, Anda harus memenuhi semua kebutuhan bagi tanaman. Seperti yang PingPoint.co.id rangkum dari berbagai sumber, ada sejumlah hal penting dalam berkebun di ruangan terbatas:

  • Cahaya Matahari

Mayoritas tanaman buah atau bunga memerlukan cahaya matahari yang maksimal sepanjang hari, atau sekitar 6 sampai 8 jam. Hal ini mungkin agak menyulitkan, jika apartemen Anda berada di pusat kota yang dikelilingi gedung tinggi. Maka balkon mungkin menjadi pilihan lokasi yang tepat untuk berkebun. Tapi jika Anda memilih berkebun di balik jendela, maka pilihlah tanaman yang tidak memerlukan banyak cahaya matahari, misalnya tanaman herbal.

[Baca Juga: 5 Kiat Merawat Tanaman di Apartemen]

  • Media Tanam

Tanaman amat tergantung pada media tanam yang kaya udara, air dan nutrisi. Karena apartemen Anda tidak memiliki bidang kebun, maka pilihannya adalah berkebun dengan menggunakan container atau pot kecil yang memiliki kemampuan drainase baik. Karena kebun Anda jauh dari permukaan tanah, maka risiko penyakit tanaman pun menjadi minim.

  • Air

Tanaman yang berada pada container atau pot memerlukan suplai air cukup, bahkan harus disiram beberapa kali dalam sehari. Pastikan Anda memilih lokasi berkebun yang tepat agar akses bagi suplai air tidak bermasalah. Bagi yang suka menyiram secara manual, mungkin tidak masalah jika harus berulang kali melakukannya.

  • Kelembapan

Jika Anda berkebun dan meletakkan tanaman di dalam ruangan atau di balik jendela, maka diperlukan kelembapan ekstra saat udara mulai panas. Memberi percikan air maka akan berdampak baik pada tanaman.

  • Angin

Angin cukup berpengaruh terhadap kebun mungil Anda di apartemen, karena terpaan angin yang kencang dapat merusak daun atau dahan, bahkan mampu menggeser posisi pot tanaman. Solusinya, memasang penahan angin atau mengganjal pot tanaman agar posisinya tidak berubah.

  • Bobot

Jangan lupa bahwa pot yang telah terisi media tanam akan memiliki bobot dan setelah terkena air maka bobotnya pun pasti meningkat. Jika Anda meletakkan pot tanaman pada lantai, tentunya tidak akan timbul masalah. Lain halnya jika pot tanaman Anda diletakkan secara menggantung, maka baik titik gantung dan tali penggantung harus diperhatikan secara optimal.

[Baca Juga: Tanaman Ini Dapat Mengusir Stres]

Apartemen mungkin tidak selalu memiliki ruang yang cukup untuk berkebun, namun Anda yang ingin mulai berkebun, hal tersebut bukanlah masalah berarti. Karena di dalam ruangan apartemen mungkin sekalipun, masih ada satu atau dua lokasi yang terpapar sinar matahari bagi tanaman Anda. Selamat berkebun!


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.