Mudik Lebaran 2019, Dinas Kesehatan DKI Siagakan 85 Ambulans

Berita Kawasan

Mudik Lebaran 2019, Dinas Kesehatan DKI Siagakan 85 Ambulans

Dinas Kesehatan DKI Jakarta siagakan 85 Ambulans Gawat Darurat (AGD) pada pelaksanaan mudik lebaran 2019. Ambulans Gawat Darurat tersebut disebar di lima wilayah DKI Jakarta.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, jumlah keseluruhan ambulans ada 242 unit terdiri dari AGD, ambulans dari RSUD dan puskesmas kecamatan. AGD termasuk ambulans yang disiagakan. ''Pada dasarnya Dinkes DKI punya 242 ambulans terdiri dari AGD, ambulans dari RSUD dan puskesmas kecamatan, semua siap,'' katanya di Kantor Dinkes DKI Jakarta seperti dikutip dari laman Kemenkes (27/5/2019).

[Baca Juga: Dinkes Jakarta Siagakan Pos Layanan Kesehatan Arus Mudik Lebaran]

Pihaknya juga telah bekerja sama dengan rumah sakit swasta apabila ada kekurangan armada ambulans. Dari 85 AGD itu, 60 unit di antaranya disebar di lima wilayah, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

Sisanya 20 unit AGD standby di tempat untuk cadangan kalau ada penarikan pasien tertentu. ''Enam puluh AGD tadi tersebar di lima titik kota tempat-tempat strategis sehingga apabila ada kejadian yang membutuhkan penanganan cepat akan cepat ditindak,'' katanya.

Selain itu, untuk mudik lebaran 2019, Widyastuti menyatakan kesiapannya dengan menempatkan dukungan kesehatan di empat terminal utama, yakni Terminal Kampung Rambutan, Kalideres, Pulo Gebang, dan di daerah Jakarta Utara.

[Baca Juga: 6 Tip Jaga Kesehatan Agar Siap Mudik]

''Ada tujuh terminal tambahan yang harus kita backup karena di situ terjadi arus mudik yang lumayan, kita juga menyiapkan dukukangan kesehatan di titik wisata, stasiun, dan pelabuhan,'' katanya.

Di samping itu, untuk mempercepat respons penanganan masalah kesehatan, Dinkes DKI menyiapkan ambulans roda dua. Ada 15 unit ambulans roda dua yang juga disiagakan di lima wilayah DKI Jakarta. Ambulans roda dua di DKI Jakarta sudah ada sejak 2015. Terdapat kit bantuan kesehatan di dalamnya, pengemudinya pun sudah memiliki keilmuan bidang kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.