Mudik Lebaran 2019, Dinas Kesehatan DKI Siagakan 85 Ambulans

Berita Kawasan

Mudik Lebaran 2019, Dinas Kesehatan DKI Siagakan 85 Ambulans

Dinas Kesehatan DKI Jakarta siagakan 85 Ambulans Gawat Darurat (AGD) pada pelaksanaan mudik lebaran 2019. Ambulans Gawat Darurat tersebut disebar di lima wilayah DKI Jakarta.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, jumlah keseluruhan ambulans ada 242 unit terdiri dari AGD, ambulans dari RSUD dan puskesmas kecamatan. AGD termasuk ambulans yang disiagakan. ''Pada dasarnya Dinkes DKI punya 242 ambulans terdiri dari AGD, ambulans dari RSUD dan puskesmas kecamatan, semua siap,'' katanya di Kantor Dinkes DKI Jakarta seperti dikutip dari laman Kemenkes (27/5/2019).

[Baca Juga: Dinkes Jakarta Siagakan Pos Layanan Kesehatan Arus Mudik Lebaran]

Pihaknya juga telah bekerja sama dengan rumah sakit swasta apabila ada kekurangan armada ambulans. Dari 85 AGD itu, 60 unit di antaranya disebar di lima wilayah, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

Sisanya 20 unit AGD standby di tempat untuk cadangan kalau ada penarikan pasien tertentu. ''Enam puluh AGD tadi tersebar di lima titik kota tempat-tempat strategis sehingga apabila ada kejadian yang membutuhkan penanganan cepat akan cepat ditindak,'' katanya.

Selain itu, untuk mudik lebaran 2019, Widyastuti menyatakan kesiapannya dengan menempatkan dukungan kesehatan di empat terminal utama, yakni Terminal Kampung Rambutan, Kalideres, Pulo Gebang, dan di daerah Jakarta Utara.

[Baca Juga: 6 Tip Jaga Kesehatan Agar Siap Mudik]

''Ada tujuh terminal tambahan yang harus kita backup karena di situ terjadi arus mudik yang lumayan, kita juga menyiapkan dukukangan kesehatan di titik wisata, stasiun, dan pelabuhan,'' katanya.

Di samping itu, untuk mempercepat respons penanganan masalah kesehatan, Dinkes DKI menyiapkan ambulans roda dua. Ada 15 unit ambulans roda dua yang juga disiagakan di lima wilayah DKI Jakarta. Ambulans roda dua di DKI Jakarta sudah ada sejak 2015. Terdapat kit bantuan kesehatan di dalamnya, pengemudinya pun sudah memiliki keilmuan bidang kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.