MUI Buat Fatwa Sholat Idul Fitri Di Rumah, Ini Panduannya

Berita Kawasan

MUI Buat Fatwa Salat Idulfitri di Rumah, Ini Panduannya

Pandemi COVID-19 membuat pelaksanaan ibadah bulan Ramadan pada tahun ini menjadi berbeda. Sebab, masyarakat harus mematuhi protokol physical distancing untuk mencegah penularan COVID-19. Para ulama pun mengimbau agar masyarakat melaksanakan ibadah di rumah selama pandemi COVID-19.

Jelang sepekan menuju hari raya (24/5/2020), Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun mengeluarkan fatwa terkait pelaksanaan salat Idul Fitri. Dilansir dari laman MUI.or.id (15/5/2020), dalam Fatwa MUI No.28 Tahun 2020, ada dua poin utama terkait pelaksanaan salat Idulfitri di kawasan COVID-19.

Pertama, salat Idulfitri boleh dilaksanakan dengan cara berjamaah di tanah lapang, masjid, musala, atau tempat lain bagi umat Islam yang berada di kawasan yang sudah terkendali pada saat 1 Syawal 1441 H atau kawasan yang bebas COVID-19 dan diyakini tidak terdapat penularan.

MUI Buat Fatwa Sholat Idul Fitri Di Rumah, Ini Panduannya

Kedua, bagi umat Islam yang berada di kawasan penyebaran COVID-19 yang belum terkendali, maka salat Idulfitri boleh dilaksanakan di rumah. Lantas bagaimana ketentuan pelaksanaan ibadah salat Idulfitri di rumah? Berikut rangkumannya.

  1. Pelaksanaan shalat Idulfitri di rumah dapat dilakukan dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid).
  2. Bila shalat Idul Fitri dilaksanakan secara berjamaah, jumlah jamaah yang salat minimal 4 orang yang terdiri dari satu orang imam dan 3 orang makmum.
  3. Jika jumlah jamaah kurang dari empat orang atau jika dalam pelaksanaan salat jamaah di rumah tidak ada yang berkemampuan untuk khutbah, maka shalat Idul Fitri boleh dilakukan berjamaah tanpa khutbah.
  4. Jika shalat Idulfitri dilaksanakan secara sendiri maka tidak ada khutbah.

[Baca Juga: Cegah Penularan COVID-19, Masjid Istiqlal Tak Gelar Solat Jumat 2 Pekan]

Pada kondisi pandemi yang belum terkendali, dalam fatwa tersebut dinyatakan takbir bisa dilaksakan di rumah, di masjid oleh pengurus takmir, di jalan oleh petugas atau jamaah secara terbatas. Selain itu dilakukan juga melalui media televisi, radio, media sosial, dan media digital lainnya.

Ketentuan Ibadah Selama Pandemi COVID-19

Sebelumnya, dalam Fatwa MUI No.14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Wabah COVID-19, disebutkan bagi orang yang sehat dan belum diketahui terinfeksi COVID-19 tetapi tinggal di wilayah yang potensi penularannya sangat tinggi, maka dapat meninggalkan shalat jumat dengan mengganti salat dzuhur di rumah. Orang tersebut juga boleh meninggalkan shalat lima waktu/rawatib, tarawih serta salat Ied di masjid atau tempat umum.

Lalu, bila orang tersebut berada di wilayah dengan potensi penularannya yang rendah, maka tetap wajib ibadah sebagaimana biasanya dengan catatan harus menjaga diri agar tidak terinfeksi COVID-19. Caranya dengan tidak melakukan kontak fisik langsung (bersalaman, berpelukan, cium tangan) membawa sajadah sendiri dan sering membersihkan tangan dengan sabun.

[Baca Juga: Ini 3 Rekomendasi MUI di Tengah Wabah COVID-19]

Sebaliknya, bila kondisi penyebaran COVID-19 di suatu wilayah sudah tidak terkendali dan mengancam jiwa, umat Islam tidak boleh menyelenggarakan aktivitas ibadah yang melibatkan banyak orang dan diyakini dapat menjadi media penyebaran COVID-19. Termasuk ibadah shalat lima waktu/rawatib, tarawih serta salat Ied di masjid atau tempat umum.

Bila kondisi sudah terkendali, maka umat Islam dapat menyelenggarakan aktivitas ibadah di tempat umum sebagaimana biasanya. Dengan catatan tetap menjaga diri agar tidak terpapar COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.